Maag adalah keadaan di mana lambung terasa nyeri atau tidak nyaman akibat gangguan pada organ lambung. Maag terbilang mudah disembuhkan, tapi sewaktu-waktu maag bisa menjadi parah.

Cara mengatasi maag bisa dengan cara menerapkan pola hidup sehat atau konsumsi obat-obatan tertentu. Tapi selain konsumsi obat-obatan, maag juga bisa disembuhkan dengan obat maag tradisional.

Mengobati Maag Secara Alami dengan Obat Maag Tradisional

1. Kunyit

Ramuan kunyit termasuk ke dalam obat maag tradisional paling ampuh. Kunyit mengandung kurkumin yang merupakan senyawa pemberi warna kuning pada kunyit. Senyawa ini akan berperan sebagai antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Peran senyawa kurkumin pada kunyit ini bisa menenangkan mukosa pada lambung sehingga iritasi pada saluran pencernaan akibat maag bisa teratasi.

Ramuan kunyit bisa Anda konsumsi dengan cara diambil sarinya atau diolah menjadi teh kunyit. Untuk mendapatkan khasiat yang optimal, ramuan kunyit ini bisa dikonsumsi setiap hari atau dua hari sekali.

2. Jahe

Olahan jahe juga bisa disebut sebagai obat maag tradisional paling ampuh. Jahe mengandung anti-inflamasi dan antibakteri yang bisa mengurangi peradangan penyebab sakit maag. Untuk mendapatkan khasiat dari ramuan Jahe, Anda bisa mengonsumsinya dengan cara menggigit jahe yang sudah dibersihkan selama beberapa menit, kemudian telan jahe yang sudah digigit hingga hancur dengan bantuan air putih.

Selain dengan cara tersebut, Anda bisa mengonsumsi ramuan jahe dengan cara mencampurkan bubuk jahe, garam batu, dan asafoetida ke dalam segelas air hangat. Agar mendapatkan khasiat yang optimal, Anda bisa konsumsi jahe setiap pagi sebelum beraktivitas.

3. Akar Manis

Akar manis atau yang disebut licorice bisa dijadikan obat maag tradisional paling ampuh. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa akar manis ini bisa meningkatkan sekresi asam lambung dan menahan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan.

ramuan_akar_manis

Untuk mengonsumsinya, Anda bisa merebus akar manis dengan air mendidih. Setelah itu, air rebusan akar manis ini bisa diminum hingga gejala maag reda. Tapi walaupun akar manis ini bisa meredakan sakit maag, Anda tetap harus hati-hati dalam mengonsumsinya, ya.

4. Adas

Adas adalah rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Tapi pernahkah Anda mengira bahwa adas ini bisa menjadi obat maag tradisional paling ampuh? Adas mengandung senyawa bernama anethole yang memiliki sifat anti peradangan. Sifat anti peradangan ini bisa membantu mencegah perut kembung dan begah yang termasuk ke dalam tanda-tanda sakit maag. Untuk mendapatkan manfaat adas secara optimal, Anda bisa mengolahnya menjadi minuman teh.

5. Air Kelapa

Minum air kelapa tidak hanya menyegarkan, tapi juga bisa menyehatkan pencernaan. Hal ini karena air kelapa bisa meredakan sensasi terbakar pada perut saat mengalami maag. Air kepala yang diminum bisa mengubah pH lambung yang mulanya asam menjadi basa.

Serat tinggi yang terkandung di dalam air kelapa juga bisa mencegah asam lambung naik. Itu alasan mengapa air kelapa termasuk ke salah satu obat maag tradisional paling ampuh. Anda bisa konsumsi air kelapa setiap hari, ya.

6. Daun Kemangi

Daun kemangi sering kali digunakan sebagai daun pelengkap makanan yang biasa disebut lalapan. Tapi siapa sangka kalau daun kemangi juga bisa menjadi obat maag tradisional paling ampuh?

daun_kemangi

Ciri-ciri sakit maag adalah perut kembung. Sementara itu, daun kemangi memiliki sifat karminatif, antibakteri, dan anti-inflamasi yang bisa meredakan kejang pada saluran pencernaan pemicu perut kembung.

Untuk mendapatkan khasiat daun kemangi, Anda bisa mengolahnya menjadi teh atau memasukkannya ke dalam masakan. Tapi walaupun demikian, sebaiknya daun kemangi tidak dikonsumsi secara berlebihan, ya.

Jadi, itu obat maag tradisional paling ampuh yang bisa Anda buat sendiri di rumah dengan mudah. Perlu diingat bahwa ramuan yang sudah dibahas merupakan pertolongan pertama yang bisa dilakukan secara mandiri tanpa bantuan medis.

Apabila maag kumat tak kunjung reda maka segerlah untuk minta bantaun medis, mereka akan memberikan solusi pengobatan yang lebih cepat.

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles