Home » Artikel Nutriflakes » Tempe, Makanan Pasaran Tinggi Nutrisi & Kaya Manfaat

Tempe adalah bahan pangan yang sangat populer di masyarakat Indonesia, baik dari kalangan manapun. Selain itu, tempe juga sangat mudah untuk ditemukan dan memiliki harga yang murah. Lalu apakah tempe mengandung protein.

Protein merupakan zat gizi yang dibutuhkan tubuh agar berbagai fungsi di dalamnya dapat berjalan dengan lancar. Oleh karenanya kebutuhan akan protein ini harus selalu dipenuhi untuk kepentingan kesehatan.

Nutrisi ini sangat memegang peran penting pada hampir seluruh proses biologi dalam makhluk hidup, khususnya manusia. Oleh karena itu, manfaat mengonsumsi makanan yang mengandung protein akan sangat baik untuk tubuh.

Berikut ini adalah fungsi dari protein:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Membangun dan memelihara jaringan manusia.
  • Sebagai pengangkut dan penyimpan zat-zat yang penting dalam tubuh.

Masih banyak fungsi protein lainnya yang berkaitan dengan tubuh. Sehingga makanan yang mengandung protein sebenarnya sangat berjasa untuk kesehatan kita semua. Dari sekian banyaknya pilihan bahan pangan, apakah tempe menjadi salah satunya?


Semangkok tempe (sumber: canva)

Apakah Tempe Mengandung Protein?

Tempe adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai. Di mana kacang kedelai ini harus difermentasikan terlebih dahulu oleh mikroorganisme. Bahan pangan ini memiliki tekstur yang kering dan cara mengolahnya pun sangat mudah.

Walaupun hanya diolah dengan cara yang simpel, tempe bisa menjadi menu makan yang lezat, tidak kalah dengan bahan pangan lainnya.

Tempe mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Walupun terlihat murahan, tempe menjadi bahan pangan yang memiliki kandungan protein sangat tinggi tetapi rendah lemak.

Tidak hanya itu, tempe juaga masih memiliki kandungan nurisi lainnya seperti kalisum, fosfor, vitamin B12, thiamin, dan retinol. Bahkan berbagai zat gizi dalam tempe ini jumlahnya lebih tinggi daripada nutrisi yang ada pada daging sapi.

Selain itu, tempe juga mengandung karbohidrat, serat, riboflavin, asam pantotenat, dan masih banya senyawa baik lainnya yang tidak ada pada dalam bahan protein lainnya.

Artinya, bahan pangan tempe ini sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari karena bisa memenuhi kebutuhan tubuh.

Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh

Selain membahas apakah tempe mengandung protein, manfaat tempe ternyata banyak sekali untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat tempe yang akan kita dapatkan ketika mengonsumsi tempe:

  1. Sumber Protein yang Baik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan protein dalam tempe ternyata lebih besar daripada daging sapi. Setiap 100 gram tempe bisa menyumbang asupan protein sebesar 20 gram.

Hal ini dapat memenuhi kebutuhan protein kita sehari-hari.

  1. Sebagai Antioksidan Tinggi

Tempe juga bermanfaat untuk antioksidan yang tinggi untuk tubuh. Secara tidak langsung tempe bisa mencegah penyakit kanker.

  1. Memenuhi Kebutuhan Kalsium

Zat gizi kalsium umumnya identik dengan minuman susu. Namun, tempe ternyata tidak kalah dengan susu, di mana kandungan kalsium dalam tempe bisa lebih tinggi daripada susu. Satu gram tempe bisa mengandung kalsium sebanyak 155 mg.

  1. Mengontrol Gula dalam Darah

Dalam tempe terdapat senyawa isoflavon dan serat yang berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah dan memperbaiki resistensi insulin. Artinya, kita, khhususnya penderita asam lambung sangat boleh untuk mengonsumsi tempe. Selain itu, tempe juga membantu menurunkan risiko diabetes.


Tempe daun (sumber: canva)

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas, pertanyaan mengenai apakah tempe mengandung protein sudah terjawab. Tempe adalah bahan pangan yang memiliki protein sangat tinggi, bahkan melebihi protein dalam daging sapi.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan dengan 7 Jenis Makanan yang Mengandung Protein

Selain itu, manfaat tempe untuk kesehatan sangat beragam. Artinya, tempe adalah bahan pangan yang sangat rekomendasi untuk dikonsumsi.

Demikian ulasan mengenai apakah tempe mengandung protein beserta manfaatnya, semoga dapat bermanfaat.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles