Home » Artikel Nutriflakes » 7 Jenis Buah yang Banyak Mengandung Vitamin C

Dampak dari kekurangan vitamin C ini ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kita membutuhkan buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sehari-hari.

Tubuh sangat membutuhkan nutrisi vitamin C karena perannya yang sangat penting untuk kehidupan rutin kita. Fungsi utama dari vitamin C sendiri adalah menjaga kesehatan tubuh dan serangan dari berbagai virus atau penyebab penyakit lainnya.

Contohnya lainnya adalah vitamin C berperan penting dalam membentuk protein yang bernama kolagen. Di mana kolagen ini merupakan bahan utama dalam lapisan kulit, gigi, dan tulang.

Sehingga kesehatan akan kulit, gigi, dan tulang tubuh kita ini bergantung pada nutrisi vitamin C yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, seperti jenis vitamin lainnya, vitamin C juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kita tidak akan mudah terkena penyakit.

Kekurangan akan vitamin C ini akan memunculkan masalah kesehatan yang berbahaya dan merugikan bagi tubuh. Berikut ini adalah berbagai gejala atau gangguan kesehatan akibat kekurangan vitamin C:

  • Munculnya penyakit skorbut.
  • Gusi dan gigi berdarah.
  • Kulit menjadi kering dan kasar.
  • Sistem imun tubuh yang menurun.
  • Luka yang sulit sembuh.
  • Anemia
  • Pembengkakkan kelenjar tiroid.

Artinya, kekurangan vitamin C ini bisa mengganggu kesehatan sehari-hari kita.


Buah dengan vitamin C tinggi (sumber: canva)

Buah-buahan yang Mengandung Banyak Vitamin C

Pemenuhan kebutuhan akan vitamin C pun menjadi sangat penting. Hal ini hanya dapat kita lakukan melalui mengonsumsi berbagai makanan karena tubuh kita tidak mampu membuat vitamin.

Berikut ini adalah jenis-jenis buah dengan vitamin C tinggi:

  1. Cabai

Bahan yang masih menjadi perdebatan antara sayur atau buah ini mengandung vitamin C yang tinggi. Setiap 100 gram cabai bisa memberikan asupan vitamin C sebanyak 143,7 mg. Angka ini menjadi kandungan tertinggi dari jenis buah lainnya.

  1. Kiwi

Setiap 100 gram buah kiwi mengandung vitamin C sebanyak 92,7 mg.  Buah berwarna hijau ini memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah meningkatkan kualitas tidur dan menjaga kesehatan pencernaan.

Artinya, selain cocok untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, kiwi juga aman untuk asam lambung.

  1. Leci

Buah leci sebenarnya masih kurang familiar bagi masyarakat Indonesia. Ternyata leci sendiri termasuk dalam daftar buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi. Setiap 100 gram leci dapat memenuhi kebutuhan vitamin C sebesar 71,5 mg.

  1. Kesemek

Buah dengan vitamin C tinggi selanjutnya adalah kesemek. Buah yang menyerupai jeruk dan apel ini memiliki kandungan vitamin C sebanyak 66 mg setiap 100 gramnya. Kesemek sendiri sangat bagus untuk kesehatan otak, jantung, dan pencernaan.

  1. Stroberi

Buah stroberi memberikan asupan vitamin C sebesar 58,8 mg setiap 100 gramnya. Walaupun bentuknya kecil, stroberi memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan kolesterol, dan mencegah penyakit jantung.


Buah stroberi (sumber: canva)

  1. Jeruk

Buah yang sangat populer ini juga terkenal akan kandungan vitamin C nya. Setiap 100 gram jeruk dapat mengandung vitamin C sebanyak 53,2 mg. Jeruk adalah buah yang dapat kita temukan di mana dan kapan saja.

  1. Sitrun

Buah ini kurang familiar di telinga, tetapi bentuknya sendiri mirip sekali dengan lemon hanya saja daging buahnya lebih kering. Terdapat 53 mg vitamin C setiap 100 gram sitrun.

Kesimpulan Buah dengan Vitamin C Tinggi

Berdasarkan penjelasan di atas, banyak sekali jenis buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Mulai dari jeruk, sitrun, cabai, stroberi, kesemek, leci, dan kiwi. Berbagai jenis buah ini dapat membantu kita dalam memenuhi kebutuhan vitamin C harian kita.

Selain dengan daftar buah-buahan di atas, kita juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi Nutriflakes. Sereal umbi garut ini menggunakan daun kelor, di mana bahan ini sangat tinggi akan vitamin C.

Demikian ulasan mengenai buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi, semoga dapat bermanfaat.

Nutriflakes, nutrisi terpenuhi kesehatan terjamin!

Artikel terkait:

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles