Apabila anak mengalami demam, tentunya para orang tua akan khawatir. Meskipun demam tidak selalu menjadi pertanda berbahaya, setiap orang tua pasti mencari cara menurunkan demam pada anak. Ada beberapa cara alami untuk menurunkan demam pada anak, salah satunya yaitu cara menurunkan panas dengan daun kelor.

Demam panas pada anak bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti infeksi virus, bakteri, alergi, ataupun demam berdarah. Itu sebabnya, hal paling penting yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa si kecil sudah istirahat dengan cukup untuk menjaga imunitas tubuhnya.

Tidak bisa dipungkiri kalau tidak semua cara menurunkan panas pada anak bisa dikatakan efektif, sehingga menurunkan panas pada anak juga menjadi PR bagi kebanyakan orang tua. Tapi walaupun demikian, pemberian obat pada anak juga tidak boleh dilakukan secara asal-asalan ya, Bun!

Apabila anak mengalami demam, salah satu cara yang aman untuk menurunkan demam adalah menggunakan bahan alami seperti daun kelor.

Daun kelor memang sudah sejak lama dipercaya karena mengandung segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk menurunkan panas pada anak. Ukurannya memang kecil, tapi sama sekali tidak menggambarkan khasiatnya yang besar. Hal ini tentu saja karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daun kelor.

Sebelum mengulas mengenai cara menurunkan panas dengan daun kelor, yuk simak terlebih dahulu kandungan nutrisi daun kelor!

Dikutip dari Data Komposisi Pangan Indonesia, di setiap 100 gram daun kelor yang segar mengandung:

  • Kalori: 92 kkal
  • Air: 75,5 gram
  • Protein: 5,1 gram
  • Lemak: 1,6 gram
  • Karbohidrat: 14,3 gram
  • Serat: 8,2 gram
  • Kalsium: 1,077 miligram
  • Fosfor: 76 miligram
  • Zat besi: 6 miligram
  • Natrium: 61 miligram
  • Kalium: 298 miligram
  • Tembaga: 0,1 miligram
  • Zinc: 0,6 miligram
  • Beta karoten: 13,266 mikrogram
  • Thiamin (vitamin B1): 0,3 miligram
  • Riboflavin ( vitamin B2): 0,1 miligram
  • Niacin (vitamin B3): 4,2 miligram
  • Vitamin C: 22 miligram

Selain itu, daun kelor juga mengandung vitamin A, vitamin E, saponin, isotiosianat, dan tanin.

Manfaat Daun Kelor untuk Menurunkan Panas pada Anak

menurunkan_panas_pada_anak_panas_demam

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh pada Anak

Demam panas pada anak bisa terjadi karena imun pada si kecil rendah, padahal fungsi sistem imun adalah melawan infeksi penyakit. Itu sebabnya daya tahan tubuh yang rendah akan membuat anak mudah diserang infeksi bakteri, virus, dan benda asing lainnya. Infeksi bakteri dan virus ini yang menjadi penyebab demam pada anak.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada anak, bisa dengan cara konsumsi daun kelor karena daun kelor mengandung vitamin C.  Vitamin C pada daun kelor bisa meningkatkan imun tubuh si kecil. Selain itu, daun kelor juga tinggi antioksidan yang bisa membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas.

2. Membantu Mengurangi Peradangan pada Tubuh Anak

Peradangan adalah respons tubuh anak yang terjadi secara alami terhadap infeksi ataupun cedera. Peradangan bisa menyebabkan demam pada anak. Sementara itu, daun kelor mengandung isotiosianat yang bersifat sebagai anti peradangan. Sehingga, senyawa yang terdapat di dalam daun kelor ini bisa meredakan peradangan yang terjadi di dalam tubuh anak penyebab anak demam.

3. Bersifat Sebagai Anti Bakteri

Demam pada anak juga bisa terjadi karena terinfeksi bakteri tertentu. Daun kelor mengandung senyawa saponin, flavonoid, dan tanin yang bersifat sebagai antibakteri. Sehingga, menggunakan bahan alami seperti daun kelor bisa membantu meredakan demam pada anak.

Itu beberapa manfaat daun kelor untuk menurunkan panas pada anak. Cara menurunkan panas dengan daun kelor cukup mudah, yaitu daun kelor bisa dijadikan sebagai obat luar ataupun bisa juga dikonsumsi dengan cara mengolah daun kelor menjadi makanan.

Sebagai langkah praktis dan menjadi cara menurunkan panas dengan daun kelor, Bunda bisa mengikuti langkah mudah berikut ini:

1. Cuci bersih daun kelor secukupnya dengan air mengalir,
2. Tumbuk daun kelor hingga setengah halus,
3. Apabila sudah setengah halus, kompreskan tumbukan daun kelor tersebut pada si kecil.

Selamat mencoba ya, Bun!

Artikel terkait:

Simak Manfaat Daun Kelor Ternyata ada di Al-Qur’an

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles