Jus wortel terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan mata dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain itu, jus yang berasal dari sayur berwarna orange ini juga terkenal karena kandungan nutrisi penting di dalamnya. Maka dari itu, khasiat jus wortel untuk kesehatan tidak diragukan lagi.

Tidak hanya memiliki rasa lezat dan menyegarkan, kandungan gula alami, serat, kalium, serta sejumlah vitamin, menjadikan jus wortel sebagai minuman super yang menawarkan banyak kebaikan.

Khasiat jus wortel tentunya tidak lepas dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalam wortel. Maka dari itu, sebelum mengulas tentang khasiat jus wortel untuk tubuh, mari bahas nilai gizi wortel terlebih dahulu!

Kandungan Gizi Wortel

Dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram wortel segar mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 36 kalori
  • Air: 89,9 gram
  • Karbohidrat: 7,9 gram
  • Protein: 1 gram
  • Serat: 1 gram
  • Lemak: 0,6 gram
  • Kalium: 245 miligram
  • Fosfor: 74 miligram
  • Natrium: 70 miligram
  • Kalsium: 45 miligram
  • Vitamin C: 18 miligram
  • Zat besi: 1 miligram
  • Niasin: 1 miligram
  • Seng: 0,3 miligram
  • Tembaga: 0,06 miligram
  • Vitamin B1: 0,04 miligram
  • Vitamin B2: 0,04 miligram
  • Beta karoten: 3,784 mikrogram

Itulah kandungan nutrisi yang terdapat di dalam wortel. Selain dikonsumsi secara langsung, diolah menjadi masakan, wortel juga sering kali dijadikan sebagai jus untuk diminum.

Mari kita kupas satu per satu khasiat jus wortel!

Khasiat Jus Wortel untuk Kesehatan

1. Memelihara Kesehatan Mata

Khasiat jus wortel yang sudah sangat dikenal secara luas, yaitu memelihara kesehatan mata. Khasiat ini berkat kandungan beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin di dalam wortel.

Lutein dan zeaxanthin juga dapat melindungi mata dari cahaya biru yang bersumber dari teknologi digital, seperti gedget ataupun laptop.

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Wortel mengandung beta karoten yang dapat membantu tubuh dalam melawan stres oksidatif, penyebab rusaknya sel-sel otak. Kandungan kalium di dalam wortel juga dapat membantu mengurangi risiko stroke yang memberikan perlindungan lebih untuk kesehatan otak.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jus wortel tentunya juga kaya vitamin A dan vitamin C di mana kedua jenis vitamin ini dapat membantu menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara kerjanya, yaitu dengan memicu produksi antibodi dan sel-sel yang terdapat di sistem imun.

4. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Khasiat jus wortel untuk kesehatan lainnya, yaitu karena jus wortel memiliki indeks glikemik yang rendah. Maka dari itu, selama tidak minum jus wortel secara berlebihan, tidak menyebabkan kenaikan gula darah.

Bagi penderita diabetes, sebaiknya tidak minum jus wortel lebih dari 118 ml per harinya.

5. Membantu Menjaga Sistem Pencernaan

Khasiat jus wortel yang tidak kalah terkenal, yaitu khasiatnya untuk sistem pencernaan. Khasiat ini berkat kandungan serat dan air yang tinggi di dalam wortel, sehingga dapat melunakkan feses dan mencegah terjadinya masalah konstipasi.

6. Membantu Menjaga Kekuatan Tulang

Khasiat jus wortel juga sering dikaitkan dengan kesehatan tulang, yaitu dapat membantu menjaga kekuatan tulang berkat kandungan kalsium di dalam jus wortel tersebut.

7. Membantu Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan beta karoten di dalam jus wortel dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker. Meskipun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keamanan dan efektivitas dari khasiat jus wortel dalam penurunan risiko kanker tersebut.

Itulah beberapa khasiat jus wortel untuk kesehatan yang dapat diperoleh apabila meminumnya.

Meskipun jus wortel memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, pembuatan jus wortel juga harus dengan cara yang tepat. Berikut cara tepat membuat jus wortel!

Bahan-bahan:

  • 3 buah wortel berukuran sedang.
  • 1 sendok makan madu.
  • Es batu secukupnya.
  • Air secukupnya.

Cara Membuat:

  • Kupas wortel, cuci menggunakan air mengalir, kemudian iris tipis agar mudah diblender.
  • Masukkan irisan wortel, madu, es batu, dan air ke dalam blender.
  • Blender seluruh bahan hingga halus.
  • Saring jus wortel menggunakan saringan.
  • Jus wortel siap dinikmati.

Baca:

Pentingnya Sayuran Kaya Serat Dalam Pola Makan Sehat Pandangan Mendalam

Agar memperoleh khasiat jus wortel secara optimal, kamu dapat membuat jus wortel dengan cara tersebut. Pada dasarnya, dalam pembuatan jus wortel, sebaiknya minimalisir penggunaan pemanis, seperti gula.

Tidak hanya berbahan dasar wortel, jus wortel juga dapat dikombinasikan dengan buah ataupun sayuran tertentu, seperti jus wortel apel atau jus wortel jeruk.

Selamat mencoba, ya! Semoga informasi di dalam artikel ini bermanfaat!

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles