Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
 

Kapulaga untuk Asam Lambung: Manfaat dan Cara Konsumsinya

Banyak sekali rempah-rempah yang ada di Indonesia yang tak jarang juga bermanfaat sebagai pengobatan herbal salah satunya adalah kapulaga.

Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah cita rasa dan aroma.

Benarkah mengonusmis kapulaga mampu untuk meredakan asam lambung bagi penderitanya?

Mengenal Kapulaga serta Manfaatnya

Selain penambah cita rasa dan aroma, ternyata kapulaga sendiri memiliki berbagai macam khasiat untuk tubuh. Biji, minyak, dan ekstrak kapulaga sering kali digunakan dalam pengobatan tradisional.

Kapulaga mengandung karbohidrat, serat, natrium, kalium, zat besi, kalsium, magnesium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Kandungan yang melimpah membuat kapulaga sangat berkhasiat untuk kesehatan.

Manfaat kapulaga sangat berpengaruh terhadap kesehatan pencernaan Anda. Kapulaga sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk meredakan rasa tidak nyaman pada pencernaan seperti rasa mual dan muntah.

Kapulaga juga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan lainnya seperti maag dan membantu melindungi pencernaan dari bakteri helicobacter pylori.

Salah satu keluahan yang dialami penderita asam lambung adalah bau mulut, bibir kering ,air liur yang berkurang bisa diatasi dengan kapulaga.

Kandungan serat dalam kapulaga semakin memperkuat bahwa rempah-rempah ini sangat rekomendasi dikonsumsi penderita asam lambung.

Minyak atsiri yang terkandung di dalam kapulaga juga dapat membantu mencegah pembentukan gas di dalam perut sehingga perut kembung gejala asam lambung bisa teratasi.

Selain itu, kapulaga juga bersifat sebagai antibakteri yang bisa membantu mencegah lambung terinfeksi bakteri helicobacter pylori, penyebab utama tukak lambung. Selain kapulaga untuk asam lambung, kapulaga juga bisa membantu meredakan radang tenggorokan.

Sereal Asam Lambung Nutriflakes
Nutriflakes Sereal solusi Asam Lambung

Cara Konsumsi Kapulaga untuk Asam Lambung

Bahan yang harus disiapkan dalam membuat ramuan kapulaga untuk asam lambung adalah:

  • 5 gram Daun Sembung
  • 2 gram Kapulaga
  • 2 garam Daun Sereh
  • 500 ml Air

Langkah-langkah dalam membuat ramuan kapulaga untuk asam lambung adalah:

  • Rebus air yang sudah disiapkan hingga mendidih.
  • Masukkan daun sembung, kapulaga, dan daun sereh ke dalam air yang sudah dididihkan.
  • Rebus seluruh bahan selama 15 menit dengan api yang kecil.
  • Air rebusan kapulaga untuk asam lambung siap dikonsumsi.

Saat merebus seluruh bahan, panci harus ditutup karena mengandung minyak atsiri yang mudah menguap.

Untuk mengatasi asam lambung, air rebusan kapulaga yang dicampur dengan bahan lainnya, bisa dikonsumsi dua sampai tiga kali sehari sebelum makan.

Khasiat kapulaga untuk asam lambung telah banyak dipercaya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk dicoba di rumah, ya.

Perhatian Penting

Selalu utamakan dan percayakan keluhan kesehatan kepada ahli di bidang medis. Kapulaga hanya sebagai alternatif penyembuhan yang tidak ada salahny untuk dicoba, bukan satu satunya jalan untuk mengobati asam lambung.

Apabila keluhan asam lambung tak kunjung reda, segara dirujuk ke rumah sakit terdekat untuk mendapat pertolongan yang kompeten secara tepat.