Penderita penyakit tertentu pasti mengharapkan kesembuhan dan keadaan fisik yang sehat seperti semula, demikian pula dengan penderita asam lambung (GERD) karena gejalanya sangat mengganggu. Ciri-ciri asam lambung sembuh total bisa ditandai dengan berkurangnya keluhan, bahkan asam lambung tidak kambuh sama sekali.

Pada artikel kali ini, kami bermaksud untuk membahas ciri ciri asam lambung sembuh total. Asam lambung sembuh total bisa dikenali melalui tanda-tanda dari tubuh atau berupa keluhan yang sudah tidak muncul lagi.

Berikut ciri-ciri asam lambung sembuh total yang bisa dikenali:

1. Tidak Merasakan Heartburn Lagi

Ciri-ciri asam lambung sembuh total, yaitu tidak lagi mengalami sensasi perih atau panas di ulu hati, dada, hingga kerongkongan. Selain itu, juga bisa ditandai dengan intensitas munculnya heartburn yang berkurang dan makin lama perlahan menghilang.

2. Lebih Mudah Menelan

Anda lebih mudah mencerna dan menelan makanan. Dengan lebih mudah mencerna, terutama menelan makanan, Anda akan lebih mudah pula untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

3. Indra Perasa Kembali Normal

Mulut tidak lagi terasa asam dan pahit. Hal ini karena indra perasa kembali berfungsi dengan normal setelah GERD sembuh. Anda juga bisa bisa menikmati rasa makanan secara normal.

4. Bisa Tidur dengan Nyenyak

Apabila gejala asam lambung muncul, penderitanya sering mengalami gangguan tidur, baik karena batuk ataupun tersedak. Saat sudah sembuh, gangguan tidur ini akan hilang karena Anda bisa tidur lebih nyenyak.

5. Perut Terasa Nyaman

Ciri-ciri asam lambung sembuh total lainnya, yaitu Anda terbebas dari rasa tidak nyaman pada perut seperti perut kembung, begah, dan mual. Selain itu, rasa nyeri pada perut yang biasanya muncul karena GERD juga akan hilang dan Anda bisa beraktivitas dengan nyaman.

6. Hilangnya Rasa Mual

Ciri-ciri asam lambung sembuh total, yaitu hilangnya rasa mual. Hal ini menjadi pertanda bahwa organ pencernaan Anda sudah membaik sehingga penyerapan nutrisi tubuh bisa dilakukan dengan optimal.

7. Aktivitas Kembali Normal

Aktivitas sehari-hari Anda kembali normal, hal ini karena penderita asam lambung tidak lagi merasakan nyeri dan bisa beraktivitas tanpa gangguan.

Itu beberapa ciri-ciri asam lambung sembuh total. Walaupun gejala GERD yang Anda rasakan sudah berkurang atau sembuh total, pencegahan asam lambung masih perlu dilakukan agar asam lambung tidak kambuh.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah GERD kambuh:

  • Saat tidur, posisikan kepala lebih tinggi,
  • Tidak konsumsi makanan pedas, asam, berminyak, berlemak, dan mengandung gas,
  • Tidak mengonsumsi alkohol,
  • Menghindari kebiasaan merokok,
  • Mengunyah makanan hingga benar-benar lembut,
  • Tidak makan dalam porsi besar sekaligus,
  • Makan dengan porsi kecil, tapi dengan intensitas yang sering,
  • Berolahraga ringan secara rutin,
  • Istirahat yang cukup, yaitu 7 sampai 8 jam per hari,
  • Mengusahakan berat badan yang ideal,
  • Tidak mengenakan celana atau baju yang terlalu ketat agar tidak berisiko menekan lambung,
  • Melakukan berbagai jenis rileksasi seperti yoga dan meditasi,
  • Mengendalikan stres dan kecemasan,
  • Tidak langsung tidur atau berbaring setelah makan, setidaknya 2 hingga 3 jam setelah makan.

Itu beberapa ciri-ciri asam lambung sembuh total dan aktivitas yang bisa dilakukan untuk mencegah agar asam lambung tidak kambuh lagi. Walaupun terkesan sepele, tidak menghindari faktor pemicu asam lambung bisa membuat asam lambung kembali kambuh.

Artikel terkait:
Berikut ini Ciri-Ciri Sembuh dari GERD Anxiety
Berapa Lama Jangka Waktu Penyembuhan Asam Lambung


About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles