Penyakit diare karena asam lambung mungkin saja terjadi pada orang mengalami asam lambung naik. Gangguan asam lambung naik memang dapat menimbulkan beberapa komplikasi penyakit yang tidak diinginkan.

Beberapa komplikasi asam lambung yang tidak segera ditangani ini bermacam-macam. Misalnya esofagitis, tukak esofagus, penyempitan kerongkongan, infeksi paru-paru, barret esofagus, dan kanker esofagus.

Artinya, penyakit asam lambung naik memang dapat menimbulkan penyakit lainnya yang mengganggu kesehatan juga akivitas sehari-hari. Salah satunya adalah gangguan pencernaan diare.


Lambung yang terasa panas (sumber: iCare)

Diare adalah sebuah penyakit pencernaan di mana seseorang akan mengalami buang air besar terus-menerus dengan feses yang encer. Pada masyarakat umum, diare biasa disebut dengan “mencret”.

Penyebab gangguan diare ini bisa karena beberapa hal, di antaranya:

  1. Infeksi bakteri pada saluran pencernaan.
  2. Alergi pada beberapa makanan tertentu.
  3. Banyak mengonsumsi makanan dengan pemanis buatan sehingga organ pencernaan sulit untuk mencernanya.
  4. Peradangan pada usus.
  5. Efek samping penggunaan obat-obatan tertentu.
  6. Konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan.
  7. Adanya infeksi virus, dsb.

Lalu di mana hubungan diare yang dikarenakan asam lambung? Berikut penjelasannya.

Hubungan antara Kedua Gangguan Pencernaan

Sebenarnya penyakit antara diare dengan asam lambung naik ini hubungannya tidak secara langsung. Hal ini dikarenakan gangguan asam lambung naik terjadi pada organ lambung ke atas atau saluran kerongkongan.

Sedangkan diare sendiri penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan bagian bawah atau akhir. Artinya, diare dan asam lambung naik tidak bisa memiliki hubungan yang secara langsung.

Diare adalah penyakit pencernaan yang terjadi dari saluran setelah lambung, baik itu karena adanya infeksi atau virus, alergi makanan, atau lain sebagainya. Sedangkan penyakit asam lambung atau GERD berfokus pada saluran cerna dari lambung ke atas.

Artinya, gejala diare tidak akan terjadi pada penyakit asam lambung naik.

Jadi hubungan kedua gangguan pencernaan ini ada pada dampak makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan yang menyebabkan asam lambung ini hampir sama dengan makanan yag menyebabkan diare.

Sebab, sama-sama makanan yang memiliki potensi untuk mengganggu jalannya sistem pencernaan.


Ilustrasi orang terkena diare (sumber: canva)

Misalnya ketika mengonsumsi makanan pedas. Makanan pedas seperti sambal bisa menjadi penyebab dari asam lambung naik karena pedas adalah perpaduan bahan-bahan asam. Di lain pihak, makanan pedas juga bisa menyebabkan diare karena organ pencernaan yang tidak kuat.

Artinya, diare karena asam lambung memiliki hubungan yang tidak langsung. Jika orang mengalami asam lambung naik bisa berarti pola makannya tidak teratur dan sehat. Hal ini dapat menjadi tanda dari penyakit diare yang kemungkinan bisa terjadi di kemudian hari.

Baca: Tips Menjaga Kesehatan Lambung

Cara Mengatasi Diare karena Asam Lambung

Mengatasi kedua gangguan pencernaan ini bisa dimulai dari mengonsumsi makanan yang sehat dan bersih serta terjamin kualitasnya. Hal ini dikarenakan makanan merupakan sumber utama apakah sistem pencernaan akan sehat atau sakit.

Misalnya dengan kita mengonsumsi sereal umbi garut Nutriflakes, sistem pencernaan kita akan selalu sehat dan terhindar dari berbabagai penyakit. Nutriflakes adalah minuman serbuk yang memiliki efek terapi untuk mengatasi asam lambung dan manjaga kesehatan tubuh.

Sereal sehat Nutriflakes terbuat dari berbagai bahan-bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Contohnya adalah umbi garut, gula aren, psyllium husk, kelor, dan susu kambing etawa.

Nutriflakes sendiri memang diformulasi khusus untuk mengatasi asam lambung dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Baca Juga: Simak Pengalaman Asam Lambung Sembuh dengan Ramuan Kunyit

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi Nutriflakes gangguan pencernaan seperti asam lambung naik sembuh dan penyakit diare dapat dihindari.

Nutriflakes, rahasia perut nyaman dan tentram.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles