Tepung tapioka adalah tepung yang biasa kita manfaatkan untuk membuat makanan lezat. Selain diolah menjadi makanan lezat, tepung tapioka juga termasuk jenis tepung yang baik untuk kesehatan. Tapi bagaimana manfaat tepung tapioka untuk diet?

Tepung tapioka sering dikenal sebagai tepung singkong atau tepung kanji karena terbuat dari singkong. Tepung tapioka ini bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti cireng, cuanki, kue talam, dan kue lupis. Meskipun sama-sama bisa diolah menjadi makanan, tepung tapioka dipercaya lebih baik dibandingkan tepung terigu karena bebas gluten.

Tepung tapioka yang bebas gluten bisa menjadi alternatif bagi orang yang sedang menjalani diet bebas gluten. Bagi orang yang intoleransi terhadap gluten, tepung tapioka cocok dijadikan pengganti tepung terigu. Tepung tapioka untuk orang diet bisa dijadikan sebagai pengganti tepung terigu dalam pembuatan roti atau kue.

Tepung tapioka mengandung karbohidrat, protein, dan serat. Tapi siapa sangka kalau tepung tapioka memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, terutama untuk membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Tepung Tapioka untuk Diet

1. Membuat Rasa Kenyang Lebih Lama

Manfaat tepung tapioka untuk diet yang pertama adalah membuat rasa kenyang lebih lama berkat kandungan karbohidrat kompleks dan serat di dalamnya. Rasa kenyang lebih lama ini bisa membantu Anda untuk mengontrol nafsu makan agar tidak menggagalkan diet.

2. Membantu Meningkatkan Energi

Untuk meningkatkan energi, tepung tapioka bisa ditambahkan ke dalam sup ataupun kue kering. Selain itu, rasanya yang hambar, membuat tepung tapioka bisa dimasukkan ke dalam makanan (takaran rendah). Sama dengan poin sebelumnya bahwa tepung tapioka bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan tubuh menjadi tidak mudah lemas.

3. Diet Bebas Gluten

Tidak semua orang bisa konsumsi makanan mengandung gluten. Itu sebabnya tepung tapioka yang bebas gluten bisa dijadikan sebagai bahan menu makanan diet bebas gluten.

4. Melancarkan Pencernaan

Tepung tapioka bisa membantu menyehatkan pencernaan. Selama menjalani diet, tepung tapioka bisa digunakan sebagai sumber protein dan karbohidrat tubuh. Selain itu, tepung tapioka termasuk ke dalam jenis tepung yang mengandung serat tinggi. Serat di dalam tepung tapioka bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan. Itu sebabnya bisa dikatakan bahwa tepung tapioka untuk diet sangat bermanfaat.

5. Sumber Energi yang Baik

Manfaat tepung tapioka untuk diet adalah sebagai sumber energi yang baik. Tepung tapioka termasuk tinggi kalori yang bisa memenuhi kebutuhan kalori harian tubuh. Sehingga, seseorang yang sedang menjalankan program diet tidak perlu mengonsumsi banyak makanan dan bisa membantu untuk menghindari makanan pantangan orang diet seperti makanan tinggi lemak serta minyak.

Itu beberapa manfaat tepung tapioka untuk diet yang lebih aman dan bisa menjadi pengganti tepung terigu. Selain itu, tepung tapioka juga bebas gluten yang bisa mendukung Anda untuk diet gluten. Walaupun tepung tapioka dianggap lebih aman, ada beberapa orang yang tidak boleh konsumsi tepung tapioka.

Seseorang yang tidak boleh konsumsi tepung tapioka adalah penderita diabetes. Hal ini karena tepung tapioka tinggi karbohidrat.

Sehingga, konsumsi dalam jumlah berlebihan tidak disarankan.Selain tepung tapioka, dalam menjalani diet Anda juga bisa mengolah makanan menggunakan tepung jenis ini:

  • Tepung kelapa
  • Tepung quinoa
  • Tepung almond
  • Tepung soba
  • Tepung gandum utuh
  • Tepung beras merah
  • Tepung jagung
  • Tepung porang

Penting untuk mengetahui dasar dalam program menurunkan berat badan adalah defisit kalori atau kalori yang lebih rendah dari kebutuhan tubuh.

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles