Buah mangga, dengan kelezatannya dan kandungan nutrisi yang tinggi, seringkali menjadi buah favorit banyak orang. Namun, bagi mereka yang menderita asam lambung, pertanyaannya muncul: apakah aman mengonsumsi buah mangga?

Buah mangga bisa menjadi bagian dari diet sehat penderita asam lambung, dengan catatan mengonsumsinya dalam jumlah yang sesuai dan dengan memilih varietas yang tepat.

Secara umum, buah mangga cenderung memiliki pH yang rendah, yang berarti buah ini bersifat sedikit asam. Namun, banyak orang dengan masalah asam lambung masih dapat mengonsumsi mangga dengan nyaman. Beberapa orang bahkan melaporkan bahwa mangga membantu meredakan gejala asam lambung.

Tetapi, setiap orang memiliki toleransi yang berbeda terhadap makanan tertentu, dan respons terhadap mangga bisa bervariasi. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi bagaimana tubuh seseorang merespons mangga termasuk tingkat keasaman lambung, kepekaan individu terhadap buah-buahan tertentu, dan jenis mangga yang dikonsumsi.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi manfaat buah mangga untuk kesehatan lambung dan apakah hal ini dapat membantu atau memperburuk kondisi asam lambung.

Keasaman Buah Mangga: Fakta dan Mitos

Buah mangga memiliki rasa yang sedikit asam, tetapi sebagian besar orang dapat mengonsumsinya tanpa masalah. Meskipun memiliki pH rendah, mangga mengandung enzim amilase yang dapat membantu dalam proses pencernaan dan meringankan beban lambung.

Namun, respons setiap orang terhadap buah ini dapat bervariasi, dan beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi mangga.

Nutrisi yang Terkandung dalam Mangga

Buah mangga kaya akan nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin A, serat, dan antioksidan. Nutrisi-nutrisi ini dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk sistem pencernaan. Vitamin C, misalnya, dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sementara serat mendukung pencernaan yang sehat.

Sebuah studi yang diterbitkan di “Food and Nutrition Research” menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan, termasuk mangga, dapat berkontribusi pada penurunan risiko penyakit gastrointestinal, seperti penyakit asam lambung.

Tips Mengonsumsi Mangga bagi Penderita Asam Lambung

·         Pilih Mangga Matang: Mangga matang cenderung kurang asam dibandingkan dengan yang belum matang. Pilih buah yang lunak dan berwarna cerah.

·         Konsumsi dalam Jumlah Terbatas: Hindari mengonsumsi mangga dalam jumlah besar. Porsikan sesuai dengan toleransi lambung Anda.

Hindari Mangga yang Terlalu Asam: Jenis mangga yang terlalu asam mungkin lebih baik dihindari. Pilih varietas yang lebih manis.

Manfaat Mangga untuk Asam Lambung

Meskipun respons dapat bervariasi, beberapa orang melaporkan bahwa mengonsumsi mangga secara teratur membantu meredakan gejala asam lambung. Antioksidan dalam mangga juga dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan sel akibat radikal bebas.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “International Journal of Clinical and Experimental Medicine” menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam mangga dapat membantu mengurangi peradangan dalam sistem pencernaan, yang dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita asam lambung.

Resep dan Cara Pengolahan yang Ramah Lambung

·         Smoothie Mangga: Buat smoothie mangga dengan tambahan yogurt rendah lemak untuk meningkatkan tekstur dan kebersihan lambung.

smoothies_mangga_yoghurt
smoothies mangga dengan yoghurt (sumber: canva)

·         Mangga Parut: Parut mangga dan campurkan dengan bubur atau oatmeal untuk makanan sarapan yang lezat dan ringan.

Pentingnya Berkonsultasi dengan Dokter atau Ahli Gizi

Jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu atau sedang dalam pengobatan khusus, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengubah pola makan Anda. Mereka dapat memberikan saran yang lebih spesifik berdasarkan kondisi kesehatan Anda.

Penting untuk mendengarkan tubuh dan mengamati responsnya terhadap makanan tertentu. Dalam semua hal, keseimbangan dan pola makan yang sehat adalah kunci untuk mendukung kesehatan lambung dan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: Banyak Sekali Manfaat Buah Naga Merah dan Putih

About the Author

Rizkiawan Candra

Karena nikmat sehat itu sangat penting, maka saya akan berbagi tips kesehatan dengan mencurahkannya berupa tulisan artikel yang diharapkan menjadi manfaat untuk semua.

View All Articles