Bubur Pati Garut, atau yang sering disebut bubur pati kerut, merupakan salah satu solusi tradisional yang diyakini dapat membantu dalam mengatasi penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau asam lambung.

Semakin meningkatnya jumlah penderita Maag atau GERD di Indonesia dipercaya disebabkan oleh beban pikiran sebesar 80% dan pola makan yang tidak teratur sebesar 20%.

Beban pikiran yang tinggi, seringkali dipicu oleh kesibukan dengan pekerjaan atau masalah rumah tangga, dapat memengaruhi kesehatan lambung dan menjadi pemicu utama munculnya penyakit ini.

Dalam artikel ini, akan menjelaskan tentang sebuah obat tradisional berupa Bubur Pati Garut yang diharapkan dapat membantu dalam proses penyembuhan penyakit ini.

Apa Itu Bubur Pati Garut?

Bubur Pati Garut adalah bubur yang dihasilkan dari olahan Ubi Garut yang telah diubah menjadi tepung. Bubur ini seringkali disebut juga dengan sebutan “bubur pati kerut.”

Proses pembuatannya melibatkan tepung Garut yang dicampur dengan air dan gula aren cair. Bubur ini diyakini memiliki manfaat dalam mengatasi penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau asam lambung.

Tepung Garut, yang digunakan sebagai bahan dasar, memiliki beberapa khasiat yang dianggap baik untuk kesehatan. Beberapa di antaranya adalah tingginya kandungan protein, bebas gluten (aman untuk penderita celiac), cocok untuk ibu hamil dan menyusui karena kandungan folat yang tinggi, serta menjadi pengganti beras dan gandum karena mengandung vitamin B-Kompleks yang baik untuk tubuh.

Tepung Garut juga dianggap baik untuk penderita jantung karena kandungan mineral kalium yang tinggi.

Bubur Pati Garut dipercaya dapat membantu meredakan gejala asam lambung ketika dikonsumsi secara teratur, terutama saat pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Namun, perlu diingat bahwa pengobatan tradisional seperti ini sebaiknya didiskusikan dengan tenaga medis atau dokter untuk memastikan kesesuaian dan efektivitasnya berdasarkan kondisi kesehatan individu.

Baca: Mengatasi Asam Lambung dengan Bijak: Cara Minum Tepung Garut

Cara Membuat Bubur Pati Garut

Bubur Pati Garut ini diolah dari Ubi Garut yang telah diubah menjadi tepung dan dapat dibeli melalui toko bahan makanan lokal atau toko online.

Tepung Garut memiliki beberapa khasiat, seperti tingginya kandungan protein, tidak mengandung gluten (aman untuk penderita celiac), kandungan folat yang tinggi cocok untuk ibu hamil dan menyusui, serta menjadi pengganti beras dan gandum karena mengandung vitamin B-Kompleks yang baik untuk tubuh.

Tepung Garut juga sangat baik untuk penderita jantung karena mengandung mineral kalium yang tinggi.

Berikut adalah cara membuat Bubur Pati Garut untuk membantu mengatasi asam lambung:

Bahan:

·         Tepung Garut 2 sendok makan

·         Air putih 1 gelas

·         Gula Aren yang sudah dicairkan secukupnya

·         Langkah-langkah:

·         Ambil 2 sendok makan tepung garut dan letakkan di mangkuk kecil.

·         Tambahkan 1/4 gelas air ke dalam mangkuk yang berisi tepung, lalu aduk rata.

·         Panaskan sisa air dalam gelas menggunakan panci kecil hingga mendidih.

·         Tuangkan gula aren cair ke dalam panci, lalu aduk merata.

·         Kecilkan api, lalu tuangkan campuran tepung garut yang sudah larut ke dalam air yang mendidih sambil terus diaduk.

·         Aduk terus hingga bubur mengental dan bergelembung, sekitar 1-2 menit.

·         Dinginkan selama kurang lebih 10 menit, dan Bubur Pati Kerut siap untuk disantap.

Proses pembuatan Bubur Pati Garut relatif sederhana. Walaupun rasanya cenderung hambar, penggunaan gula sebaiknya tidak berlebihan agar tidak menimbulkan rasa mual. Konsumsilah bubur ini pada pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur secara teratur untuk membantu meredakan gejala asam lambung.

Penting untuk diingat bahwa pengobatan tradisional seperti Bubur Pati Garut sebaiknya diimbangi dengan konsultasi medis untuk mendapatkan perawatan yang lebih komprehensif dan akurat sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing.

About the Author

Rizkiawan Candra

Highly interested in content writing and passionate in digital contents. Currently learning about Search Engine Optimization.

View All Articles