Banyak orang yang mendambakan tubuh proporsional. Agar mendapatkan body goals tersebut, dapat dilakukan dengan cara menerapkan diet yang bertujuan untuk penurunan berat badan. Cuka apel untuk diet juga dinilai ampuh untuk menurunkan berat badan.

Lantas, bagaimana cara konsumsi cuka apel untuk diet?

Cuka apel merupakan cuka yang terbuat dari jus apel fermentasi. Cuka apel dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai makanan ataupun kesehatan.

Manfaat cuka apel yang dapat dirasakan, seperti:

  • Membantu mengatur kadar gula darah.
  • Membantu menurunkan berat badan.
  • Membantu melindungi sel tubuh.
  • Membantu mengendalikan kadar insulin.
  • Membantu mengatasi perut buncit.
  • Membantu mengontrol kolesterol.

Selain manfaat tersebut, cuka apel juga dapat dikonsumsi untuk diet. Lantas, bagaimana cara konsumsi cuka apel untuk diet?

Salah satu studi di Journal of Functional Foods yang diikuti oleh 39 peserta, ditemukan bahwa peserta yang konsumsi satu sendok makan cuka apel saat makan siang dan malam hari dapat memangkas 250 kalori per hari, dan kehilangan 4 kilogram berat tubuh dalam 12 minggu.

Cara Konsumsi Cuka Apel untuk Diet

Agar hasilnya menjadi lebih optimal, Anda dapat menerapkan cara konsumsi cuka apel untuk diet di bawah ini!

1. Encerkan Cuka Apel

Cuka apel memiliki rasa yang sangat asam atau pekat, sehingga konsumsi cuka apel secara langsung justru dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan perut Anda sakit.

Maka dari itu, Anda dapat menghindari konsumsi cuka apel dalam bentuk pekat dan Anda dapat mengencerkannya dengan air. Encerkan satu sendok cuka apel dengan segelas air.

2. Dijadikan Saus Salad

salad dengan cuka apel

Cara konsumsi cuka apel untuk diet juga dapat dilakukan dengan menjadikannya sebagai saus salad. Cara konsumsi cuka apel ini dapat Anda campur dengan sedikit minyak zaitun.

3. Tidak Langsung Konsumsi setelah Makan

Setelah makan berat, Anda tidak disarankan untuk konsumsi cuka apel secara langsung karena dapat menimbulkan masalah pencernaan. Anda dapat menunggu hingga 20 menit sebelum mengonsumsinya.

4. Tidak Minum Terlalu Banyak

Sebaiknya, hindari konsumsi cuka apel terlalu banyak karena dapat menyebabkan timbulnya gejala dari penyakit lain, seperti asam lambung.

Anda dapat konsumsinya tidak lebih dari 2 sendok makan sehari dan sebaiknya encerkan cuka apel terlebih dahulu.

5. Tidak Konsumsi Cuka Apel sebelum Tidur

Cara konsumsi cuka apel untuk diet, yaitu tidak mengonsumsinya sebelum tidur karena dapat menimbulkan masalah kerongkongan atau tenggorokan.

6. Konsumsi Cuka Apel sebelum atau saat Sarapan

Cara konsumsi cuka apel untuk diet paling umum, yaitu sebelum makan atau saat sarapan. Hal ini karena cuka apel dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, sehingga nafsu makan Anda menjadi lebih terkontrol.

Anda dapat konsumsi cuka apel sekitar 15 hingga 30 menit sebelum makan agar mendapatkan hasil yang optimal.

7. Perhatikan Reaksi Tubuh

Cara konsumsi cuka apel untuk diet, tentunya tidak lepas dari memperhatikan reaksi tubuh karena setiap orang akan memberikan reaksi berbeda terhadap sesuatu yang dikonsumsinya.

Apabila konsumsi cuka apel menyebabkan Anda mengalami masalah pencernaan, hentikan konsumsi cuka apel dan konsultasikan dengan profesional medis.

Demikian cara konsumsi cuka apel untuk diet yang dapat Anda terapkan untuk mendapatkan tubuh ideal.

Baca juga:

Cuka Apel untuk Asam Lambung Manfaat dan Cara Konsumsinya
Cara Menyimpan Cuka Apel Setelah Dibuka

Selain konsumsi cuka apel, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk mendapatkan tubuh proporsional, seperti konsumsi sayuran, buah-buahan, istirahat yang cukup, dan olahraga secara rutin.

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles