Selain mengatur pola makan untuk mendapatkan nutrisi lengkap bagi tubuh, menurunkan berat badan juga harus diimbangi dengan olahraga. Olahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tapi sering kali muncul pertanyaan seputar berapa menit olahraga untuk menurunkan berat badan?

Sebelum menjawab seputar berapa menit olahraga untuk menurunkan berat badan, mari cari tahu terlebih dahulu kapan waktu olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan.

Dikutip dari Journal of Nutrition and Metabolism (2016), waktu yang tepat untuk olahraga saat diet adalah di pagi hari sebelum sarapan. Olahraga sebelum sarapan dinilai bisa lebih banyak membakar lemak di dalam tubuh.

Hal ini karena saat sebelum sarapan, tentunya perut masih dalam keadaan kosong. Sehingga, satu-satunya sumber energi yang akan dibakar saat olahraga adalah lemak tubuh. Selain itu, olahraga secara rutin di pagi hari bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori yang dibakar juga makin banyak.

Berapa menit olahraga untuk menurunkan berat badan?

Saat olahraga di pagi hari, tubuh akan menyesuaikan produksi hormon insulin, di mana kadar gula darah menjadi lebih terkontrol. Tubuh akan menjadi lebih efektif dalam menyalurkan zat dari makanan ke bagian tubuh lainnya. Sehingga, kadar gula yang stabil ini membuat Anda tidak mudah lapar dan mendukung asupan kalori harian tubuh.

Selain memahami waktu olahraga untuk menurunkan berat badan, akan timbul pertanyaan berapa menit olahraga untuk menurunkan berat badan?

Anda memerlukan waktu 150 hingga 250 menit olahraga untuk menurunkan berat badan setiap minggunya.

Kementrian Kesehatan RI menganjurkan berolahraga selama minimal 30 menit dalam sehari. Untuk pembagian waktunya, Anda bisa melakukan pemanasan 5 hingga 10 menit, kemudian gerakan inti, dan diakhiri dengan pendinginan selama 5 menit.

Dalam seminggu, setidaknya Anda mencapai 150 menit atau setara dengan 5 hari olahraga. Ini waktu yang dibutuhkan saat melakukan olahraga dengan intensitas sedang. Apabila Anda melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, lakukan selama 15 menit setiap harinya atau setara dengan 75 menit per minggu.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam penurunan berat badan melalui pembakaran kalori, Anda perlu meningkatkan durasi waktu dan jumlah hari untuk olahraga.

Baca juga:

Cara Olahraga yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

Rekomendasi Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga menurunkan berat badan terbagi beberapa tipe seperti berikut:

Cardiovascular (Kardiovaskular):

  • Lari atau Jogging: Berlari atau jogging adalah olahraga kardiovaskular yang efektif untuk membakar kalori dan meningkatkan kondisi jantung.
  • Bersepeda: Bersepeda, baik di dalam ruangan atau di luar, adalah pilihan yang bagus untuk melibatkan otot-otot besar dan membakar kalori.
  • Renang: Aktivitas renang dapat membakar banyak kalori sambil melibatkan seluruh tubuh.

Latihan Kekuatan:

  • Angkat Beban: Latihan kekuatan, seperti angkat beban atau latihan berat, membantu meningkatkan massa otot dan metabolisme basal.
  • Latihan Tubuh Penuh: Latihan yang melibatkan banyak kelompok otot, seperti squats dan deadlifts, dapat membantu meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan.

Olahraga yang Menyenangkan:

  • Tenis atau Bulu Tangkis: Aktivitas raket, seperti tenis atau bulu tangkis, dapat memberikan latihan kardiovaskular sambil meningkatkan keahlian motorik.
  • Pemanjatan (Yoga atau Pilates): Pemanjatan membantu meningkatkan fleksibilitas dan juga dapat membantu membakar kalori.

Aktivitas Sehari-hari yang Meningkatkan Aktivitas Fisik:

  • Berjalan Kaki: Berjalan kaki adalah cara yang mudah dan efektif untuk meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari.
  • Menggunakan Tangga: Menggunakan tangga alih-alih lift dapat membantu meningkatkan kebugaran dan membakar kalori.

Konsultasikan dengan profesional kesehatan atau pelatih olahraga sebelum memulai program latihan baru, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Kombinasikan olahraga dengan pola makan yang seimbang untuk mencapai hasil penurunan berat badan yang optimal.

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles