Apakah Anda merasakan nyeri terasa seperti digigit di perut? Sekitar 10% orang mengalami asam lambung pada suatu titik dalam hidup mereka.

Asam lambung biasanya tidak sembuh dengan sendirinya. Bahkan dengan pengobatan, mereka bisa membutuhkan waktu untuk sembuh atau kembali jika tidak diobati dengan benar.

Berikut yang perlu Anda ketahui tentang jangka waktu pengobatan asam lambung, komplikasi yang mungkin Anda alami, dan kapan sebaiknya Anda menghubungi dokter.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk penyembuhan asam lambung?

Asam lambung biasanya sembuh dalam waktu 4 hingga 8 minggu. Namun, dapat memakan waktu lebih dari 12 minggu tergantung pada faktor-faktor seperti ukuran, penyebab, komplikasi, dan jenis pengobatan.

tanggalan jadwal minum obat

Pada kasus yang lebih lama, beberapa tukak mungkin membutuhkan 12 minggu atau lebih untuk sembuh. Hal-hal yang mempengaruhi penyembuhan asam lambung termasuk:

·         Penyebab mendasar asam lambung

·         Seberapa parah asam lambung yang Anda derita

·         Lamanya Anda menderita asam lambung

·         Pengobatan dan kepatuhan terhadap pengobatan

·         Segala komplikasi yang mungkin timbul, seperti pendarahan atau fibrosis (pembentukan jaringan parut)

Sereal Asam Lambung Nutriflakes
Nutriflakes Segera Redakan Maag dan Asam Lambung

Apa Sensasi yang Dirasakan oleh Penderita Asam Lambung?

Bagi penderita asam lambung, pengalaman gejala yang mengganggu adalah hal umum. Beberapa gejala yang sering dirasakan oleh mereka mencakup:

·         Sensasi Terbakar pada Dada (Heartburn)

Gejala ini merupakan yang paling umum dirasakan oleh penderita asam lambung. Sensasi terbakar ini sering terlokalisir di belakang tulang dada dan dapat menyebar hingga ke leher atau tenggorokan.

·         Regurgitasi

Penderita asam lambung mungkin mengalami regurgitasi, di mana terasa asam lambung atau makanan naik kembali ke kerongkongan atau mulut. Hal ini terjadi karena asam lambung mencapai kerongkongan.

·         Sering Bersendawa

Penderita sering merasa perlu untuk bersendawa berlebihan setelah makan. Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan gas di perut akibat gangguan pencernaan.

·         Rasa Pahit atau Asam di Mulut

Naiknya asam lambung ke kerongkongan dapat menimbulkan rasa pahit atau asam di mulut, terutama setelah makan atau saat berbaring.

·         Rasa Sakit atau Ketidaknyamanan di Dada

Beberapa penderita asam lambung dapat merasakan nyeri atau ketidaknyamanan di dada yang sering terkait dengan sensasi terbakar.

·         Kesulitan Menelan (Disfagia)

Pada kasus-kasus tertentu, asam lambung dapat menyebabkan kesulitan atau rasa nyeri saat menelan makanan atau minuman.

·         Batuk atau Suara Serak

Naiknya asam lambung ke kerongkongan dapat mengiritasi saluran pernapasan, yang menyebabkan penderita GERD sering mengalami batuk kronis atau suara serak.

Perlu diingat bahwa gejala asam lambung dapat bervariasi antar individu, dan tidak semua penderita akan mengalami gejala yang sama.

Baca: Rekomendasi Lauk Pauk untuk Penderita Asam Lambung

Pengobatan Asam Lambung Bertujuan untuk Mengatasi Gejala

Sembuh total dalam arti menyembuhkan atau memulihkan sepenuhnya kesehatan ke kondisi semula. Pengobatan asam lambung bertujuan untuk mengelola atau menghilangkan gejala atau rasa tidak nyaman.

Ketika penyakit sembuh, gejala tidak akan kembali setelah pengobatan. Penyembuhan penyakit terjadi ketika penyebabnya diatasi.

Namun, hal ini tidak dapat terwujud dalam kasus pengobatan asam lambung. Apabila penderita berhenti minum obat atau tidak lagi mengadopsi gaya hidup sehat, gejala dan rasa tidak nyaman akan kembali. Seringkali, kondisinya bisa memburuk dibandingkan sebelum penderita melakukan pengobatan.

Sampai saat ini, belum ada pengetahuan yang pasti mengenai bagaimana cara menyembuhkan asam lambung secara total. Namun Anda bisa berupaya untuk menjaga kesehatan lambung dengan cara yang sudah teruji.

Kapan harus mencari perawatan medis?

Asam lambung yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi. Anemia adalah komplikasi umum yang bisa terjadi jika tukak lambung Anda sedang perlahan-lahan berdarah.

Segera konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami gejala seperti kulit pucat, kelelahan, dan sesak napas saat melakukan aktivitas fisik.

About the Author

Rizkiawan Candra

Highly interested in content writing and passionate in digital contents. Currently learning about Search Engine Optimization.

View All Articles