Saat berpuasa, tentunya tubuh akan beradaptasi dengan berbagai macam perubahan dari kebiasaan dan pola makan sehari-hari. Mulut juga menjadi lebih kering karena kurangnya produksi air liur yang memicu kuman lebih mudah berkembang, sehingga menyebabkan tubuh rentan terkena berbagai gangguan kesehatan, termasuk pilek.

Maka dari itu, penting bagi kita semua yang akan atau sedang menjalankan ibadah puasa untuk mengetahui cara mengatasi pilek saat puasa.

Sebelum mengetahui cara mengatasi pilek saat puasa, mari kenali terlebih dahulu mengenai kondisi gangguan berupa pilek secara lebih luas dan lebih rinci lagi.

Kondisi Pilek atau Rongga Hidung Berlendir

Pilek adalah kondisi di mana hidung mengeluarkan ingus berupa lendir, baik hanya beberapa kali, ataupun secara terus menerus.

Lendir ini diproduksi oleh kelenjar yang terdapat di dalam hidung dan sinus. Umumnya, lendir ini berfungsi untuk menjaga kelembapan area saluran napas dan mencegah kotoran serta kuman agar tidak masuk ke paru-paru.

Penyebab Pilek

Penyebab pilek sangat beragam, sebagai berikut:

  • Infeksi: Pilek terjadi karena virus menginfeksi hidung, tenggorokan, atau sinus.
  • Alergi: Pilek terjadi apabila seseorang terpapar zat yang dapat memicu alergi, seperti debu, serbuk bunga, dan bulu binatang.
  • Paparan udara dingin atau kering: Udara dingin dan kering dapat mengubah keseimbangan cairan di hidung, sehingga mendorong sistem saraf di hidung mengeluarkan cairan.
  • Konsumsi makanan pedas: Pilek dapat dipicu karena konsumsi makanan pedas, seperti makanan yang mengandung cabai, lada, atau bumbu pedas lainnya.
  • Efek samping obat: Obat-obatan tertentu dapat menimbulkan efek samping berupa pilek, seperti obat tekanan darah tinggi, pil KB, ataupun obat penyakit jantung.
  • Hormon yang tidak seimbang: Ketidakseimbangan hormon juga dapat menyebabkan seseorang mengalami pilek, misalnya pilek yang terjadi pada wanita hamil.

Gejala Pilek

Pilek dapat disertai dengan beberapa gejala berikut ini:

  • Bersin.
  • Batuk
  • Sulit bernapas.
  • Ingus dari hidung yang keluar tanpa terkendali (meler).
  • Hidung tersumbat.
  • Sakit kepala.
  • Kelelahan.
  • Sakit tenggorokan.
  • Nafsu makan menurun.
  • Lendir menetes ke tenggorokan.
  • Demam.

Mengalami gejala tersebut saat sedang berpuasa, menjadi hal yang sulit dilalui oleh sebagian orang karena dapat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Oleh karena itu, apabila kamu mengalami pilek saat puasa, sebaiknya segera mencari cara untuk mencegah kondisi ini.

Baca juga:

Nutriflakes untuk Sahur Melengkapi Nutrisi saat Puasa

Cara Mengatasi Pilek saat Puasa

Pada dasarnya, pilek dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi untuk menghindari kamu dari rasa tidaknya nyaman, ada beberapa cara mencegah pilek saat puasa.

1. Minum Banyak Air Putih

Minum air putih merupakan cara mengatasi pilek saat puasa agar cepat sembuh. Setiap individu dianjurkan untuk minum setidaknya 2 liter atau 8 gelas per hari.

Saat sedang menjalankan ibadah puasa, kamu dapat menerapkan metode 2-4-2, yaitu minum 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas lagi menjelang tidur.

2. Perbanyak Istirahat

Biarkan imun tubuh fokus melawan virus atau bakteri penyebab pilek. Maka dari itu, sebaiknya istirahat yang cukup dan tidak melakukan aktivitas berat hingga sembuh total.

3. Gunakan Air Humidifier

Menggunakan air humidifier merupakan  cara mengatasi pilek saat puasa yang dinilai lebih efektif. Humidifier dapat melembapkan dan membersihkan udara agar virus atau bakteri penyebab pilek tidak bertahan lama di ruangan.

Apabila menggunakan AC, kamu dapat mematikannya sementara waktu karena kamu dianjurkan untuk istirahat di ruangan hangat.

4. Gunakan Semprotan Hidung

Semprotan hidung dinilai efektif sebagai cara mengatasi pilek saat puasa. Selain cara penggunaannya yang mudah, semprotan hidung dapat membantu melegakan hidung tersumbat karena pilek saat puasa.

5. Berendam dengan Air Hangat

Berendam dengan air hangat dapat membantu meredakan pilek. Selain itu, kamu juga dapat membasuh tubuh dengan air hangat atau sekadar menghirup hawa hangat dari segelas air hangat.

Itulah sejumlah cara mengatasi pilek saat puasa yang efektif. Selain mengetahui cara mengatasi pilek saat puasa, alangkah lebih baiknya lagi kamu juga mengetahui cara mencegah pilek sebelum gangguan pilek terjadi.

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles