Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
Manfaat Chia Seed untuk Gangguan Asam Lambung Perhatikan Cara Konsumsinya
 
Manfaat Chia Seed untuk Gangguan Asam Lambung Perhatikan Cara Konsumsinya

Manfaat Chia Seed untuk Gangguan Asam Lambung Perhatikan Cara Konsumsinya

Lambung merupakan salah satu organ pencernaan yang rentan terkena masalah kesehatan. Masalah lambung yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah maag dan GERD. Apabila maag dan GERD terjadi, tidak menutup kemungkinan bahwa lambung atau organ pencernaan lain juga ikut bermasalah.

Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan lambung agar bebas dari masalah yang menjadi penyebab rasa tidak nyaman, kita harus memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi. Salah satu makanan yang baik untuk lambung adalah chia seed.

Kami akan mengulas manfaat chia seed untuk lambung yang harus kamu tahu!

Chia seed merupakan jenis biji-bijian kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan lambung. Chia seed juga terkenal dengan kandungan seratnya yang cukup tinggi dan bebas gluten.

100 gram chia seed juga dapat memberikan nutrisi lain untuk tubuh, seperti:

- Kalori: 534 kalori
- Lemak: 42,16 gram
- Karbohidrat: 28,88 gram
- Serat: 27,3 gram
- Protein: 18,29 gram
- Air: 6,96 gram
- Magnesium: 393 miligram
- Kalsium: 255 miligram

Manfaat Chia Seed untuk Lambung

1. Membuat Rasa Kenyang

Kandungan serat yang tinggi pada chia seed dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama, lho. Sehingga, risiko makan terlalu banyak pada jam berikutnya akan terhindari.

Kebanyakan makan justru dapat membuat lambung kamu bermasalah, seperti kambuhnya penyakit asam lambung.

2. Membantu Melancarkan Pencernaan

Manfaat chia seed untuk lambung berikutnya, yaitu dapat membantu melancarkan pencernaan.  Pencernaan yang lancar, akan membuat seseorang terhindar dari perut kembung, begah, sembelit, ataupun mulas.

3. Bantu Atasi Iritasi Lambung dan Kerongkongan

Selain tinggi nutrisi, chia seed juga kaya kandungan antioksidan, sehingga dapat membantu mencegah dan mengatasi peradangan pada lambung ataupun kerongkongan.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Salah satu penyebab seseorang mengalami masalah asam lambung, yaitu obesitas. Serat tinggi yang terkandung di dalam chia seed dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan akan lebih terkontrol.

Nafsu makan lebih terkontrol tidak mendorong seseorang untuk makan secara berlebihan yang berdampak pada masalah obesitas.

5. Dijadikan Camilan Sehat

Bagi seseorang yang menderita masalah asam lambung, dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil, tapi dengan intensitas sering. Maka dari itu, penderita penyakit asam lambung sangat direkomendasikan untuk konsumsi chia seed sebagai camilan.

Kamu dapat merasakan berbagai manfaat chia seed untuk lambung tersebut apabila mengonsumsinya dengan cara yang tepat.

Cara Konsumsi Chia Seed untuk Asam Lambung

1. Dikonsumsi Bersama Menu Sarapan

Mengonsumsi chia seed saat sarapan dapat menjadi cara paling mudah. Kamu bisa menaburkan chia seed ke menu sarapan, seperti yoghurt.

2. Dijadikan Camilan

Manfaat chia seed untuk lambung dapat dirasakan apabila kamu menjadikan chia seed sebagai camilan, seperti puding chia seed, campuran chia seed madu, ataupun chia seed bersama salad buah.

3. Dinikmati Bersama Jus

Tidak hanya dikonsumsi begitu saja, kamu juga bisa menikmati chia seed bersama jus, lho.

Chia seed tinggi serat, mineral, dan asam lemak omega 3 yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Juga mengandung antioksidan, chia seed dapat membantu tubuh terhindar dari penyakit kronis.

Perhatian

Kamu tidak dianjurkan untuk konsumsi chia seed terlalu banyak karena justru dapat menimbulkan efek samping, seperti nyeri perut, konstipasi, diare, kembung, dan mual.

Alih-alih bermanfaat untuk lambung, konsumsi chia seed terlalu banyak justru dapat memperburuk masalah lambung, seperti maag dan GERD. Maka dari itu, agar mendapatkan manfaat chia seed untuk lambung secara optimal, konsumsi chia seed dalam porsi yang wajar.

Baca: Jus Detox untuk GERD, Menjaga Kesehatan Lambung