Pantangan makanan dan minuman bagi penderita asam lambung naik memang banyak sekali jenisnya. Lalu bolehkah penderita asam lambung minum susu?

Susu adalah minuman atau bahan pangan yang sangat ideal untuk kehidupan sehari-hari. Begitupula untuk kalangan atau kelompok manapun, susu sangat cocok untuk siapa saja kecuali bagi yang memiliki alergi.

Mengapa?

Air susu menjadi bahan pangan yang ideal karena mempunyai kandungan nutrisi dan gizi yang lengkap. Baik lengkap untuk pertumbuhan atau memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya.

Oleh karena itu, banyak pihak-pihak luar yang selalu menyarankan anak-anak agar rajin meminum susu. Sebab, pada usia tersebut lah seseorang sedang mengalami pertumbuhan, dan hal ini merupakan hal yang penting.

Tidak hanya anak-anak, kini banyak susu yang khusus untuk orang-orang lanjut usia. Sebab, orang-orang ini sangat rawan dengan kerapuhan tulang (osteoporosis), sehingga meminum susu bisa menjadi sangat penting.

hukum puasa bagi penderita asam lambung
Asam lambung naik (sumber: canva)

Lalu, Bolehkah Penderita Asam Lambung Minum Susu?

Di lain pihak, susu juga bisa menjadi permasalahan bagi penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan ada beberapa kandungan dalam susu yang dapat menjadi pemicu terjadinya asam lambung naik.

Kandungan ini adalah lemak, senyawa ini bisa membantu otot katup esofagus menjadi rileks dan longgar. Padahal otot ini seharusnya bersifat kaku karena katup esofagus sendiri bekerja untuk menutup jalur antara lambung dengan karongkongan.

Oleh karenanya asam lambung tidak akan naik menuju ke kerongkongan. Selain itu, lemak merupakan senyawa yang lama untuk diproses di dalam organ lambung. Semakin lama makanan dan minuman berada di lambung, semakin asam pula suasana dalam lambung.

Alhasil, gangguan asam lambung atau GERD bisa kambuh dan mengganggu aktivitas rutin sehari-hari. Hal ini lah yang menjadikan pemilihan makanan dan minuman penting bagi penderita asam lambung.

Dalam menjawab pertanyaan mengenai bolehkah asam lambung minum susu, kita perlu memelajari mengenai susu lebih lanjut. Berikut ulasan lebih lanjutnya.

Meminum susu (sumber: canva)

Apakah Susu Masuk dalam Pantangan Asam Lambung Naik?

Kebiasaan dan kebutuhan untuk minum susu bukanlah sebuah pantangan bagi penderita asam lambung. Perlu kita ingat kembali bahwa susu memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Bahkan susu etawa atau susu kambing justru dapat menurunkan limbah asam yang menumpuk pada organ pencernaan. Begitu juga dengan merawat kesehatan alat-alat pencernaan.

Artinya, jawaban untuk menjawab pertanyaan dari bolehkah penderita asam lambung minum susu adalah boleh. Orang yang memiliki gangguan asam lambung naik tidak dilarang untuk meminum susu.

Pantangan atau hal yang perlu diperhatikan bagi penderita asam lambung sebenarnya adalah pola saat meminum susu. Penderita asam lambung harus menghindari pola konsumsi susu yang tidak baik.

Artinya, kita sebagai masyarakat biasa ataupun penderita asam lambung harus menemukan dan mengikuti pola yang baik dalam mengonsumsi susu.

Pola Minum Susu bagi Penderita Asam Lambung Naik

Meminum susu haruslah dengan pola yang baik agar manfaat yang kita dapatkan bisa optimal. Sehingga tidak menimbulkan risiko asam lambung naik atau justru penyakit lainnya.

Ketika mengonsumsi susu sebaiknya tidak bersamaan dengan makanan-makanan berat yang memiliki protein tinggi. Sebab, kebiasaan ini justru dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Jika produksi asam pada organ lambung meningkat maka suasana pada lambung pun akan menjadi semakin asam. Ini lah yang tidak diperbolehkan bagi penderita asam lambung untuk minum susu.

Susu (sumber: canva)

Demikian jika ingin menjaga kesehatan pencernaan, maka kita harus senantiasa memperhatikan waktu konsumsi susu. Sebaiknya tidak meminum susu setelah makan makanan berat.

Tunggu beberapa jam, biarkan lambung memproses makanan berat. Setelah itu baru diperbolehkan meminum susu.

Apabila kita mengonsumsi makanan berat bersamaan dengan susu, hal iniakan menyebabkan organ pencernaan lama dalam memroses dan melumatnya.

Artinya, Jika makanan berat dan susu dikonsumsi secara bersamaan maka akan memperberat kinerja lambung. Hal ini juga termasuk produk olahan susu lainnya, seperti keju, krim, dan es krim.

Selain pola minum susu, terdapat hal lain yang menjadi faktor dari bolehkah untuk asam lambung minum susu. Hal yang dimaksud ini adalah jenis-jenis susu yang aman bagi organ lambung.

Baca: Tips Ampuh Cara Menjaga Kesehatan Lambung

Jenis Susu yang Baik untuk Asam Lambung Naik

Kendati demikian, penderita asam lambung tetap harus berhati-hati dalam meminum susu ini. Sebab, terdapat beberapa jenis susu yang mungkin kurang baik untuk organ lambung dan dapat memicu refluks asam.

Di lain pihak terdapat beberapa jenis susu yang aman untuk penderita asam lambung konsumsi. Pada umumnya, jenis susu ini yang mempunyai kandungan rendah lemak sehingga pencernaan tetap mudah dalam mencernanya.

Berikut ini adalah beberapa jenis susu yang baik untuk penderita asam lambung:

  • Susu Rendah Lemak

Susu yang tersebar di pasaran ini ada beberapa jenis, mulai dari whole milk (kandungan lemak utuh), susu rendah lemak, dan susu bebas lemak (susu skim). Sedangkan susu yang cocok untuk penderita asam lambung ini adalah susu yang kandungan lemaknya tidak lebih dari 2,5%.

Oleh karena itu, penderita asam lambung dapat memilih susu rendah lemak atau susu skim. Susu jenis ini tidak akan mudah terpengaruh dengan pH di sekitarnya, sehingga lambung tidak akan menjadi asam.

  • Susu Kedelai

Jenis susu ini dapat menjadi salah satu pilihan susu yang aman bagi penderita asam lambung. Sebab, kandungan lemak di dalam susu kedelai ini lebih rendah daripada susu sapi pada umumnya.

Selain itu, susu kedelai juga berasal dari bahan pangan yang bersifat nabati. Tekstur dari susu kedelai sendiri juga lebih ringan daripada susu sapi yang memiliki lemak utuh. Protein di dalamnya pun juga terbilang tinggi karena berasal dari kacang-kacangan.

  • Susu Almond

Susu almond merupakan salah satu susu yang bersifat basa, sehingga cocok untuk penderita asam lambung. Bahan pangan yang bersifat basa dianggap dapat membantu dalam menetralisir asam lambung.

Susu almond (sumber: canva)

Kesimpulan Bolehkah Asam Lambung Minum Susu

Berdasarkan penjelasan di atas, pertanyaan mengenai bolehkah asam lambung minum susu ini sudah terjawab. Penderita asam lambung memang dapat meminum susu, tetapi dengan beberapa catatan penting.

Pertama, perhatikan pola dan cara meminum susu. Kedua, pilih susu yang memang sudah terbukti aman bagi organ lambung, yaitu susu yang memiliki kandungan rendah lemak.

Jikalau penderita asam lambung masih takut untuk meminum susu, akan lebih baik apabila mengonsumsi Nutriflakes.

Nutriflakes adalah sereal sehat yang menggunakan bahan dasar umbi garut dan bahan-bahan alami lainnya. Selain itu, Nutriflakes juga menggunakan susu etawa sebagai salah satu komposisi alaminya.

Walau demikian, sereal umbi garut ini masih aman untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung atau GERD. Bahkan menurut beberapa penelitian, susu kambing ternyata memiliki kandungan vitamin A dan B yang lebih banyak daripada susu sapi.

Susu etawa sendiri juga mengandung zinc, besi, magnesium dan asam lemak rantai pendek. Oleh karena itu, susu etawa sangat cocok untuk penderita asam lambung. Inilah alasan Nutriflakes menggunakan susu etawa daripada jenis susu lainnya.

Demikian jawaban mengenai bolehkah penderita asam lambung meminum susu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjawab semua keraguan Anda.

Nutriflakes, rahasia perut nyaman dan tentram.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles