Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
 

Cara Menetralkan Asam Lambung dengan Air Garam, Apakah Efektif?

Penyakit asam lambung atau yang sering disebut sebagai GERD adalah kondisi di mana naiknya asam lambung ke kerongkongan. Kondisi ini ditandai dengan rasa terbakar pada dada, perut begah, mual, hingga muntah.

Penyakit asam lambung bisa diatasi dengan cara menerapkan pola hidup sehat seperti makan teratur, tidak begadang, tidak merokok, dan tidak makan makanan yang memicu terjadinya penyakit asam lambung. Tapi benarkah menetralkan asam lambung dengan air garam juga bisa dilakukan untuk mengatasi masalah penyakit asam lambung?

Manfaat garam hitam untuk asam lambung, disebut bisa menetralkan kadar keasaman pada lambung. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam garam hitam juga bisa membantu mengurangi kembung karena naiknya asam lambung.

Beralih dari garam hitam, benarkah menetralkan asam lambung dengan air garam biasa efektif bagi penderita asam lambung?

Penyakit asam lambung bisa kambuh karena berbagai hal tertentu, seperti makanan dan minuman. Makanan dan minuman yang bisa memicu naiknya asam lambung antara lain:


- Cokelat
- Minuman baralkohol
- Makanan pedas
- Bawang-bawangan
- Buah citrus
- Kopi
- Susu
- Makanan asin
- Tomat dan kubis
- Makanan tinggi lemak

Benarkah Air Garam Bisa Menetralkan Asam Lambung?

Penelitian mengenai garam untuk penderita asam lambung pernah dilakukan oleh peneliti Swedia. Pada penelitian tersebut, dilakukannya analisis dari survei kesehatan masyarakat Norwegia pada medio 1980-an dan 1990-an.

Sebanyak 3.100 orang mengeluh pernah mengalami asam lambung naik. Dan setelah diteliti, ternyata gaya hidup berpengaruh besar terhadap kondisi ini. Menurut studi, salah satu penyebab naiknya asam lambung adalah karena konsumsi garam yang berlebih.

Responden yang biasanya menambahkan garam meja berpeluang mengalami kenaikan asam lambung sebesar 70% lebih tinggi dibandingkan responden yang tidak menambahkan garam meja. Namun, penelitian tersebut membutuhkan studi lanjutan untuk menemukan fakta mengenai sebab akibat garam bagi penderita asam lambung.

Selain itu, penelitian juga belum mengungkapkan berapa banyak dan apa saja jenis garam yang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Walaupun demikian, sebaiknya Anda harus lebih bijak mengonsumsi garam.

Jadi, air garam tidak baik untuk penderita asam lambung. Justru, konsumsi garam bisa meningkatkan produksi asam lambung. Apabila produksi asam lambung meningkat, maka akan menyebabkan risiko terjadinya penyakit asam lambung.

Bagaimana baiknya mengonsumsi garam dengan bijak?

Garam mengandung natrium yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan. Bagi Anda yang memiliki kondisi sehat ataupun memiliki masalah asam lambung, tidak disarankan untuk tidak mengonsumsi garam sama sekali.

Kementrian Kesehatan juga memaparkan bahwa, anjuran konsumsi garam bagi orang dewasa tanpa masalah kesehatan maksimal satu sendok teh, atau setara dengan lima gram setiap hari.

Tapi konsumsi garam berlebihan tidak baik bagi penderita asam lambung dan berbahaya bagi kesehatan lainnya. Konsumsi garam berlebihan bisa meningkatkan berat badan (obesitas). Obesitas sendiri merupakan salah satu faktor penyebab GERD.

Berdasarkan penjelasan tersebut di atas, maka bisa disimpulkan bahwa menetralkan asam lambung dengan air garam merupakan cara yang tidak tepat.

Masih banyak cara lain menjaga kesehatan lambung dengan tips yang lebih bijak.