Aktivitas harian yang padat sering kali membuat tubuh merasa lelah dan mudah capek. Meskipun hal ini biasa terjadi dan bisa hilang setelah istirahat dan tidur yang cukup, namun perlu waspada apabila kelelahan tersebut terus berlanjut bahkan setelah istirahat.

Pasalnya, kondisi ini mungkin menjadi pertanda adanya masalah kesehatan tertentu, seperti anemia dan diabetes. Lantas apa penyebab badan sering lemas dan mudah capek? Berikut penjelasannya.

Penyebab Utama Rasa Lelah dan Mudah Mengantuk

Biasanya, kelelahan timbul akibat penggunaan otot secara berlebihan. Namun, dalam beberapa situasi, kelelahan juga bisa disebabkan oleh berbagai penyakit, di antaranya:

·         Anemia

Anemia merupakan salah satu kondisi yang bisa menyebabkan rasa lelah dan mudah mengantuk. Anemia terjadi karena kurangnya sel darah merah dalam tubuh, yang mengakibatkan kurangnya penyaluran oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh.

seorang perempuan mengalami anemia
anemia (sumber: canva)

Biasanya, anemia disebabkan oleh defisiensi zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Selain merasa lelah, penderita anemia juga mungkin mengalami gejala seperti pusing, demam, dan merasa kedinginan.

Penanganan rasa lelah dan mudah mengantuk akibat anemia melibatkan istirahat yang cukup, konsumsi makanan yang kaya zat besi, serta penggunaan obat-obatan sesuai petunjuk dokter.

·         Gangguan Kesehatan Mental

Masalah kesehatan mental seperti stres, depresi, atau gangguan kecemasan sering kali mengakibatkan gejala berupa penurunan nafsu makan, rasa lelah yang berlebihan, dan mudah mengantuk.

Tidak hanya itu, gangguan mental juga dapat mengurangi semangat untuk beraktivitas, membuat mudah tersinggung, merasa cemas, dan dalam kasus yang parah, bahkan mendorong seseorang untuk berpikir untuk mengakhiri hidup.

Karenanya, mengatasi masalah kesehatan mental harus dilakukan secepatnya untuk mencegah hal-hal yang berbahaya. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala semacam ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

·         Gangguan Kesehatan Tiroid

Rasa lelah yang berlebihan dan mudah mengantuk juga dapat disebabkan oleh gangguan atau masalah pada kelenjar tiroid, seperti hipotiroidisme (kelenjar tiroid kurang aktif), hipertiroidisme (kelenjar tiroid terlalu aktif), atau kanker tiroid.

Masalah tiroid ini tak hanya menyebabkan kelelahan yang luar biasa, tetapi juga dapat menimbulkan gejala lain seperti denyut jantung cepat, perasaan cemas berlebihan, perubahan berat badan, dan keringat dingin yang sering.

·         Gangguan Kesehatan Jantung

Sejumlah kondisi jantung seperti gagal jantung atau penyakit jantung koroner memiliki gejala yang serupa, yaitu kelelahan berlebih. Namun, banyak orang yang tak menyadari bahwa rasa lelah dan mudah mengantuk ini dapat menjadi indikasi adanya masalah jantung.

Jika Anda merasa cepat lelah meskipun tidak beraktivitas berat dan gejala lain seperti nyeri dada dan sesak napas hadir, sebaiknya segera hubungi dokter.

·         Diabetes

Penderita diabetes seringkali merasa lelah secara berlebihan dan mudah mengantuk. Kondisi ini muncul ketika tubuh tak mampu mengontrol kadar gula darah sehingga melebihi batas normal.

Mengatasi rasa lelah dan mudah mengantuk pada penderita diabetes melibatkan menjaga kadar gula darah dengan gaya hidup sehat seperti olahraga teratur, minum cukup air, mengatur pola makan, istirahat yang cukup, menghindari stres, dan rutin memeriksa kadar gula darah.

Di samping kondisi medis di atas, rasa lelah yang berlebihan dan mudah mengantuk juga bisa dipicu oleh berbagai faktor umum lainnya, seperti:

·         Kualitas tidur yang buruk.

·         Obesitas atau kelebihan berat badan.

·         Polternatif makan yang tidak seimbang.

·         Kekurangan nutrisi.

·         Konsumsi berlebihan kafein.

·         Kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi.

·         Konsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.

·         Polternatif pekerjaan yang tidak menentu sehingga tidur terganggu.

·         Gaya hidup yang minim aktivitas fisik. Kebiasaan ini bisa menyebabkan rasa lelah yang berlebihan dan mudah mengantuk.

Cara Mengatasi Badan Sering Lemas dan Mudah Capek

Untuk mengatasi rasa lelah yang berlebihan dan mudah mengantuk, solusinya tergantung pada penyebabnya. Jika dikarenakan oleh masalah kesehatan tertentu, perlu dilakukan perawatan medis untuk mengatasi akar penyebabnya.

Namun, secara umum, rasa lelah dan mudah mengantuk dapat diatasi dengan beberapa langkah berikut:

·         Memilih makanan yang sehat dengan keseimbangan nutrisi yang tepat.

·         Menjaga asupan cairan tubuh sekitar 2 liter setiap hari.

·         Mengurangi jumlah kafein dan minuman beralkohol yang dikonsumsi.

·         Melakukan aktivitas olahraga secara teratur.

·         Mengelola faktor-faktor stres dalam kehidupan.

·         Meningkatkan mutu tidur untuk kesejahteraan yang lebih baik.

Dengan mengikuti panduan langkah-langkah di atas diharapkan badan yang sering terasa lemas dan mudah capek bisa kembali pulih dan bugar.

Selalu jaga kesehatan Anda dengan pola hidup yang baik dan benar.

About the Author

Rizkiawan Candra

Highly interested in content writing and passionate in digital contents. Currently learning about Search Engine Optimization.

View All Articles