Sayuran yang Mengandung Kalium — Manfaat sayuran bagi kesehatan sangat beragam karena sayuran mengandung vitamin, mineral, dan serat. Salah satu jenis mineral yang sangat penting bagi tubuh adalah kalium.

Kalium memang tidak bisa dihasilkan secara alami oleh tubuh, namun kalium bisa diapatkan dari sayuran yang kita konsumsi. Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis sayuran yang mengandung kalium tinggi?

Sebelum membahas mengenai sayuran yang mengandung kalium tinggi, mari kita kupas terlebih dahulu mengenai apa itu kalium.

Apa itu Kalium?

Kalium atau disebut potasium adalah salah satu jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kalium bisa melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Untuk mendapatkan kalium, bisa dengan cara makan sayur dan buah.

Manfaat kalium juga sering dihubungkan dengan perannya sebagai salah satu jenis elektrolit di dalam tubuh. Elektrolit ini sendiri memiliki fungsi sebagai pengatur cairan tubuh, menghantarkan sinyal listrik pada saraf, dan mengatur kontraksi otot.

Manfaat kalium bagi kesehatan tubuh, antara lain:

  • Membantu mengendalikan tekanan darah
  • Membantu memelihara fungsi saraf
  • Membantu kesehatan jantung dan pembuluh darah
  • Membantu kepadatan tulang
  • Membantu mencegah kram otot
  • Membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kemenkes RI, orang dewasa membutuhkan 4.700 miligram kalium per hari. Sementara itu, ibu hamil dan menyusui membutuhkan asupan kalium lebih banyak, yaitu hingga 5.100 miligram per hari.

Tubuh seseorang yang kekurangan kalium bisa mengalami hipokalemia, yaitu kondisi di mana kadar kalium di dalam darah lebih rendah daripada batas normal.

Itu sebabnya, penting bagi kita untuk memenuhi asupan kalium tubuh dengan konsumsi sayuran.

Sayuran yang Mengandung Kalium

1. Bayam

Siapa yang tidak kenal dengan sayur bayam? Selain sering diolah menjadi sayur bening, bayam memang terkenal dengan segudang vitamin dan mineral di dalamnya. Ternyata, bayam juga termasuk sayuran yang mengandung kalium tinggi, lho. Dalam 100 gram bayam segar, terkandung 456,4 miligram kalium.

Tidak hanya mengandung kalium, bayam juga mengandung vitamin A, vitamin K, dan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh

2. Buah Bit

Buah bit. Meskipun dinamakan buah bit, ternyata buah bit ini termasuk ke dalam jenis sayuran, lho. Buah bit berbentuk seperti lobak, tapi berwarna merah kuat. Kalium di dalam buah bit berasal dari kandungan pemberi warna merah pada daging buah bit ini sendiri. Dalam 100 gram buat bit mengandung sekitar 404,9 miligram kalium. Itu sebabnya buah bit termasuk ke dalam sayuran yang mengandung kalium tinggi.

Selain mengandung kalium yang tinggi, buah bit ini juga kaya kandungan folat dan antioksidan. Antioksidan di dalam buah bit juga berasal dari pigmen pemberi warna merah alami pada daging buah bit.

3. Kentang

Semua orang mengenal kentang. Tapi siapa yang mengira kalau kentang termasuk sayuran mengandung kalium tinggi. Kentang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik. Selain sumber karbohidrat, ternyata kentang juga merupakan sumber kalium yang tinggi. Dalam 100 gram kentang, terdapat kandungan kalium sebanyak 396 miligram.

Sebagian besar kalium terdapat di dalam daging kentang dan satu per tiganya terdapat di kulit kentang. Jadi, kita bisa konsumsi kentang dengan kulitnya. Meskipun kentang bisa dikonsumsi dengan kulitnya, kita juga harus memastikan kalau kulit kentang sudah dalam keadaan bersih, ya.

4. Brokoli

Salah satu sayuran yang mengandung kalium tinggi adalah brokoli. Di dalam 100 gram brokoli, mengandung sebanyak 293 miligram kalium. Kandungan kalium tinggi yang terdapat di dalam brokoli ini juga bisa mencukupi kebutuhan asupan kalium tubuh sebesar 6 persen, lho.

Selain mengandung tinggi kalium, brokoli juga bisa diolah menjadi makanan yang lezat seperti tumis brokoli, sayur bening brokoli, ataupun capcai.

5. Pakcoy

pakcoy_mengandung_kalium

Selain brokoli, pakcoy juga termasuk ke dalam sayuran yang mengandung kalium cukup tinggi. Di dalam 100 gram pakcoy terdapat kandungan kalium sebanyak 371 miligram. Kandungan kalium sebanyak ini sudah bisa mencukupi kebutuhan asupan kalium tubuh sebesar 8 persen.

Selain tinggi kalium, pakcoy juga tinggi vitamin C,  zat besi, kalsium, dan fosfor.

Sayuran mudah sekali kita temukan. Selain tinggi vitamin, sayuran juga tinggi mineral, terutama kalium. Itu sebabnya untuk mendapatkan asupan kalium, Anda bisa mengonsumsi jenis sayuran di atas, ya!

Baca juga: 5 Sayuran yang Aman Dikonsumsi untuk Penderita Asam Lambung

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles