Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
 

Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Makan Mi?

Penderita asam lambung perlu menghindari makanan tertentu supaya penyakit asam lambung tidak kambuh. Makanan yang perlu dihindari bagi penderita asam lambung, yaitu makanan bertepung karena berkabohidrat tinggi, semacam mi dan bihun.

Namun, di sisi lain, mii adalah makanan favorite semua kalangan. Baik dari anak kecil hingga lansia. Tapi sebenarnya, apakah penderita asam lambung boleh makan mi?

Kandungan Mi Instan yang Berdampak bagi Asam Lambung

Mi instan yang terbuat dari tepung terigu mengandung karbohidrat tinggi. Di dalam 85 gram mi instan, terdapat karbohidrat sebesar 66 gram.

Dan 66 gram karbohidrat dalam mi instan ini lebih tinggi dibandingkan karbohidrat pada 100 gram nasi. Selain itu, mi instan juga lebih tinggi kalori dan lemak.

Pada dasarnya, terkadang tubuh tidak bisa menyerap karbohidrat dari makanan yang kita konsumsi sehingga karbohidrat tersebut akan mengendap di usus dan berfermentasi.

Hal ini membuat gas menggelembung ke perut dan kerongkongan sehingga memperburuk masalah pencernaan. Makan makanan tinggi karbohidrat ini juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan (refluks) sehingga tidak disarankan bagi penderita.

Selain tinggi karbohidrat, mi instan juga memiliki kandungan yang sulit dicerna oleh tubuh seperti lemak dan makan makanan berlemak akan memperlambat kerja sistem pencernaan.

Kadar lemak di dalam mi instan juga tergolong tinggi. Dalam 85 gram mi instan, mengandung 18,8 gram lemak, kandungan lemak tersebut bisa meningkatkan tekanan asam lambung.

Lemak juga bisa merangsang hormon yang memicu lemahnya otot esofagus. Akibatnya, asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan.

Makanan tinggi lemak juga sulit dicerna sehingga pengosongan lambung juga menjadi lebih lambat. Hal ini yang akan membuat produksi asam lambung semakin meningkat.

Konsumsi mi instan biasanya juga didukung oleh kondimen lain yang memunculkan rasa pedas, asam, dan asin berlebih.

Berdasarkan hal tersebut, pertanyaan soal, "Apakah penderita asam lambung boleh makan mi?" telah terjawab.

Meski tidak disarankan namun bagi penderita asam lambung jika tetap mengonsumsi mi instan dengan ketentuan seperti beirkut ini:

1. Jangan Makan Mi Instan dengan Rasa Asam atau Pedas

Mi instan memiliki rasa yang beragam, dari pedas hingga asam, terutama saat diolah menjadi mi kuah. Terkadang, untuk membuat cita rasa mi kuah menjadi lebih nikmat, tidak jarang kita menambahkan cabai dan jeruk nipis. Maka bagi penderita asam lambung, sebaiknya jangan mengonsumsi mi instan yang dicampur dengan cabai dan jeruk nipis. Sebab, makanan pedas dan asam juga bisa membuat produksi asam lambung meningkat yang meningkatkan risiko terjadinya refluks. Selain itu, cabai dan jeruk nipis ini juga termasuk makanan yang tidak baik untuk penderita asam lambung.

2. Batasi Porsi Mi Instan

Mi instan dikenal dengan makanan yang nikmat, tapi tidak bisa dipungkiri kalau mi instan tinggi karbohidrat. Konsumsi mi instan yang tinggi karbohidrat ini bisa meningkatkan risiko terjadinya asam lambung. Itu sebabnya membatasi porsi mi instan sangat perlu dilakukan agar karbohidrat yang kita konsumsi tidak berlebihan.

3. Kombinasikan dengan Makanan Bergizi Lainnya

Penderita asam lambung sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi. Namun, terkadang kita lebih senang mengonsumsi mi instan dengan campuran nasi dibandingkan sayuran. Padahal, mi instan dan nasi sama-sama makanan yang rendah nutrisi, tapi tinggi karbohidrat. Oleh karena itu, saat makan mi instan, sebaiknya menggunakan campuran sayuran yang aman bagi penderita asam lambung.

Tips Umum Meredakan Penyakit Asam Lambung

Selain menghindari konsumsi mi, Anda juga bisa menerapkan beberapa hal untuk meredakan asam lambung. Berikut tips umum untuk redakan asam lambung:

1. Konsumsi buah dan sayur yang baik untuk penderita asam lambung.
2. Menerapkan pola hidup sehat.
3. Stop merokok dan konsumsi alkohol.
4. Kelola stres dengan baik dan istirahat yang cukup.
5. Mengatur pola makan dan hindari makan makanan pemicu asam lambung.

Alankah lebih bijak untuk mengindari makan mie instan bagi penderita asam lambung. Masih banyak lauk pauk yang cocok dan ramah bagi penderita GERD.

Selain menghindari konsumsi mi dan menerapkan tips untuk redakan asam lambung, kami merekomendasikan Nutriflakes untuk membersamai Anda menjadi lebih sehat.

Nutriflakes adalah sereal sehat kaya nutrisi, dan terbuat dari bahan alami berkualitas yang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan. Karena terbuat dari bahan alami, Nutriflakes juga aman dikonsumsi dalam jangka panjang dan tidak menimbulkan efek samping. Konsumsi Nutriflakes bisa meredakan asam lambung secara bertahap.

Dengan demikian, Nutriflakes bisa menjadi pilihan yang baik untuk membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan lambung serta penerapan pola makan sehat dengan mudah.