Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
 

Tinggi Protein, Berikut 5 Manfaat Tahu untuk Kesehatan

Bersama tempe, tahu adalah makanan yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, apakah tahu mengandung protein? Zat gizi protein sangat diperlukan oleh semua orang, khususnya bagi anak-anak yang sedang mengalami pertumbuhan. Kebutuhan protein yang paling besar ini diperlukan oleh para remaja yang tengah memasuki masa pendewasaan. Namun, orang-orang dewasa ataupun orang lanjut usia pun tetap membutuhkan nutrisi protein ini. Kebutuhan orang akan protein pun berbeda-beda, tergantung jenis kelamin dan usia dari orang itu sendiri. Protein sangat dibutuhkan karena memiliki fungsi-fungsi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat protein bagi tubuh:
  • Meningkatkan laju reaksi dalam tubuh dengan selektif dan efektif (katalisis enzim).
  • Mengantarkan zat-zat yang penting ke seluruh tubuh.
  • Koordinasi gerak dan komunikasi antar bagian dalam tubuh.
  • Membangun dan memelihara jaringan manusia.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
Oleh karenanya, kebutuhan protein memang harus terpenuhi setiap harinya. Pada umumnya, kebutuhan protein akan terpenuhi dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat dan berprotein tinggi. Protein ini bisa kita dapatkan dari mana saja, baik dari tumbuhan ataupun hewan. Lalu apakah tahu menjadi salah satu di antaranya?

Semangkok tahu (sumber: canva)

Apakah Tahu Mengandung Protein?

Tahu adalah bahan pangan yang ternyata berasal dari ekstrak protein kacang kedelai. Makanan berwarna putih dan padat ini merupakan bahan pangan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Tahu sebenarnya berasal dari negara China dengan nama “tao hu”. Kata “tao” berarti kacang, sedangkan kata “hu” memiliki arti hancur. Artinya, bahan tahu memiliki nama yang berarti makanan yang terbuat dari kacang kedelai dengan proses penghancuran. Oleh karena itu, tahu adalah makanan padat yang cara pembuatannya melalui pemekatan protein kedelai. Setelah pekat, protein ini kemudian dicetak dengan pengendapan protein pada titik isoletrik globulin kacang kedelai. Beberapa senyawa kimia atau nutrisi yang ada pada tahu antara lain: kalori, air, protein, serat, natrium, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi. Air dan protein merupakan komposisi terbesar dari tahu. Tahu memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya dan harganya pun murah di pasaran. Selain itu, tahu cocok untuk diolah menjadi masakan apa saja. Alasan ini lah yang membuat tahu menajdi populer dan digemari masyarakat Indonesia.

Tahu dalam wadah (sumber: canva)

Manfaat Tahu bagi Kesehatan

Selain membahas apakah tahu mengandung protein, kini kita akan mengulas apa saja sih manfaat tahu ini. Melihat kandungan nutrisi yang banyak pada tahu, pastinya bahan pangan ini memberikan manfaat untuk tubuh kita. Berikut adalah manfaat yang kita dapatkan jika mengonsumsi tahu:
  1. Kadar gula darah akan semakin terkontrol karena kandungan isoflavon pada tahu.
  2. Kandungan kalisum pada tahu dapat meningkatkan kekuatan tulang.
  3. Membantu memelihara kesehatan dan fungsi otak.
  4. Bisa menjadi makanan untuk menurunkan kolesterol.
  5. Mengurangi risiko penyakit kanker karena tahu memiliki kandungan antioksidan.
Sebenarnya manfaat tahu ini hampir sama dengan manfaat dari tempe karena bahan dasarnya pun sama. Hanya saja proses pembuatan antara kedua bahan ini berbeda dan kandungan nutrisi lainnya.

Kesismpulan

Melalui uraian di atas terjawab sudah pertanyaan mengenai apakah tahu mengandung protein. Sama seperti tempe, tahu adalah bahan pangan yang mengandung protein tinggi. Bahkan kandungan ini mencapai lebih dari 10 gram setiap 100 gram tahu.Baca Juga: Berikut ini Makanan dengan Tinggi ProteinArtinya, tahu ini bisa menjadi salah satu bahan pangan yang dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan protei tiap harinya. Selain itu, tahu juga memiliki berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahan pangan ini pun juga sangat mudah untuk ditemukan, baik di super market, pasar tradisional, toko sayur, dan lain sebagainya. Demikian ulasan mengenai apakah tahu mengandung protein beserta manfaatnya. Semoga dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Kategori:

Info Protein