Apakah kamu termasuk orang yang menyantap suatu hidangan makanan dengan terburu-buru dan tidak fokus? Jika iya, berarti kamu belum menerapkan apa itu mindful eating.

Aktivitas menyantap hidangan atau makanan dengan menikmati secara penuh kesadaran, fokus terhadap sajian itu bisa disebut dengan mindful eating.

Kesadaran tersebut mulai berkurang di era yang serba cepat seperti saat ini. Padahal filosofi dari mindful eating sangat baik dan konsepnya bermnafaat bagi kesehatan.

Mindful Eating bukan Sekedar Makan berikut Manfaatnya

Lebih dari sekedar makan, ketika kamu menerapkan mindful eating kamu akan diajarkan untuk menghargai sekaligus mengetahui apa yang sedang disantap.

Indra dan emosionalmu akan ikut berperan menikmati hidangan. Secara penuh secara sadar dengan makanan dan minuman yang sedang dinikmati.

Mindful eating akan membuat kamu lebih bersyukur atas nikmat Tuhan yang sudah dilimpahkan. Hal tersebut yang akan memberikan manfaat bagi kesehatan, karena kamu memiliki kontrol penuh mengendalikan hawa nafsu.

Berikut ini beberapa manfaat mindful eating jika diterapkan:

1. Lebih Bijak dalam Memilih Makanan

Mindful eating akan membuat kamu lebih bijak dalam memilih makanan, bijak dalam arti kamu lebih cerdas mana makanan sehat mana yang kurang baik dikonsumsi.

2. Lebih Menghargai Makanan

Saat hidangan makanan sudah disajikan maka selayaknya adab sopan santun saat mengonsumsinya. Makan dengan porsi secukupnya, diawali dengan berdoa, menggunakan tangan kanan, makan dengan perlahan tanpa menyisakannya di piring.

3. Tahu Mana Makanan yang Kurang Sehat

Menerapakan mindful eating membuat kamu mengetahui kapan merasakan “lapar mata” yang memicu untuk mengonsumsi makanan yang kurang sehat bagi tubuh.

4. Membantu Mencegah Penyakit

Dapat membantu dalam perawatan gangguan makan seperti eating disorders, stress eating, binge eating, obesitas, bahkan diabetes.

5. Gaya Hidup Sehat

Karena asupan dari makanan diperhatikan dengan penuh kesadaran, maka mindful eating termasuk dalam salah satu gaya hidup sehat untuk hidup yang bahagia.

Penerapan mindful eating dalam kehidupan sehari-hari akan memberikan makna tersendiri dari apa itu makan dan makanan.

Makanlah perlahan, jangan terburu-buru, hal sederhana tersebut bisa memiliki dampak yang besar bagi kesehatan dan tubuh.

Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan apabila kamu mengalami gangguan makan. Intip juga tips kesehatan yang lainnya dengan cara klik disini jangan sampai kamu ketinggalan update. See yaa!

About the Author

Nutriflakes

Editor

Tim Nutriflakes merupakan sebuah divisi khusus dalam penerbitan konten pada official website nutriflakes.id

View All Articles