Sarapan adalah salah satu dari serangkaian aktivitas penting dalam penerapan pola makan sehat. Sehingga, memilih menu untuk sarapan juga harus selektif, seperti menu sarapan rendah kalori, tapi tinggi nutrisi. Memilih sarapan yang tepat akan membuat tubuh kamu lebih berenergi.

Selain menjadi sumber energi, sarapan sangat baik untuk mengontrol berat badan agar tetap ideal dan tidak memicu obesitas yang merupakan gerbang penyakit kronis. Maka dari itu, untuk menerapkan pola makan sehat, seseorang dianjurkan untuk tidak melewatkan sarapan dan memilih menu sarapan yang tepat.

Rekomendasi Sarapan Pagi untuk Diet yang Rendah Kalori

Kamu dianjurkan untuk konsumsi menu sarapan yang rendah kalori, tapi tinggi nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral. Berikut menu sarapan rendah kalori untuk diet:

1. Bubur Sumsum

sarapan_rendah_kalori_bubur_sumsum

Bubur sumsum adalah bubur khas Indonesia yang bisa dijadikan sebagai menu sarapan rendah kalori. Terbuat dari tepung beras dan santan, kemudian disajikan dengan lelehan gula merah cair di atasnya akan mempernikmat cita rasa bubur sumsum. Bubur sumsum tergolong menu sarapan berasa manis yang mengandung sekitar 250 kalori.

2. Bubur Ayam

Bubur ayam adalah menu sarapan yang sangat populer. Selain memiliki harga cukup murah, per mangkuk bubur ayam mengandung 307 kalori dan 11 gram protein. Bubur ayam juga mengandung 45 gram karbohidrat, 9,4 gram lemak, dan 1,6 gram serat. Selain mengandung nutrisi, bubur ayam juga termasuk menu sarapan rendah kalori.

3. Bubur Kacang Hijau

sarapan_rendah_kalori_burjo

Bagi pecinta bubur, pasti tidak asing lagi dengan bubur satu ini. Satu mangkuk bubur kacang hijau mengandung 263 kalori, 45 gram karbohidrat, 2 gram lemak, 18,1 gram protein, dan 15 gram serat. Sehingga, bubur kacang hijau termasuk menu sarapan rendah kalori, tapi tinggi protein.

Sebagai catatan, sebaiknya hindari penggunaan santan saat mengolahnya. Kamu bisa merebusnya saja dan mengganti santan dengan 1 hingga 2 sendok susu rendah lemak.

4. Sup Ayam

Menu sarapan rendah kalori, tapi kaya nutrisi berikutnya adalah sup ayam. Satu mangkuk sup ayam hanya mengandung 168 kalori, 10 gram protein, dan 4,6 gram serat. Agar mendapatkan nutrisi yang lebih maksimal, sebaiknya pilih daging dada ayam tanpa kulit untuk dijadikan sup ayam.

5. Telur Rebus

telur_protein

Telur rebus merupakan menu sarapan rendah kalori, di mana cara pembuatannya cukup mudah. Selain tinggi protein, satu butir telur rebus hanya mengandung 77 kalori. Sementara itu, satu mangkuk telur rebus mengandung 209 kalori. Konsumsi telur rebus akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama karena tinggi protein.

6. Avocado Toast

Menu sarapan rendah kalori ini sangat cocok untuk kamu yang tidak bisa konsumsi makanan berat saat sarapan. Terbuat dari panggangan roti dengan menambahkan potongan alpukat di atasnya, avocado toast mengandung 225 kalori, 4 gram protein, dan 7,1 gram serat.

Itulah beberapa rekomendasi menu sarapan rendah kalori yang bisa mendukung kamu untuk menerapkan pola makan sehat. Selain memberikan energi tambahan sebagai penunjang aktivitas di siang hari, sarapan juga akan mengontrol nafsu makan menjelang makan siang, sehingga tidak memicu kenaikan berat badan.

Menerapkan kebiasaan sarapan memang tidak mudah bagi seseorang yang tidak terbiasa sarapan pagi. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mencoba tips ini!

Artikel terakait: Sarapan Pagi untuk Diet Praktis dan Ngga Ribet!

Tips Memulai Kebiasaan Sarapan

Apabila sarapan masih menjadi tantangan yang cukup berat untuk menjadi kebiasaan rutin, maka kami mneyediakan tips yang bisa dijadikan motivasi untuk sarapan:

Jadikan Kegiatan Sosial: Jika mungkin, ajak keluarga atau teman untuk sarapan bersama. Ini bisa menjadi momen menyenangkan dan memotivasi untuk tetap menjalankan kebiasaan sarapan.

Pilih Makanan Berkualitas Tinggi: Pilih makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, protein tinggi, dan biji-bijian utuh untuk memastikan kebutuhan gizi terpenuhi.

Atur Waktu: Berikan diri Anda cukup waktu untuk sarapan. Sisihkan waktu setiap pagi, bahkan jika itu hanya 10-15 menit. Menetapkan waktu tetap dapat membantu membentuk kebiasaan.

Rencanakan Sebelumnya: Persiapkan rencana sarapan untuk minggu depan. Tentukan menu, beli bahan-bahan yang diperlukan, dan pastikan ada waktu yang cukup untuk menyiapkannya.

Sederhana Tapi Nutritif: Sarapan tidak perlu rumit. Pilihan sederhana seperti yogurt dengan buah dan granola, oatmeal dengan potongan buah, atau telur rebus dengan sayuran bisa menjadi opsi yang cepat dan sehat.

Manfaat sarapan berperan sangat penting dalam proses untuk mendapatkan energi saat beraktivitas hingga siang hari. Dengan sarapan sehat maka produktivitas dan konsentrasi dapat terjaga.

Selain itu sarapan rendah kalori memberikan dampak positif jangka panjang terhadap kesehatan secara keseluruhan.

pemesanan_nutriflakes

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles