Sate ayam adalah makanan yang digemari oleh banyak orang, dari anak-anak hingga lansia. Selain enak, sate ayam juga melalui proses khusus dalam pengolahannya seperti dibakar dan diberi bumbu kacang.

Tapi karena sate ayam yang diolah secara khusus ini, muncul banyak sekali pertanyaan terkait, bolehkah penderita asam lambung makan sate ayam?

Mengingat bahwa penderita asam lambung harus selektif dalam memilih aspuan makanan. Secara umum, sate ayam boleh dikonsumsi bagi penderita asam lambung asal terkontrol secukupnya.

Pada dasarnya, sate ayam bersifat asam sehingga bisa meningkatkan produksi asam lambung. Selain itu, sate ayam juga terdiri dari kondimen lainnya seperti bumbu kacang, sambal, saus, dan atau kecap yang belum tentu aman apabila dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

Faktor-faktor yang Membuat Sate Ayam bisa Memicu Gejala Asam Lambung

1. Bumbu Kacang Pada Sate Ayam

Sate ayam biasanya dimakan dengan bumbu kacang. Tapi tidak bisa dipungkiri kalau bumbu kacang tinggi lemak. Lemak yang terkandung di dalam bumbu kacang bisa merangsang kolesistokinin atau hormon yang bisa melemahkan otot esofagus.

2. Bumbu Sate Yang Pedas

Rasa pedas yang ada di dalam bumbu kacang berasal dari cabai. Cabai sendiri mengandung zat capsaicin. Zat ini bisa membuat lambung menjadi iritasi sehingga memperburuk gejala GERD.

3. Daging Ayam yang Dibakar

daging sate
daging ayam dibakar (sumber: canva)

Dilansir dari Kemenkes RI daging yang dibakar juga bisa dikatakan kurang sehat bila dikonsumsi secara berlebihan. Protein daging ayam yang bereaksi dengan suhu tinggi dapat membentuk senyawa karsinogenik.

4. Gizi Yang Hilang

Kandungan gizi pada daging yan sudah dibakar pada suhu tinggi dan waktu yang lama dapat menghilnagkan kandungan gizi penting untuk tubuh seperti protein hewani.

5. Risiko Terkena Penyakit Lain

Tidak hanya memicu asam lambung naik, daging dibakar berisiko memicu penyakit lain seperti hipertensi, kolesterol tinggi, bahkan kanker.

Bagi penderita refluks asam diperlukan sikap yang bijak dalam mengonsumsi daging ayam. Sebaiknya mengonsumsi daging dengan cara direbus, agar nutrisinya tetap terjaga.

Masih banyak lauk pauk untuk asam lambung yang lebih sehat dan pastinya ramah bagi organ pencernaan Anda.

Pola hidup yang sehat selain olahraga yang teratur termasuk juga makanan yang dikonsumsi, sangat mempengaruhi kesehatan Anda seterusnya.

Kelola kesehatan lambung demi kelancaran beraktivitas sehari-hari dan mengurangi risiko keluhan asam lambung kronis.

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles