Karbohidrat, sebuah senyawa yang sangat penting dan manusia sangat membutuhkannya untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Disebut senyawa karena zat gizi ini memiliki unsur penyusun karbohidrat dalam rumus karbohidrat.

Makhluk hidup atau manusia yang tidak bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat akan terganggu aktivitas tiap harinya. Karbohidrat adalah zat gizi atau nutrisi yang tubuh butuhkan agar dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.

Sehingga beberapa sistem dalam tubuh manusia dapat berjalan dengan lancar dengan mendapatkan tenaga dari karbohidrat ini. Zat gizi karbohidrat memiliki fungsi sebagai sumber energi yang paling utama untuk tubuh.

Oleh karena itu, seseorang, khususnya penderita asam lambung, sangat membutuhkan karbohidrat ini untuk memulai akivitas sehari-hari. Selain itu, karbohidrat juga memiliki manfaat lainnya dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:

  • Menghemat protein dalam tubuh.
  • Membantu metabolisme pada lemak.
  • Membantu mengeluarkan feses dari dalam tubuh.
  • Memberi rasa manis pada makanan.

Baca Juga: Makanan dengan Sumber Karbohidrat yang Tinggi

Unsur Penyusun Karbohidrat

Senyawa karbohidrat ini tersusun dari tiga unsur senyawa kimia, yaitu karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat adalah polihidroksi aldehida dan polihidroksi keton atau zat-zat yang jika dihidrolisis akan menghasilkan derivat dari senyawa tersebut.

senyawa karbohidrat
Penyusun karbohidrat (sumber: canva)

Senyawa karbohidrat merupakan gabungan banyak gugus dalam fungsi hidroksil. Selain itu, karbohidrat dianggap sebagai senyawa yang terbentuk secara alami menurut Encyclopedia Britannica.

Artinya, unsur penyusun utama pada zat karbohidrat ini adalah karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Sedangkan rumus empiris dalam senyawa karbohidrat ini adalah Cn(H2O)n, yang dihasilkan dari proses fotosintesis oleh tumbuhan.

Lebih detailnya, karbohidrat dibentuk oleh tanaman hijau lewat karbon dioksida dan air saat proses fotosintesi. Oleh karena itu, karbohidrat ini merupakan zat organik yang sangat melimpah dan tersebar luas di alam.

Sifat Senyawa Karbondioksida

Selain memiliki unsur penyusun dan rumus kimia, karbohidrat juga memiliki beberapa sifat yang didasari dari golongannya. Berikut ini adalah beberapa sifat dari karbohidrat.

Pertama, golongan monosakarida memiliki sifat sebagai berikut:

  • Memiliki rasa yang manis.
  • Dapat larut dalam air.
  • Mempunyai sifat yang optis aktif.
  • Bersifat sebagai gula pereduksi.

Kedua, golongan disakarida memiliki sifat sebagai berikut:

  • Memiliki rasa yang manis.
  • Bisa larut dalam air.
  • Hasil dari hidrolisir dua monosakarida yang sejenis ataupun berlawanan jenis.
  • Sebagian bersifat gula pereduksi, tapi ada juga yang bukan merupakan gula pereduksi.

Ketiga, golongan polisakarida yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

  • Amilum yang bersifat: berwarna biru ketika bercampur dengan larutan iudium dan hasil dari hidrolisir dengan asam akan terbentuk dekstrin yang kemudian akan berubah menjadi glukosa.
  • Glikogen yang bersifat: berubah menjadi warnah ketika bercampur dengan larutan iudium, dapat mereduksi larutan Fehling, larut dalam air, akan terbentuk glukosa ketika hidrolisir dengan asam, dan akan terbentuk maltose saat hidrolisir dengan enzim diastase.


Kata karbohidrat (sumber: canva)

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas, karbohidrat ternyata memiliki unsur penyusun dan sifat yang beragam. Unsur penyusun utama dalam karbohidrat adalah karbon, hidrogen, dan oksigen dengan rumus karbohidrat kimia Cn(H2O)n.

Selain itu, sifat dari karbohidrat sendiri tergantung dengan golongan pada senyawa karbohidrat ini.

Walaupun sangat berarti untuk kehidupan, mengonsumsi karbohidrat yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Salah satu akibatnya adalah berat badan yang meningkat dan bisa menyebabkan obesitas.

Di mana obesitas ini bisa menjadi sumber dari berbagai penyakit, seperti kolesterol, penyakit jantung, dan lain-lain. Kita bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat yang cukup dengan mengonsumsi Nutriflakes.

Sebuah sereal sehat yang menggunakan umbi garut sebagai bahan utamnya dan sumber karbohidratnya.

Demikian ulasan mengenai unsur penyusun karbohidrat yang perlu kita ketahui, semoga dapat bermanfaat!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles