Muntah termasuk hal yang wajar dan semua orang pernah mengalaminya. Tapi muntah bisa jadi berbahaya apabila cairan muntah yang keluar berwarna kuning dan berasa pahit. Penyebab muntah kuning pahit ini bisa bermacam-macam, seperti GERD, sumbatan pada saluran pencernaan, hingga radang usus buntu.

Selain itu, muntah kuning pahit yang disertai warna kehijauan juga bisa disebabkan karena muntah bercampur dengan empedu. Empedu sendiri adalah cairan yang diproduksi oleh hati untuk disimpan di kantung empedu.

Untuk mengetahui penyebab muntah kuning pahit, yuk simak ulasan lengkap di dalam artikel ini!

Penyebab Muntah Kuning Pahit

Muntah kuning pahit ini bisa terjadi karena kondisi yang beragam, seperti berikut:

1. Terjadinya Refluks Empedu

Penyebab muntah kuning pahit yang paling umum dialami oleh kebanyakan orang, terutama saat hamil adalah karena adanya refluks empedu. Saat normal, cairan empedu akan dikeluarkan melalui usus yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan di dalam tubuh.

Tapi dalam hal ini, ada kondisi tertentu di mana empedu bisa kembali masuk ke lambung dan kerongkongan, kemudian dimuntahkan bersama isi lambung. Kondisi ini biasanya terjadi apabila seseorang terlambat makan dalam waktu yang lama. Selain itu, muntah secara terus menerus juga bisa menyebabkan muntah kuning pahit karena isi lambung sudah lebih dulu terkuras.

2. Tersumbatnya Usus

Tersumbatnya usus akan menyebabkan cairan dan makanan di dalam usus menumpuk. Kondisi ini akan membuat saluran pencernaan menjadi tertekan dan memicu cairan atau makanan yang menumpuk di usus untuk kembali naik ke kerongkongan. Sehingga, terjadilah muntah kuning pahit. Itu sebabnya bisa dikatakan bahwa usus tersumbat bisa menyebabkan muntah kuning yang disertai rasa pahit.

3. Penyakit Asam Lambung (GERD)

gerd_asam_lambung

Penyebab muntah kuning pahit lainnya, yaitu masalah pencernaan seperti penyakit asam lambung. Pada saat terjadinya refluks asam lambung, cairan asam lambung dan makanan yang berada di lambung akan naik ke kerongkongan. Hal ini bisa memicu rasa mual hingga muntah. Apabila Anda muntah secara terus menerus, isi lambung akan terkuras sehingga cairan muntah yang dikeluarkan berwarna kuning dan berasa pahit.

4. Cyclic Vomiting Syndrome

Cyclic Vomiting Syndrome adalah sindrom di mana penderitanya muntah berulang karena merasa mual secara mendadak. Penderita CVS ini akan membuat penderitanya sulit makan. Sehingga, muntah terlalu sering dalam keadaan lambung kosong menyebabkan muntah yang dikeluarkan juga berisi cairan empedu.

5. Kehamilan

Pada saat memasuki trisemester pertama, biasanya ibu hamil akan mengalami morning sickness yang menyebabkan mual hingga muntah secara terus menerus. Kondisi ini akan menguras isi lambung, sehingga muntahan yang dikeluarkan berwarna kuning dan berasa pahit karena berisi cairan empedu.

Itu beberapa penyebab muntah kuning pahit. Untuk mengatasi kondisi ini tergantung pada faktor penyebabnya. Apabila muntah kuning terjadi karena keracunan makanan, Anda perlu mendapatkan cairan dan elektrolit dengan cara diinfus di rumah sakit.

Tapi apabila muntah kuning disebabkan oleh refluks empedu, biasanya dokter akan memberikan obat asam ursodeoksikolat atau sequestrant asam empedu. Apabila setelah konsumsi obat-obatan muntah kuning masih terus terjadi, tindakan selanjutnya adalah operasi. Oleh karena itu, cara mengatasi muntah kuning pahit tergantung pada faktor penyebabnya.

Pada dasarnya, muntah kuning tidak berbahaya, kecuali apabila muntah kuning ini terjadi secara terus menerus hingga menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

Itu sebabnya untuk menurunkan risiko terjadinya muntah kuning pahit ini, Anda perlu menerapkan pola hidup sehat dan tidak terlambat makan. Selain itu, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah.


About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles