Di sini kami akan mengulas mengenai apa itu pati irut lengkap dengan nutrisi dan manfaat yang mungkin bisa dirasakan apabila mengonsumsinya.

Pati irut (arrowroot) adalah pati atau tepung yang berasal dari umbi garut. Pati irut ini biasa disebut angkrik, diekstrak tanpa melalui proses yang kompleks sehingga kandungan nutrisi pati irut masih utuh dan terjaga.

Karbohidrat yang terkandung di dalam pati irut adalah jenis karbohidrat kompleks. Selain itu, pati irut juga mengandung protein, zat besi, magnesium, niasin, vitamin B6, dan tinggi serat.

Pati irut mengandung senyawa bernama amylopectin dan amylose yang merupakan zat aktif, berperan penting untuk kesehatan pencernaan.

Kandungan amylopectin lebih mudah diserap oleh tubuh dan bisa membantu menambah energi. Berbeda dengan amylopectin, kandungan amylose pada pati irut tidak diserap oleh tubuh, melainkan difermentasi oleh bakteri baik yang ada di dalam pencernaan. Kombinasi dari kedua jenis zat ini akan saya memberikan rasa kenyang.

Kandungan amylose pati irut yang tidak diserap oleh tubuh memiliki beberapa manfaat:

  • Berperan sebagai makanan bagi bakteri baik di dalam usus (prebiotik),
  • Meningkatkan sistem imun karena bakteri baik yang berkembang bisa menunjang kesehatan sel-sel imun di dalam usus,
  • Membantu menjaga berat badan.

Pati irut juga terkenal dengan manfaatnya yang nyaman di lambung dan bisa mendinginkan lambung. Hal ini karena pati irut bisa menyerap air dan kemudian membentuk gel pati yang membawa air di dalam pencernaan, sehingga saat masuk ke lambung akan membuat lambung terasa nyaman dan dingin.

Pati irut juga dikenal memiliki sifat gastroprotektif yang artinya melindungi mukosa lambung, termasuk melindungi lambung dari asam lambung berlebih. Selian itu, pati irut juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan radang dan luka pada lambung. Karena manfaatnya tersebut, pati irut juga sering disebut sebagai tepung asam lambung.

Itu beberapa manfaat pati irut untuk kesehatan pencernaan. Lantas, bagaimana cara mengobati maag dan asam lambung dengan pati irut?

Cara mengobati maag dan asam lambung cukup mudah, yaitu:

Cara pertama bisa dengan:

  • Masukkan dua sendok makan tepung irut ke dalam panci,
  • Tambahkan 250 ml air,
  • Masukkan gula aren secukupnya,
  • Masak menggunakan api kecil,
  • Aduk hingga mengental.

Cara kedua bisa dengan:

  • Encerkan satu sendok makan tepung pati irut dengan sedikit air,
  • Tuang 200 ml air panas sembari diaduk dengan cepat, kemudian minum 3 kali sehari setiap 1 jam sebelum makan.

Memiliki sifat gastroprotektif, pati irut sudah sejak lama dipercaya untuk membantu menyembuhkan maag dan asam lambung.

Berikut manfaat pati irut

1. Menenangkan dan Mendinginkan Lambung

Pati irut bisa menyerap air. Sebelum konsumsi pati irut, sebaiknya diseduh dengan air panas atau hangat terlebih dahulu. Pati irut yang dilarutkan di dalam air akan membentuk gel pati. Gel pati ini akan menimbulkan efek dingin dan nyaman di lambung.

2. Membantu Menyembuhkan Radang dan Luka Lambung

cara_menjaga_lambung_agar_sehat

Pati irut memiliki sifat sebagai gastroprotektif yang artinya melapisi mukosa lambung agar lambung tidak terhindar dari luka dan radang akibat asam lambung berlebih.

Pati irut akan menyerap air dan membentuk gel. Gel ini yang bisa mendinginkan lambung dan mempercepat penyembuhan luka serta peradangan pada lambung.

3. Menurunkan Risiko Obesitas

Pati irut mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks ini membuat rasa kenyang lebih lama sehingga tidak mendorong seseorang untuk makan berlebihan yang bisa menyebabkan terjadinya obesitas.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Amylose di dalam pati irut akan difermentasi di dalam pencernaan dan akan menjadi makanan bagi bakteri baik di usus (prebiotik). Prebiotik ini bisa meningkatkan perkembangan bakteri baik di usus untuk menunjang kesehatan usus. Usus yang sehat akan membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

5. Menambah Energi

Pati irut mengandung karbohidrat kompleks. Sama halnya dengan karbohidrat sederhana, kerbohidrat kompleks juga bisa menambah energi. Tapi karbohidrat kompleks memiliki keunggulan dibandingkan karbohidrat sederhana karena karbohidrat kompleks tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Semua keunggulan dan manfaat pati irut bisa kita semua rasakan apabila mengonsumsi Nutriflakes!

pengganti_nasi_sereal_nutriflakes

Nutriflakes adalah sereal umbi garut, mengandung pati irut yang bisa melindungi lambung (bersifat gastroprotektif). Pati irut di dalam Nutriflakes bisa membantu mencegah dan mengatasi masalah pencernaan seperti maag, GERD, sembelit, dan masalah pencernaan lainnya.

Selain bermanfaat untuk melindungi lambung, Nutriflakes juga bisa membersamai kita semua untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik, seperti menurunkan berat badan dan membantu menstabilkan kolesterol.

Itu beberapa manfaat pati irut di dalam Nutriflakes. Untuk memberikan manfaat yang lebih optimal, Nutriflakes juga mengandung psyllium husk, daun kelor, susu etawa, dan gula aren yang diformulasikan secara khusus.

Untuk pemesanan Nutriflakes, Anda bisa klik link berikut ini! Pesan segera dan dapatkan diskon serta konsultasi lanjutan. Kami siap melayani Anda!

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles