Adanya gas di dalam perut bisa menjadi masalah yang tidak hanya membuat tidak nyaman, tapi juga mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Produksi gas tak lepas dari aktivitas di dalam lambung.

Apabila Anda sering mengalami masalah perut kembung atau bergas akibat dari asam lambung, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan gas dalam perut akibat asam lambung tersebut.

Apa saja penyebab adanya gas di dalam perut?

1. Penyakit Asam Lambung
Rasa kembung atau banyaknya gas di dalam lambung bisa disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebih. Produksi asam lambung berlebih ini juga akan memicu produksi gas yang berlebih di dalam lambung.

2. Radang Usus Buntu
Perut kembung atau bergas juga bisa disebabkan karena radang usus buntu. Hal ini dikarenakan adanya infeksi pada usus sehingga menyebabkan perut menjadi besar dan kembung.

3. Sembelit (Susah Buang Air Besar)
Saat sembelit, usus besar akan penuh dengan feses sehingga bakteri yang ada di dalam saluran pencernaan akan memproduksi lebih banyak gas. Hal ini akan menyebabkan kembung karena menumpuknya gas tersebut.

Cara Mengeluarkan Gas dalam Perut Akibat Asam Lambung

1. Minum Air Hangat
Tahukah Anda, ternyata minum air hangat adalah salah satu cara mengeluarkan gas dalam perut akibat asam lambung. Dengan minum air hangat, akan merangsang usus untuk bergerak dan mengeluarkan gas berlebih yang ada di dalam perut. Minum air hangat juga bisa membuat otot menjadi lebih rileks, lho. Selain minum air hangat, Anda juga bisa minum teh herbal seperti teh chamomile dan teh jahe.

2. Memijat Perut Secara Perlahan
Cara mengeluarkan gas dalam perut akibat asam lambung bisa dilakukan dengan memijat perut secara perlahan menggunakan minyak penghangat. Memijat perut secara perlahan menggunakan minyak ini bisa membantu melemaskan otot perut sehingga gas berlebih di dalam perut bisa dikeluarkan.

titik pijat perut
memijat area perut (sumber: canva)

3. Rutin Berolahraga
Cara mengeluarkan gas dalam perut akibat asam lambung adalah dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin. Hal ini dikarenakan olahraga bisa merangsang otot usus untuk mengeluarkan gas berlebih yang terdapat di dalam perut. Olahraga yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan gas dalam perut adalah berjalan kaki.

4. Mandi Air Hangat
Mandi air hangat adalah salah satu cara mengeluarkan gas dalam perut akibat asam lambung. Dengan mandi air hangat, sakit perut akibat menumpuknya gas di lambung bisa diatasi . Dengan melakukan rileksasi, tingkat stres akan berkurang sehingga saluran pencernaan juga bisa berfungsi lebih efektif dalam membantu mengurangi kembung.

5. Melakukan Yoga
Yoga merupakan salah satu cara mengeluarkan gas dalam perut akibat asam lambung. Pose tertentu yang dilakukan saat yoga bisa membuat otot perut menjadi lebih lemas. Anda bisa melakukan Child’s Pose, Happy Baby Pose, dan Squat untuk membantu meredakan penumpukan gas.

Meditasi yang dilakukan saat yoga juga bisa dijadikan pilihan karena meditasi ini akan membantu seseorang untuk mengontrol porsi makan dan mencegah seseorang agar tidak makan berlebihan.

6. Konsumsi Yoghurt
Konsumsi yoghurt bisa dijadikan sebagai cara mengeluarkan gas dalam perut akibat asam lambung. Probiotik yang terkandung di dalam yoghurt akan merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam pencernaan yang bisa meredakan perut kembung. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal, konsumsi yoghurt bisa dikombinasikan dengan buah pepaya atau pisang.

Kapan Harus Ke Dokter

Langkah langkah dia atas bisa dijadikan pilihan untuk usaha mengeluarkan gas di dalam perut. Keberhasilan tergantung dari kondisi tubuh yang dirasakan.

Apabila keluhan tak kunjung reda, segera hubungi dokter agar mendapat pertolongan medis secara tepat.

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles