Hubungan asam lambung dan kolesterol ini sebenarnya masih banyak dipertanyakan oleh berbagai kalangan. Lalu apakah kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan asam lambung naik, atau sebaliknya?

Asam lambung naik adalah suatu keadaan di mana cairan asam dalam lambung naik melewati katup esofagus ke saluran kerongkongan. Hal ini disebabkan otot katup tidak dapat bekerja dengan baik karena mengalami kerusakan.

Kerusakan dari otot ini pun dikarenakan makanan atau minuman yang masuk dalam perut. Selain itu, juga didorong dengan produksi asam dalam lambung sebagai respon dari makanan yang masuk ini.

Sedangkan kolesterol tinggi merupakan keadaan di mana kadar kolesterol melebihi batas normal yang telah ditentukan. Kolesterol yang berlebihan ini bisa menumpuk di pembuluh darah dan menjadi penyebab utama pada penyakit jantung dan stroke.


Pembuluh darah (sumber: canva)

Sebenarnya kolesterol ini diproduksi langsung oleh tubuh, tetapi makanan juga bisa mempengaruhi kadar kolesterol. Senyawa kolesterol ini berupa lemak yang seperti lilin.

Lalu di mana hubungan antara asam lambung dengan kadar kolesterol?

Artikel Lainnya: Apa itu Penyakit Asam Lambung?

Hubungan Asam Lambung dan Kadar Kolesterol Tinggi

Asam lambung naik dengan kadar kolesterol yang tinggi sebenarnya tidak memiliki hubungan secara langsung. Kolesterol yang tinggi tidak dapat mempengaruhi asam lambung. Begitu pula dengan asam lambung naik tidak bisa memberi pengaruh kepada kolesterol.

Namun, gangguan asam lambung bisa disebabkan ketika kita salah makan atau tidak memiliki pola makan teratur. Selain itu, pantangan makanan dari asam lambung naik adalah makanan yang mengandung lemak tinggi.

Makanan yang mengandung tinggi lemak memerlukan proses cerna yang sangat lama dan banyak bantuan dari cairan asam lambung. Oleh karena itu, suasana lambung akan semakin asam dan bisa menyebabkan asam lambung naik.

Pantangan lain dari asam lambung adalah minuman beralkohol dan konsumsi asap rokok yang rutin.

Di lain pihak, kolesterol yang tinggi disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya adalah sering minum minuman beralkohol, rutin merokok, dan mengonsumsi makanan dengan lemak berlebih.

Risiko dari kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan beberapa penyakit yang berbahaya, seperti serangan jantung, diabetes, ginjal, stroke, dan jantung koroner. Kolesterol tinggi menjadi berbahaya karena sebuah keadaan yang tidak memiliki gejala.

Sehingga banyak orang tidak menyadari jika Ia memiliki kolesterol tinggi, datangnya sangat tiba-tiba sekali. Sedangkan komplikasi dari kolesterol tinggi ini juga memunculkan penyakit yang sangat berbahaya untuk kesehatan.

Oleh karena itu, jenis-jenis makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, makanan dan minuman menjadi penentu kesehatan tubuh.


Gambaran kolesterol dalam darah (sumber: canva)

Kesimpulan

Hubungan dari asam lambung dan kolesterol ini terletak pada kesamaan atau miripnya kedua gangguan ini. Asam lambung naik dan kolesterol tinggi memiliki pantangan makanan yang sama, yaitu makanan berlemak tinggi dan minuman beralkohol.

Selain itu, kedua gangguan tersebut memiliki komplikasi yang sama-sama berbahaya di mana bisa membayakan kesehatan dan nyawa.

Walaupun tetap saja keduanya, asam lambung dan kolesterol, mempunyai mekanisme yang berbeda. Gejala dari asam lambung dan kolesterol yang tinggi pun juga berbeda.

Artinya, asam lambung naik dan kadar kolesterol yang tinggi pada seseorang tidaklah memiliki hubungan. Keduanya hanya memiliki persamaan pada penyebab dan bahaya komplikasinya.

Namun, asam lambung naik dan kadar kolesterol tinggi sama-sama bisa ditangani dengan mengonsumsi Nutriflakes. Sereal umbi garut ini menggunakan bahan-bahan alami yang memiliki kandungan yang mampu untuk menjaga kesehatan lambung dengan optimal.

Nutriflakes sendiri memiliki efek terapi dan berbagai manfaat kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk mengatasi asam lambung naik dan memastikan agar kadar kolesterol tetaplah normal.

Demikian artikel mengenai hubungan asam lambung dan kadar kolesterol dalam tubuh, semoga bermanfaat.

Nutriflakes, rahasia badan sehat dan aman!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles