Sensasi nyeri di bagian dada sebelah kanan sering diabaikan, padahal dapat mencerminkan masalah kesehatan serius. Jangan meremehkan sakit di sisi kanan dada, terutama jika disertai gejala tambahan seperti kesulitan menelan, sesak napas, atau denyut jantung yang tidak teratur.

Meskipun serangan jantung biasanya dikaitkan dengan rasa sakit di sisi kiri dada, rasa nyeri di sisi kanan dapat juga menjadi pertanda masalah jantung. Selain itu, gangguan pada paru-paru dan berbagai penyakit lainnya juga dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada bagian dada sebelah kanan.

Tanda dan Gejala Lebih Lanjut dari Nyeri Dada Sebelah Kanan

Nyeri di bagian dada kanan bisa disebabkan oleh berbagai kondisi dan penyakit. Penting untuk memahami bahwa nyeri dada merupakan gejala yang dapat berasal dari berbagai organ di dalam tubuh, seperti jantung, paru-paru, otot, tulang, atau organ pencernaan.

Karakteristik nyeri pada dada sebelah kanan bervariasi tergantung pada penyebabnya, dapat muncul secara episodik atau menetap. Terdapat pula sejumlah gejala penyerta yang mungkin dirasakan bersamaan dengan rasa sakit pada dada sebelah kanan, seperti:

·         Nyeri dada saat perubahan posisi tubuh.

·         Sensasi perih di dalam rongga dada atau di belakang tulang dada.

·         Nyeri dada yang tajam dan menusuk.

·         Perasaan dada terasa diremas dan ditekan.

·         Kesulitan bernapas dan nyeri saat bernapas, terutama dalam posisi berbaring.

·         Penyebab Lebih Rinci dari Nyeri Dada Sebelah Kanan

Gejala Nyeri Dada Sebelah Kanan Dapat Dipicu Berbagai Kondidi Kesehatan

·         Gangguan Jantung: Serangan jantung, penyakit jantung koroner, perikarditis, kardiomiopati hipertrofi, angina, dan diseksi aorta.

·         Gangguan Paru-paru: Pneumonia, pleuritis, pneumothorax, emboli paru, hipertensi paru, asma, dan penyakit paru obstruktif kronis.

·         Gangguan Pencernaan: Penyakit asam lambung, radang pankreas, hernia hiatal, dan tukak lambung.

·         Stres: Gangguan kecemasan atau stres dapat memicu serangan panik yang menyerupai gejala serangan jantung.

·         Otot Tegang: Aktivitas fisik atau olahraga yang melibatkan kerja otot dada dapat menyebabkan nyeri di sisi kanan dada.

·         Peradangan Hati: Peradangan hati dapat menimbulkan nyeri di sisi kanan dada karena letak hati yang berdekatan dengan dinding rongga dada kanan.

·         Cedera di Dada: Cedera pada tulang, otot, dan saraf di dada, khususnya di sisi kanan, dapat menyebabkan nyeri.

Baca juga: Dada Sakit Seperti Ditusuk: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Keberhati-hatian Saat Mengalami Nyeri Dada Sebelah Kanan

Dada mencakup berbagai organ vital, sehingga sangat penting untuk tidak menganggap enteng gejala nyeri dada. Segera konsultasikan diri ke dokter atau unit gawat darurat jika mengalami nyeri dada sebelah kanan dengan gejala tambahan seperti:

·         Kesulitan menelan.

·         Sesak napas yang tidak membaik.

·         Demam, menggigil, atau batuk berdahak berwarna kuning kehijauan.

·         Nyeri dada yang sangat intens atau tidak mereda.

·         Rasa nyeri yang menjalar ke rahang, lengan kiri, atau punggung.

·         Detak jantung yang sangat lambat atau tekanan darah yang sangat rendah.

·         Detak jantung yang sangat cepat, pusing, mual, pucat, dan keringat berlebih.

Penting untuk diingat bahwa nyeri dada selalu harus dianggap serius dan memerlukan penilaian medis. Jika Anda mengalami sakit dada sebelah Kanan seperti ditusuk, terutama jika disertai gejala lain seperti sesak napas, mual, atau nyeri menjalar ke lengan atau rahang, segera cari pertolongan medis. Hanya dokter yang dapat menentukan penyebab pasti dan memberikan perawatan yang sesuai.

Penanganan yang cepat akan sangat berperan dalam keberhasilan pengobatan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika mengalami nyeri dada sebelah kanan. Dengan begitu, Anda dapat menerima penanganan yang sesuai dan optimal sesuai dengan kondisi spesifik Anda.

About the Author

Rizkiawan Candra

Highly interested in content writing and passionate in digital contents. Currently learning about Search Engine Optimization.

View All Articles