Lambung Anda perih tiba-tiba? Segera temukan cara untuk mengatasinya. Perih pada lambung bisa jadi karena asam lambung berlebihan, makan dan minuman tertentu, hingga penyakit asam lambung.

Kondisi lambung perih ini akan makin parah apabila mengonsumsi makanan pedas dan asam. Oleh karena itu, seseorang yang sehat maupun memiliki masalah pencernaan disarankan untuk lebih selektif dalam memilih makanan. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena masalah lambung perih ini bisa diatasi dengan melakukan beberapa hal.

Cara Mengatasi Lambung Perih

1. Mengonsumsi Madu
Lambung perih bisa disebabkan karena makanan pedas. Itu sebabnya cara mengatasi lambung perih, bisa dilakukan dengan mengonsumsi madu. Madu bisa menyerap minyak pedas sehingga berperan dalam menghilangkan sensasi panas dan perih pada lambung. Karena teksturnya yang kental, mengonsumsi madu akan membantu mengontrol kadar keasaman yang ada di lambung agar tidak terlalu asam.

2. Menghindari Rokok dan Minuman Beralkohol
Cara mengatasi lambung perih, yaitu dengan menghindari rokok dan minuman beralkohol setelah makan pedas. Hal ini dikarenakan, merokok atau konsumsi alkohol bisa melemahkan otot pada lambung sehingga berisiko menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Kondisi yang disebut refluks asam lambung ini bisa memperburuk sensasi panas, nyeri, hingga perih pada lambung, terutama setelah makan makanan pedas.

3. Minum Air Kelapa

air kelapa muda segar manfaatnya untuk asam lambung
air kelapa muda (sumber: canva)

Cara mengatasi lambung perih juga bisa dilakukan dengan minum air kelapa untuk mencegah pembentukan asam lambung di perut agar produksi asam lambung tidak berlebihan, sehingga tidak menyebabkan refluks. Hal ini dikarenakan apabila asam lambung diproduksi secara berlebihan bisa menyebabkan asam lambung tersebut naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan perut makin perih.

4. Atur Posisi Tidur
Cara mengatasi lambung perih bisa dilakukan dengan mengatur posisi tidur. Apabila perut perih muncul saat tidur atau mendekati waktu tidur, Anda bisa mengatur posisi tidur setengah duduk dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi. Selain bagian kepala dan leher, Anda juga dianjurkan untuk mengganjal sampai bagian punggung tengah.

5. Mengonsumsi Nasi atau Roti Secukupnya
Makanan pedas mengandung zat bernama capsaicin yang bisa mengiritasi lambung apabila dikonsumsi. Oleh karena itu, nasi atau roti berfungsi untuk melarutkan zat capsaicin tersebut. Meskipun zat capsaicin ini tidak biasa larut sepenuhnya, konsumsi nasi atau roti bisa membantu menyerap senyawa tersebut sehingga berkontribusi dalam meredakan perih di lambung. Oleh karena itu, cara mengatasi lambung perih juga bisa dilakukan dengan makan nasi dan roti secukupnya.

6. Kompres Perut dengan Air Hangat
Kompres perut dengan air hangat bisa menjadi cara mengatasi lambung perih, terutama lambung perih karena konsumsi makanana pedas. Mengompres perut dengan air hangat bisa membuat otot perut menjadi lebih rileks dan mengurangi rasa perih tersebut. Tapi saat mengompres perut dengan air hangat, suhunya perlu diperhatikan, ya!

7. Mengonsumsi Obat-obatan
Cara mengatasi lambung perih yang terakhir adalah dengan mengonsumsi obat-obatan. Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum konsumsi obat-obatan, yaitu mencari tahu penyebab dari timbulnya rasa perih di lambung. Apabila lambung terasa perih yang disertai dengan sakit dan nyeri, bisa jadi kondisi tersebut karena sindrom dispepsia atau maag.

Konsumsi obat-obatan untuk meredakan lambung perih karena gejala penyakit tersebut adalah antasida. Tapi sebelum konsumsi obat-obatan, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, ya.

Lambung perih bisa dicegah dengan beberapa hal di atas. Agar lambung perih tidak kambuh lagi, yuk terapkan pola hidup sehat. Mari berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi tubuh.

Dengan menerapkan pola hidup sehat yang dimulai dari mengonsumsi makanan sehat, kita tidak hanya merawat tubuh, tapi juga memberikan investasi jangka panjang untuk kebahagiaan di masa tua.

Baca juga: Tips Ampuh Cara Menjaga Kesehatan Lambung

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles