Dewasa ini, tidak sedikit bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Salah satu bahan alami yang dinilai dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan flek hitam di wajah adalah daun kelor. Tapi benarkah daun kelor dapat menghilangkan flek hitam di wajah?

Flek hitam merupakan masalah kulit, ditandai dengan timbulnya bintik hitam pada wajah, lengan, bahu, dan bagian tubuh lainnya.

Flek hitam dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti:

– Paparan sinar ultraviolet.
– Masalah kulit.
– Obat-obatan.
– Kondisi tertentu.
– Faktor lingkungan.
– Genetik.

Pada dasarnya, flek hitam pada wajah tidak perlu dikhawatirkan karena tidak menimbulkan dampak buruk, sehingga tidak memerlukan perawatan. Hanya saja, beberapa orang memilih untuk menghilangkan flek hitam di wajah karena alasan penampilan.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu menghilangkan flek hitam pada wajah, baik secara alami ataupun secara medis. Berbicara mengenai cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan bahan alami, apakah daun kelor dapat menghilangkan flek hitam di wajah?

Daun kelor memang sejak dahulu dikenal akan manfaatnya bagi kesehatan, tidak terkecuali bagi kulit. Sehingga, banyak orang yang percaya bahwa menangani masalah flek hitam ini dapat menggunakan daun kelor.

Manfaat kelor dapat menghilangkan flek hitam di wajah berkat kandungan nutrisi di dalamnya yang baik untuk kulit.

Berikut kandungan nutrisi daun kelor:

Daun kelor tinggi kandungan kalium dan vitamin C. Bahkan, vitamin C pada daun kelor setara dengan 7 kali vitamin C pada jeruk. Sementara itu, kadar kalium pada kelor 15 kali lipat lebih banyak daripada buah pisang.

Kelor juga mengandung protein, vitamin A, vitamin B2, dan vitamin B6. Mineral yang terkandung di dalamnya berupa, zat besi, kalsium, dan magnesium.

Daun kelor juga terkenal dengan kandungan antioksidan dan asam amino esensial.

Apakah daun kelor dapat menghilangkan flek hitam di wajah? Maka jawabannya adalah ya, daun kelor dapat membantu menghilangkan flek hitam di wajah berkat kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Untuk mendapatkan manfaat daun kelor dalam menghilangkan flek hitam di wajah, tentunya pengolahan daun kelor untuk diaplikasikan pada wajah dapat dilakukan dengan cara dijadikan sebagai masker wajah.

Manfaat Daun Kelor untuk Kulit Wajah

1. Membantu Tingkatkan Produksi Kolagen
Kandungan vitamin C tinggi pada daun kelor dapat membantu meningkatkan kolagen di dalam kulit.

2. Membantu Kurangi Jerawat di Wajah
Bagi seseorang yang memiliki kulit berjerawat, terdapat kandungan di dalam daun kelor yang dapat membantu mengontrol minyak berlebih pada wajah, penyebab kulit berjerawat.

3. Membantu Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
Daun kelor tinggi antioksidan yang dapat membuat sel kulit lebih efektif dan optimal dalam melakukan regenerasi kulit. Sehingga, kulit akan terus memiliki sel baru yang sehat dan kuat.

Untuk mendapatkan manfaat daun kelor tersebut, tentunya diperlukan cara pengolahan daun kelor yang tepat untuk wajah, sebagai berikut:

  • Siapkan 5 lembar daun kelor yang telah dihaluskan.
  • Siapkan 4 hingga 6 tetes air mawar.
  • Siapkan 1 buah mangkuk bersih untuk masker.
  • Siapkan 1 buah kuas masker.
  • Apabila Anda tidak memiliki bubuk daun kelor, dapat menggunakan daun kelor segar, kemudian menghaluskannya menjadi butiran yang lembut.
  • Campurkan daun kelor dengan air mawar di mangkuk masker, kemudian aduk hingga merata.
  • Masker siap digunakan.
  • Agar terasa lebih segar saat diaplikasikan, masker dapat dimasukkan ke dalam kulkas.

Selamat mencoba, ya! Semoga informasi yang kami sajikan dapat memberikan manfaat.

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles