Dada Anda terasa panas dan sesak seperti sensasi terbakar? Kondisi ini bisa jadi tanda bahwa Anda mengalami heartburn. Heartburn ini biasanya sering dikaitkan dengan penyakit GERD, yaitu kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan sehingga menyebabkan iritasi, rasa panas, dan rasa sesak pada dada. Lalu, bagaimana cara mengatasi dada terasa panas dan sesak?

Berikut Cara Mengatasi Dada Terasa Panas dan Sesak

  1. Atur Posisi Tidur

Cara mengatasi dada terasa panas dan sesak di malam hari adalah dengan mengatur posisi tidur. Mengatur posisi tidur terdengar sederhana, tapi ternyata mengatur posisi tidur sangat penting. Apabila asam lambung naik yang menyebabkan dada terasa panas dan sesak seperti sensasi terbakar, maka Anda perlu mengatur posisi tidur.

Posisikan tubuh agar kepala dan dada memiliki posisi yang lebih tinggi daripada kaki saat sedang tidur. Selain itu, Anda juga bisa meletakkan baji busa di bawah kasur agar kasur menjadi lebih tinggi pada titik tertentu. Hal ini bertujuan agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan yang mengakibatkan timbulnya rasa panas dan sesak pada dada. Oleh karena itu, mengatur posisi tidur menjadi salah satu cara untuk mengatasi dada terasa panas dan sesak.

  1. Mengenakan Baju yang Longgar

Menggunakan baju yang terlalu ketat seperti celana jeans ataupun baju kaus bisa membuat area perut menjadi tertekan. Area perut yang tertekan bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan sehingga mengakibatkan gejala heartburn, yaitu dada terasa panas dan sesak. Oleh karena itu, mengenakan baju yang longgar merupakan salah satu cara mengatasi dada terasa panas dan sesak.

  1. Konsumsi Pisang

Pisang bersifat basa sehingga bisa menetralkan asam lambung. Selain itu, pisang kaya akan kandungan kalium yang bisa meningkatkan produksi lendir pada lambung sehingga membantu mencegah penumpukan asam lambung berlebih. Tingginya kandungan kalium pada pisang juga bisa membantu meredakan sensasi panas di dada saat asam lambung naik. Oleh karena itu, konsumsi pisang sebagai camilan sangat direkomendasikan serta merupakan salah satu cara mengatasi dada terasa panas dan sesak.

  1. Konsumsi Air Jahe

Jahe mengandung zat fenolik yang bisa membantu meredakan penyakit asam lambung. Sifat antioksidan dan antiradang pada jahe juga bisa meredakan peradangan dan mengurangi produksi asam lambung. Zat fenolik dan flavonoid pada jahe bisa membuat otot-otot di dinding lambung menjadi lebih rileks sehingga bisa mencegah naiknya asam lambung dan menurunkan risiko dada terasa panas serta sesak. Oleh karena itu, konsumsi air jahe bisa menjadi salah satu cara mengatasi dada terasa panas dan sesak.

  1. Mengunyah Permen Karet

Saat mengunyah permen karet, produksi air liur akan lebih banyak daripada saat tidak mengunyah permen karet. Sementara itu, permen karet mengandung bikarbonat yang bisa menetralkan pH asam lambung. Jadi, saat air liur diproduksi lebih banyak, asam lambung akan dinetralkan sehingga gejala GERD seperti dada terasa panas dan sesak menjadi berkurang. Oleh karena itu, mengunyah permen karet bisa menjadi salah satu cara mengatasi dada terasa panas dan sesak.

Mengatasi dada terasa panas dan sesak bisa dilakukan dengan beberapa cara di atas. Hanya saja, selain mencegah ketika rasa panas dan sesak pada dada muncul, Anda harus melakukan pencegahan jauh sebelum rasa sesak dan panas pada dada kambuh yaitu dengan cara konsumsi Nutriflakes.

Nutriflakes merupakan sereal umbi garut yang bisa membersamai Anda untuk menjadi lebih sehat. Selain membersamai Anda untuk menjadi lebih sehat, dengan konsumsi Nutriflakes bisa membantu mencegah penyakit asam lambung sehingga risiko dada terasa panas dan sesak bisa diatasi.

Nutriflakes mengandung bahan utama berupa umbi garut yang sangat bermanfaat untuk meredakan asam lambung. Umbi garut juga memiliki sifat khas, yaitu bisa mendinginkan perut yang membantu mencegah terjadinya risiko asam lambung. Oleh karena itu, konsumsi Nutriflakes bisa manjadi salah satu cara pencegahan jangka panjang yang efektif dalam mengatasi dada terasa panas dan sesak.

Referensi:

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles