Setiap orang belum tentu tahu bagaimana pola makan sehat bagi remaja. Padahal, usia remaja merupakan usia pertumbuhan di mana tubuh memerlukan nutrisi yang optimal untuk memaksimalkan daya kembang. Selain itu, usia remaja adalah usia paling aktif dan banyak melakukan aktivitas.

Tapi tidak bisa dipungkiri pula kalau tidak sedikit remaja memiliki pola makan yang tidak seimbang. Hal ini karena mereka lebih gemar makan makanan yang manis, asin, asam, pedas, berminyak, dan mengandung lemak berlebih.

Sebelum mengulas cara menerapkan pola makan sehat bagi remaja, yuk simak terlebih dahulu apa itu pola makan sehat!

Pola makan sehat adalah cara atau perilaku seseorang dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi dengan tujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Pola makan sehat juga bisa dikatakan sebagai perilaku mengonsumsi makanan yang bernutrisi serta sesuai dengan kebutuhan gizi harian tubuh.

Untuk memenuhi energi dan nutrisi, menu makanan yang beragam dan seimbang bisa diberikan pada anak remaja.

Mengutip dari John Hopkins Medicine, berikut rekomendasi pola makan sehat bagi anak remaja:

  • Makan sebanyak 3 kali sehari, tentunya dengan camilan sehat seperti buah,
  • Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dan kurangi penggunaan garam,
  • Minum air putih dan hindari minuman tinggi gula,
  • Konsumsi makanan yang seimbang,
  • Meminimalisir pengolahan makanan dengan cara digoreng (sebaiknya dipanggang),
  • Banyak konsumsi buah dan sayur,
  • Kurangi penggunaan mentega dan kuah yang kental,
  • Konsumsi lebih banyak ayam dan ikan, serta batasi asupan daging merah, terutama yang berlemak.
remaja_makan_sehat

Untuk menerapkan pola makan sehat, kita juga perlu memperhatikan asupan gizi seimbang dengan cara:

1. Cukupi Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi bagi anak remaja yang aktif dalam beraktivitas. Sumber karbohidrat ini bisa diperoleh dengan cara konsumsi nasi, kentang, dan ubi.

2. Banyak vitamin

Agar asupan nutrisi tubuh terlengkapi untuk membantu memaksimalkan daya kembang bagi remaja, sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayur. Sumber vitamin bisa diperoleh dari sayur seperti bayam, kangkung, wortel, dan buah bit. Selain itu, buah juga merupakan sumber vitamin seperti buah jeruk, apel, mangga, dan pisang.

3. Protein yang Cukup

Tubuh membutuhkan asupan protein yang cukup untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, jaringan, organ, dan otot selama masa pertumbuhan. Asupan protein ini bisa diperoleh dari tahu, tempe, ikan, dan telur.

4. Mineral

Saat berada pada masa pertumbuhan, anak remaja juga membutuhkan asupan mineral yang berperan penting dalam mendukung proses pertumbuhan. Asupan mineral bisa diperoleh dengan minum air putih dan konsumsi sayur serta buah tertentu.

Itu beberapa asupan gizi seimbang untuk membantu remaja dalam menerapkan pola makan sehat. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menerapkan pola makan sehat bagi remaja:

  • Tidak skip sarapan,
  • Konsumsi makanan tinggi serat dan vitamin,
  • Konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat dan protein yang cukup,
  • Banyak minum air putih,
  • Hindari minuman manis, bersoda, berkafein, dan beralkohol,
  • Hindari makanan manis, pedas, asin, asam, berminyak, dan mengandung lemak berlebih,
  • Kurangi konsumsi makanan cepat saji,
  • Makan di waktu dan dengan porsi yang tepat.

Itulah cara menjaga pola makan sehat bagi remaja agar anak remaja bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Pola makan sehat akan menunjang kehidupan yang sehat, sehingga bisa menjadi investasi di masa yang akan datang.

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles