Pada dasarnya, diet adalah pola makan di mana jenis makanan dan cara konsumsi makanan sangat diperhatikan. Tidak sedikit pula orang mengartikan diet sebagai “mengurangi porsi makan”. Tapi hal tersebut memang menimbulkan pertanyaan seputar, apakah mengurangi porsi makan bisa menurunkan berat badan (diet)?

Saat ingin menurunkan berat badan, biasanya hal pertama yang terpikirkan adalah porsi makan. Porsi makan memang salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat menurunkan berat badan karena berpengaruh terhadap asupan kalori tubuh. Tapi dalam penerapannya, keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh juga tidak boleh diabaikan.

Mengurangi porsi makan dengan cara yang tepat diperbolehkan selama nutrisi yang kamu butuhkan terpenuhi dan tubuh tidak lemas atau kelaparan. Maka dari itu, kamu memerlukan cara yang tepat untuk mengurangi porsi makan.

Cara Tepat Mengurangi Porsi Makan

Mengurangi porsi makan sama artinya dengan makan dalam porsi lebih kecil atau lebih sedikit. Tapi pada dasarnya, kunci dari penurunan berat badan adalah defisit kalori.

 Sehingga, kamu tetap bisa makan banyak dan mengenyangkan, tapi makanan yang dikonsumsi harus berkalori rendah dan bernutrisi.

Berikut cara mengurangi porsi makan yang tepat:

1. Makan dengan Piring Lebih Kecil

Seseorang cenderung menentukan seberapa banyak porsi makan berdasarkan ukuran piring yang digunakan. Sehingga, makan dengan piring lebih kecil bisa membantu kamu untuk mengurangi porsi makan. Kamu bisa makan menggunakan piring berdiameter 23 hingga 25 sentimeter.

2. Terapkan Mindful Eating

Mindful eating akan mendorong kamu untuk makan penuh kesadaran, seperti makan secara perlahan dan mengunyah hingga makanan benar-benar halus. Mindful eating akan membuat seseorang merasa cepat kenyang dan mengurangi makan berlebihan.

Mindful eating akan membuat seseorang lebih fokus pada makanan, seperti tidak bermain gedget saat makan, sehingga sinyal kenyang juga bisa dirasakan. Apabila kamu bisa merasakan sinyal kenyang, tidak mendorong kamu untuk makan berlebihan.

3. Minum Air Putih Sebelum Makan

Minum air putih sebelum makan akan membuat kamu merasa lebih kenyang, sehingga kamu tidak makan berlebihan di saat jam makan tiba. Minum air putih bisa dilakukan 30 menit sebelum makan.

4. Isi Piring dengan Banyak Sayur dan Buah

Kamu bisa mengisi piring dengan banyak sayuran dan buah yang tinggi serat, sehingga membuat kamu kenyang lebih lama. Apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak sekalipun, sayur dan buah tetap rendah kalori, tapi kaya nutrisi.

5. Atur Konsumsi Karbohidrat

Kamu bisa mengisi piring dengan seperempat karbohidrat sementara sisanya diisi dengan sayuran dan lauk. Pertimbangkan pula sumber karbohidrat, di mana nasi bisa diganti dengan beras merah atau kentang.

6. Mengurangi Porsi saat Makan di Luar

Tidak jarang makan di luar akan menjadi kesempatan emas, sehingga kita cenderung berpikir, “mumpung di luar, sesekali makan banyak.” Padahal, porsi makan di luar juga harus dikurangi.

Pada dasarnya, mengurangi porsi makan juga bertujuan untuk mengurangi asupan kalori yang masuk ke tubuh tanpa mengabaikan nutrisi dari makanan itu sendiri, sehingga tubuh tetap merasa kenyang dan mendapatkan nutrisi yang seimbang.

Mengurangi porsi makan bisa menurunkan berat badan secara efektif selama mengurangi porsi makan dilakukan dengan tepat.

Kamu bisa mengurangi asupan kalori, tapi tetap memilih jenis makanan yang bernutrisi. Apabila mengurangi porsi makan tanpa memperhatikan kebutuhan nutrisi, justru bisa menimbulkan efek negatif.

Efek negatif mengurangi porsi makan dengan cara tidak tepat dan berlebihan, yaitu lemas, lelah, diare, konstipasi, hingga mual.

Jadi, mengurangi porsi makan memang bisa menurunkan berat badan, asalkan dilakukan dengan baik dan benar.

banner_pemesanan_nutriflakes

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles