Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » Ciri ciri GERD Kronis: Penyebab dan Penanganan Awalnya

GERD saat ini jadi salah satu jenis penyakit yang banyak menjangkit kalangan remaja hingga dewasa. Apalagi dengan intensitas kegiatan yang padat dan pola hidup tidak teratur maka kemungkinan timbulnya akan semakin besar. Apa saja ciri ciri GERD kronis?

Tentu mengenali ciri utama dari GERD kronis bisa membantu dalam penentuan jenis penanganan apa yang harus dilakukan. Dibanding dengan melakukan self diagnosis atau diagnosa mandiri tanpa rujukan yang jelas, baiknya ketahui dulu secara pasti apa saja ciri dari penyakit kronis ini.

 

Penyebab GERD Kronis 


Asam lambung naik (sumber: canva)

Sebenarnya penyebab GERD kronis cukup beragam, namun penyebab yang paling dekat adalah perilaku sehari-hari. Karenanya, penting menjaga pola hidup sehat salah satunya dengan mengatur asupan makanan. Penyebab GERD dari kebiasaan sehari-hari yang bisa dikurangi diantaranya:

  • Makan terlalu kenyang atau berlebihan
  • Kebiasaan merokok
  • Langsung tidur setelah selesai makan
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak jenuh dan pedas
  • Kebiasaan meminum alkohol
  • Kebiasaan terlalu banyak minum kopi
  • Terlalu banyak menerima stress dan tidak bisa mengolahnya
  • Tidak pernah berolahraga

Selanjutnya ciri GERD kronis bisa timbul dari kebiasaan tidak baik di atas. Demi menghindari penyakit kronis ini, ada baiknya untuk menghindari kebiasaan buruk dan mulai membangun kebiasaan baik termasuk olahraga rutin dan menjauhi stress berlebih.

Baca: Kisah pengalaman para penderita GERD yang perlu anda baca

 

Ciri Ciri GERD Kronis 

GERD memiliki pembagian jenisnya tersendiri salah satunya GERD kronis. Dalam kondisi ini berarti GERD yang diidap bisa dibilang sangat parah. Jangan dibiarkan, berikut ciri penyakit GERD yang sudah termasuk kronis.

1. Heartburn Berkepanjangan 

Ciri pertama yang bisa dikenali adalah heartburn berkepanjangan. Tentu saja heartburn jadi salah satu indikasi umum dari penyakit GERD. Namun bila terjadi sering dan dalam waktu cukup panjang maka baiknya langsung memeriksakan diri.

2. Sering Muncul Regurgitasi

Regurgitasi atau gejala asam lambung naik ke kerongkongan bahkan hingga mulut patut diwaspadai. Apalagi bila muncul dengan efek sendawa yang terasa basah. Umumnya asam lambung yang naik pada penyakit GERD hanya sebatas kerongkongan bawah.

3. Munculnya Sindrom Dispepsia

Ciri ciri penyakit GERD kronis lain yang bisa dikenali yakni munculnya sindrom masalah perut atau dispepsia. Hati-hati bila terjadi gejala berikut sering datang:

  • Sendawa tanpa henti
  • Setelah makan terasa mual
  • Perut terasa penuh
  • Rasa sakit pada bagian atas perut

4. Iritasi Tenggorokan


Tenggorokan sakit (sumber: canva)

Pahami juga naiknya asam lambung akibat penyakit GERD bisa menyebabkan iritasi tenggorokan padahal sedang tidak panas dalam. Bila sering terjadi, maka akan lebih baik untuk periksakan diri ke dokter.

5. Seperti Ada yang Mengganjal di Tenggorokan

Ciri lain yang juga bisa ikut diidentifikasi yakni perasaan benjolan atau mengganjal di tenggorokan. Penyebab secara spesifiknya memang banyak, namun bila ciri ini datang bersamaan dengan GERD yang semakin parah maka Anda perlu berhati-hati.

 

Penanganan Awal saat Teridentifikasi GERD Kronis 

Panik saat mengetahui semua ciri ciri GERD kronis muncul di tubuh memang biasa. Namun di samping panik, agar tidak berakibat buruk ada penanganan awal yang perlu dilakukan. Beberapa di antaranya:

  • Tenangkan diri terlebih dulu
  • Segerakan konsultasi pada dokter terpercaya secara daring lalu selanjutnya langsung
  • Sigap menjalankan pengobatan atau terapi berdasar pengawasan dokter

Alih-alih overthinking memikirkan jenis penyakit apa yang sebenarnya diderita, ada baiknya bergegas melakukan tiga hal di atas. Jangan lupa untuk selalu sertakan dokter dalam proses konsultasi dan pengobatan agar tidak membahayakan diri sendiri.

Ciri ciri GERD kronis bisa dipahami dan dijadikan pegangan untuk identifikasi awal. Namun jangan larut dalam self diagnose tanpa rujukan jelas. Baiknya langsung konsultasikan ke dokter bila ciri GERD akut serasa banyak terjadi dalam tubuh.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles