Asparagus atau yang juga dikenal sebagai belalai atau rebung cina adalah sayuran yang populer dan berasal dari keluarga Lily. Sayuran ini memiliki batang berwarna hijau atau ungu dengan ujung yang memanjang seperti jarum.

Tumbuhan asparagus ini mengandung banyak nutrisi penting layaknya sayuran, seperti vitamin C, vitamin K, folat, vitamin A, kalium, fosfor, dan serat.

Berbagai Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan

Asparagus juga kaya akan senyawa antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid, serta saponin dan asam amino seperti asparagin yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu berikut ini beberapa manfaat asparagus bagi kesehatan antara lain:

  • Menjaga kesehatan jantung

Asparagus mengandung antioksidan dan serat yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, sayuran ini juga mengandung folat yang berperan penting dalam menurunkan kadar homosistein, suatu senyawa yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

  • Meningkatkan fungsi pencernaan

Asparagus mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah sembelit.

  • Meningkatkan kesehatan tulang

Asparagus mengandung vitamin K dan fosfor, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

  • Menjaga kesehatan kulit

Asparagus mengandung vitamin A dan C, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

  • Menjaga kesehatan mata

Asparagus mengandung karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula.

Olahahan Asparagus untuk Dikonsumsi

Tenang, bagi Anda yang kepengen konsumsi tapi bingung mau dibuat menjadi menu apa, asparagus dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti direbus, dipanggang, atau ditumis. Selain itu, asparagus juga dapat dijadikan bahan dalam salad atau sup. 

Yang perlu Anda ketahui juga bahwa asparagus mengandung senyawa purin yang dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh, sehingga sebaiknya dikonsumsi dengan batasan bagi orang yang memiliki riwayat asam urat tinggi.

Intinya tetap pelajari manfaat asparagus ini dan jika ingin mengonsumsinya pastikan Anda juga tidak memakannya berlebihan yaa tetap pada porsi yang secukupnya saja.

Yuk simak update dan juga tips kesehatan dari kami agar tidak ketinggalan.

Stay in shape.

About the Author

Rizkiawan Candra

Highly interested in content writing and passionate in digital contents. Currently learning about Search Engine Optimization.

View All Articles