Manfaat daun kelor atau yang sering disebut dengan merunggai untuk mengatasi berbagai macam penyakit telah lama dan banyak dipercayai oleh banyak orang. Daun kelor mengandung senyawa aktif yang dapat membantu menyembuhkan dan melindungi tubuh. Selain itu, daun kelor juga sering dijadikan sebagai obat tradisional dan kosmetik di berbagai kalangan serta daerah. Lalu, manfaat daun kelor untuk penyakit apa saja?

Daun Kelor Bisa Membantu Meredakan Penyakit Berikut!

1. Diabetes

Daun kelor memiliki kandungan isotiosianat yang berperan mengatur tubuh dalam memproses glukosa. Kandungan isotiosianat ini juga berperan melindungi tubuh dari resistensi insulin. Selain itu, manfaat daun kelor untuk penderita penyakit diabetes berasal dari senyawa quercetin dan klorogenik yang merupakan antioksidan serta dapat membantu menstabilkan gula darah. Daun kelor juga terbukti memiliki efek antidiabetik dan antihiperglikemik yang berarti daun kelor sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

2. Hipertensi

Manfaat daun kelor untuk penyakit hipertensi, yaitu karena daun kelor sangat tinggi kandungan kalium. Kalium daun kelor setara dengan tiga kali kalium pada pisang. Kalium ini dapat membantu meredakan ketegangan pada dinding pembuluh darah sehingga membantu menurunkan tekanan darah. Daun kelor juga dapat mengurangi kadar garam berlebih pada tubuh sehingga dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi.

3. Kolesterol

Manfaat daun kelor untuk penyakit kolesterol, yaitu karena daun kelor mengandung serat. Serat dapat membantu menurunkan kolesterol dengan cara mengikat kolesterol di usus kecil.  Di usus kecil, serat akan menempel pada partikel kolesterol dan mencegahnya memasuki aliran darah. Kolesterol yang berhasil diikat oleh serat akan dikeluarkan melalui feses. Oleh karena itu, serat dapat menghambat penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Serat juga memperlambat pencernaan sehingga mencegah kenaikan gula darah yang bisa memicu terbentuknya trigliserida yang mengakibatkan kolesterol.

4. Sembelit

Manfaat daun kelor untuk sembelit, yaitu karena daun kelor mengandung serat. Jarang konsumsi sayur dan minum air putih dapat menyebabkan sembelit. Apabila dibiarkan terus menerus, sembelit dapat mengakibatkan wasir. Peran serat dalam masalah sembelit, yaitu serat dapat menambah volume dan melunakkan feses sehingga feses akan lebih mudah dikeluarkan dari tubuh ketika BAB.

sembelit
sembelit (sumber: canva)

5. Asam Urat

Manfaat daun kelor untuk penyakit asam urat, yaitu karena kandungan daun kelor berperan sebagai antiinflamasi atau pereda nyeri pada sendi yang terkena asam urat. Kandungan vitamin C di dalam daun kelor juga dapat membantu pengeluaran asam urat melalui urine sehingga apabila tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat, maka asam urat tetap bisa dikeluarkan dari tubuh. Kandungan flavonoid dan alkoloid di dalam daun kelor juga bermanfaat untuk mencegah pembentukan asam urat.

6. Kanker

Manfaat daun kelor untuk penyakit kanker, yaitu karena kandungan eugenol yang dikenal sebagai zat antikanker. Selain itu, daun kelor juga mengandung niazimicin yang juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Daun kelor yang memiliki sifat antiinflamasi juga berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin B, fosfor, selenium, zinc, tembaga dan antioksidan juga dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Meskipun daun kelor dapat membantu perawatan kanker, bukan berarti daun kelor dapat menggantikan terapi kanker yang sebenarnya. Oleh karena itu, bagi penderita kanker tetap memerlukan terapi khusus, ya!

Daun kelor bisa dimanfaatkan untuk alternatif mengatasi berbagi keluhan dan penyakit, namun tetap yang paling utama konsultasikan dengan ahli kesehatan.

Sumber:

https://kesehatan.kontan.co.id/news/manfaat-daun-kelor-untuk-kolesterol-cek-obat-tradisional-menurunkan-kolesterol-lain

https://lifestyle.bisnis.com/read/20210929/106/1448124/turunkan-kolesterol-inilah-12-manfaat-daun-kelor-untuk-kesehat

https://hellosehat.com/diabetes/tipe-2/manfaat-daun-kelor-untuk-diabetes/

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles