Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
 

Cara Mengatasi Perut Panas Akibat Makan Makanan Pedas

Makanan pedas adalah cita rasa yang banyak orang nikmati, tetapi efeknya tidak selalu sama bagi semua orang. Salah satu efek yang sering dirasakan setelah makan makanan pedas adalah perut panas atau terbakar.

Sensasi panas ini disebabkan oleh senyawa bernama kapsaisin yang terdapat dalam cabai dan makanan pedas lainnya. Jika Anda mengalami perut panas setelah makan makanan pedas, berikut adalah beberapa cara mengatasi dan meredakan sensasi tersebut.

Cara Mengatas Perut Panas Setelah Makan Pedas

Perut panas atau terbakar setelah makan makanan pedas adalah gejala yang umum dialami oleh banyak orang. Makanan pedas mengandung senyawa bernama kapsaisin, yang dapat merangsang reseptor panas pada lidah dan dalam perut, menyebabkan sensasi panas atau terbakar.

Untuk mengatasi perut panas akibat makan pedas, Anda dapat mencoba beberapa langkah berikut:

1. Minum Air atau Minuman Dingin

Ketika Anda merasa perut panas akibat makan makanan pedas, minum air dingin bisa membantu meredakan sensasi panas. Air membantu mengencerkan kapsaisin dan mengurangi efek panasnya. Selain air, susu atau minuman berbasis susu lainnya juga efektif dalam meredakan sensasi panas karena protein kasein dalam susu dapat mengikat kapsaisin.

segelas air putih
segelas air putih (sumber: canva)

2. Konsumsi Makanan Bersifat Netral

Makanan bersifat netral seperti roti, nasi, atau yogurt dapat membantu menetralkan rasa pedas. Makanan ini tidak akan memperburuk sensasi panas di perut Anda. Cobalah makan makanan netral untuk meredakan perut panas.

3. Hindari Minuman Beralkohol

Hindari minuman beralkohol setelah makan makanan pedas. Alkohol dapat meningkatkan sensasi panas dan ketidaknyamanan pada perut Anda.

4. Hindari Minuman Berkafein

Kafein dalam minuman seperti kopi juga dapat memperburuk perut panas. Hindari minum minuman berkafein setelah makan makanan pedas.

5. Hindari Makanan Bersifat Asam

Makanan yang bersifat asam seperti jeruk atau tomat dapat membuat perut terasa lebih panas. Hindari makanan ini setelah makan makanan pedas.

6. Jangan Minum Air Panas

Meskipun keinginan alami adalah minum air panas saat makanan pedas, ini sebenarnya dapat memperburuk sensasi panas. Lebih baik minum air dingin atau susu.

7. Makan Makanan Berlemak

Makanan berlemak, seperti minyak zaitun atau avokad, dapat membantu meredakan sensasi pedas. Lemak dalam makanan ini dapat membantu melapisi lidah dan perut Anda.

8. Makan Makanan Manis

Gula atau makanan manis lainnya dapat membantu meredakan sensasi panas. Cobalah permen atau makanan penutup manis setelah makan makanan pedas.

9. Mengunyah Perlahan

Mengunyah makanan secara perlahan dan dengan hati-hati dapat membantu menghindari sensasi panas yang berlebihan. Selain itu, ini juga dapat membantu Anda menikmati makanan lebih lama.

10. Perasa Manis

Perasa manis seperti madu atau sirup mapel dapat membantu meredakan rasa pedas di mulut Anda. Campurkan perasa manis ini dengan makanan Anda untuk meredakan sensasi panas.

Ingatlah bahwa reaksi terhadap makanan pedas bervariasi dari individu ke individu. Beberapa orang lebih tahan terhadap pedas daripada yang lain.

 Jika Anda mengalami ketidaknyamanan yang berat atau gejala seperti mual, muntah, atau diare setelah mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya konsultasikan dengan profesional medis.

Selain itu, tindakan pencegahan dan pengendalian yang lebih baik juga termasuk dalam menghindari makanan pedas jika Anda memiliki riwayat reaksi yang parah.

Makanan pedas bisa sangat nikmat, dan dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat menikmati cita rasa pedas tanpa terlalu menderita akibat perut panas.