Wasir atau ambeien adalah salah satu masalah pencernaan yang akan menimbulkan rasa nyeri pada anus saat kambuh. Termasuk ke dalam masalah pencernaan, wasir bisa disembuhkan dengan diet tinggi serat untuk wasir.

Diet tinggi serat adalah pola makan di mana seseorang mengonsumsi makanan tinggi serat, baik serat larut ataupun serat tidak larut air. Serat sendiri memiliki manfaat untuk menyehatkan pencernaan, terutama bagi penderita wasir. Makanan berserat tinggi bisa melunakkan feses dan menambah massa feses sehingga BAB menjadi lancar.

Penderita wasir harus memenuhi kebutuhan serat, baik serat larut ataupun serat tidak larut air. Serat larut air adalah serat yang akan membentuk gel apabila larut di dalam air. Serat jenis ini akan memperlambat proses pencernaan dan membantu usus untuk melunakkan feses.

Sementara itu, serat tidak larut air adalah serat yang berfungsi untuk memadatkan feses dan mempercepat pergerakan makanan dari lambung menuju usus. Serat tidak larut ini akan membuat BAB menjadi lebih teratur.

Makanan Diet untuk Penderita Wasir

Dalam melakukan diet tinggi serat untuk wasir, Anda bisa konsumsi makanan tinggi serat, seperti:

1. Umbi-umbian

umbi_untuk_diet_wasir

Umbi-umbian seperti kentang, lobak, buah bit, dan wortel adalah makanan kaya serat. Pada umbi-umbian jenis ini, serat banyak terkandung di bagian kulitnya. Jadi, apabila Anda konsumsi sayuran ini, kulitnya jangan dibuang, ya!

2. Kacang-kacangan

Makanan tinggi serat lainnya, yaitu kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan yang tinggi serat, yaitu kacang tanah, buncis, kacang polong, dan kedelai. Makanan tinggi serat ini cocok menjadi makanan diet tinggi serat untuk wasir.

3. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh yang tinggi serat adalah oatmeal, gandum utuh, beras merah, jagung, dan jelai. Saat dikonsumsi, sebaiknya bagian kulit luarnya tidak dibuang karena tinggi kandungan serat yang bermanfaat untuk mengurangi gejala ambeien.

4. Buah Apel

Buah apel mengandung pektin. Pektin ini apabila dikonsumsi akan larut di dalam air dan membuat feses menjadi lebih lunak, sehingga BAB menjadi lancar. Maka dari itu, diet tinggi serat untuk wasir bisa dilakukan dengan konsumsi buah apel.

5. Brokoli dan Kol

Brokoli dan sayur kol tinggi akan serat tidak larut, sehingga baik untuk melancarkan BAB dan mencegah wasir. Selain itu, glukosinolat di dalam brokoli baik untuk perkembangan bakteri baik yang ada di dalam usus.

Itu beberapa makanan tinggi serat yang bisa mendukung Anda untuk melakukan diet tinggi serat untuk wasir. Tapi selain konsumsi makanan tinggi serat tersebut, pantangan bagi penderita wasir juga harus dihindari

Berikut makanan yang harus dihindari saat wasir, adalah:

1. Makanan Pedas

Makanan pedas adalah makanan yang harus dihindari bagi seseorang penderita wasir. Makanan pedas bisa meningkatkan frekuensi BAB karena merangsang rasa mulas, sehingga penderita wasir berkemungkinan merasa nyeri dan tidak nyaman pada anus.

2. Daging

Selain konsumsi makanan pedas, konsumsi daging juga bisa memperburuk kondisi wasir yang sedang dialami oleh seseorang. Hal ini karena daging sulit dicerna.

3. Makanan Terlalu Banyak Keju

Konsumsi keju yang berlebihan bisa memperburuk gejala wasir. Hal ini karena keju akan menghambat sistem pencernaan. Apabila Anda sangat menyukai keju, sebaiknya keju tidak dikonsumsi secara berlebihan.

4. Minuman Beralkohol dan Berkafein

Seseorang yang menderita wasir sebaiknya menghindari konsumsi alkohol. Konsumsi minuman beralkohol bisa menyebabkan dehidrasi yang memperburuk kondisi konstipasi dan gejala wasir lainnya.

dilarang_minum_alkohol

Selain alkohol, minuman berkafein juga harus dihindari bagi seseorang yang menderita penyakit wasir agar tidak menyebabkan iritasi lambung dan dehidrasi. Dua kondisi ini tentunya bisa memperburuk gejala wasir yang Anda alami.

5. Makanan Asin

Saat menderita wasir, jumlah garam yang dikonsumsi harus diperhatikan. Konsumsi makanan tinggi garam bisa membuat tubuh memerlukan banyak air, sehingga memberi tekanan lebih besar pada pembuluh darah, termasuk pembuluh darah bagian anus yang menyebabkan wasir.

Demikian ulasan mengenai diet tinggi serat untuk wasir. Bagi penderita wasir disarankan untuk konsumsi makanan tinggi serat agar wasir tidak kambuh dan Anda bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman.

Baca juga:

Tips Diet untuk Penderita Asam Lambung

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles