Bagi penderita asam lambung, memilih makanan untuk dikonsumsi menjadi hal yang sangat penting, termasuk memilih menu sarapan di pagi hari. Apabila salah konsumsi menu sarapan, bisa saja memicu gejala asam lambung yang tidak nyaman.

Bubur ayam menjadi salah satu menu sarapan yang umum dikonsumsi karena selain sering dijual di pasaran, bubur ayam juga lezat. Tapi bolehkah bubur ayam untuk asam lambung?

Untuk mengetahui bolehkah bubur ayam untuk asam lambung, mari kita lihat kandungan yang ada pada seporsi bubur ayam.

Kandungan yang Ada pada Seporsi Bubur Ayam

Bubur ayam biasanya terdiri dari bubur nasi yang dimasak dengan kaldu ayam dan diberi topping berupa ayam suwir, bawang goreng, hingga kerupuk.

Dalam satu porsi bubur ayam sebanyak 240 gram mengandung:

– Kalori: 372 kkal
– Karbohidrat: 36,12 gram
– Lemak: 12,39 gram
– Protein: 27,56 Gran
– Serat: 1,9 gram

Bubur ayam mengandung tinggi air sehingga lebih rendah kalori.

Setiap penderita asam lambung memiliki tingkat kepekaan yang berbeda terhadap makanan tertentu. Tapi bubur ayam ini sering kali dianggap sebagai makanan yang kurang aman bagi penderita asam lambung karena bubur ayam terdiri dari beberapa komponen pelengkapnya, seperti:

1. Kaldu

Bubur ayam adalah bubur nasi yang dimakan menggunakan kaldu. Kaldu pada bubur ayam biasanya terbuat dari tulang ayam, rempah-rempah, dan penyedap rasa atau MSG untuk menambah kelezatannya.

Itu sebabnya, kaldu cerderung mengandung glutamat monosodium (MSG) yang bisa memicu produksi asam lambung berlebih sehingga memperburuk penyakit asam lambung. Selain itu, penggunaan MSG ini juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan karena akan mengiritasi lambung sehingga muncul gejala seperti perut nyeri, mual, muntah, nyeri ulu hati, dan gejala lainnya yang memperburuk gejala asam lambung.

2. Bawang Goreng dan Kerupuk

Selain kaldu, bubur ayam juga dilengkapi dengan bawang goreng dan kerupuk. Penambahan bawang goreng pada bubur ayam memang bisa membuat bubur ayam makin lezat, tapi konsumsi bawang goreng bisa meningkatkan produksi asam lambung.

Bawang merah juga bisa mengakibatkan otot sfingter esofagus melemah sehingga asam lambung sangat mudah naik ke kerongkongan (refluks asam lambung). Bawang juga memiliki rasa pedas sehingga berpotensi mengiritasi dinding lambung.

Selain bawang goreng, kerupuk juga bisa menyebabkan asam lambung karena termasuk ke dalam makanan tinggi lemak yang diolah dengan cara digoreng. Makanan tinggi lemak bisa membuat sfingter esofagus melemah sehingga memicu asam lambung naik ke kerongkongan. Asam lambung yang naik ke kerongkongan ini akan mengakibatkan dada seperti terbakar (heartburn).

3. Karbohidrat

Bubur ayam mengandung banyak karbohidrat. Efek yang ditimbulkan setelah konsumsi tinggi karbohidrat bagi setiap orang berbeda-beda. Tapi pada umumnya, konsumsi makanan tinggi karbohidrat bisa menyebabkan produksi asam lambung meningkat. Kelebihan produksi asam lambung bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Konsumsi makanan tinggi karbohidrat juga bisa menyebabkan perut kembung yang memperburuk gejala asam lambung. Selain itu, konsumsi karbohidrat sewaktu-waktu bisa memicu kenaikan berat badan (obesitas). Kondisi obesitas bisa meningkatkan tekanan pada perut yang memicu asam lambung naik.

Berdasarkan komponen di dalam bubur ayam dan efek yang ditimbulkan setelah mengonsumsinya, bolehkah bubur ayam untuk asam lambung?

Kesimpulan

Bisa disimpulkan juga kalau bubur ayam bukan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung karena bubur ayam mengandung MSG, bawang goreng, kerupuk, dan tinggi karbohidrat. Ketiga hal tersebut bisa memicu terjadinya penyakit asam lambung.

Bagi Anda yang tetap ingin konsumsi bubur ayam, Anda jangan khawatir. Anda bisa memilih bubur ayam yang diolah dengan cara sehat dan seimbang, seperti menggunakan dada ayam tanpa kulit.

Anda bisa menghindari penggunaan bawang goreng dan kerupuk ke dalam bubur ayam untuk menghindari asupan berlemak tinggi.

Selain itu, dalam mengonsumsi bubur ayam sebaiknya tidak dalam porsi besar. Itu sebabnya dianjurkan bagi Anda untuk konsumsi bubur ayam dalam porsi kecil, kemudian dikunyah hingga halus dan perlahan.

Yang tidak kalah penting, selain menjadikan bubur ayam sebagai menu sarapan, masih banyak menu sarapan lain yang disarankan bagi penderita asam lambung seperti telur rebus, buah-buahan, dan sayuran rebus yang aman untuk asam lambung.

Baca juga: Rekomendasi Menu Lauk Pauk untuk Asam Lambung

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles