Selain terkenal sebagai buah yang beraroma kurang enak, ternyata mengkudu bisa dikonsumsi untuk memberikan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk manfaatnya untuk asam lambung. Hanya saja, tidak sedikit individu yang masih bingung cara konsumsi mengkudu.

Selain mengulas manfaat mengkudu untuk asam lambung, kami juga akan membahas tentang cara membuat jus mengkudu untuk asam lambung. Bagaimana cara membuatnya? Simak artikel ini hingga selesai, ya!

Mengkudu atau yang disebut juga buah noni telah digunakan secara luas sebagai obat tradisional dan terkenal karena mengandung antioksidan kuat. Meskipun beraroma kurang enak, mengkudu telah sejak lama dipercaya dapat membantu mengatasi masalah asam lambung.

Mengkudu mengandung senyawa antibakteri, antitumor, anti peradangan, pereda nyeri, dan meningkatkan imun tubuh. Sejumlah penelitian juga menyatakan bahwa mengkudu telah terbukti karena manfaatnya untuk penyakit radang lambung.

Cara Membuat Jus Mengkudu untuk Asam Lambung

Bahan-bahan:

  • 1 buah mengkudu segar dan matang.
  • 1 buah apel.
  • Madu murni secukupnya.

Langkah-langkah pembuatan:

  • Cuci mengkudu dan apel dengan air mengalir hingga bersih.
  • Pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih, atau bisa gunakan sarung tangan untuk mengupas buah.
  • Kupas buah mengkudu yang telah matang, buang bijinya, dan potong menjadi dua bagian.
  • Kupas apel, buang bijinya, kemudian potong menjadi empat bagian.
  • Blender mengkudu dan apel, kemudian tambahkan madu murni secukupnya.
  • Setelah halus, jus siap disajikan dan dinikmati.

Manfaat Mengkudu untuk Asam Lambung

1. Membantu Mencegah Peradangan

Asam lambung berlebih yang terus memapar dinding lambung atau saluran pencernaan lainnya, seperti kerongkongan, akan menyebabkan peradangan.

Buah mengkudu memiliki kandungan zat anti radang, sehingga dapat mempercepat pemulihan radang pada sistem pencernaan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung. Zat anti radang pada mengkudu juga dapat membunuh bakteri yang terdapat di area peradangan tersebut.

2. Melindungi Mukosa Lambung

Mukosa lambung berfungsi melindungi dinding lambung dari asam lambung yang dapat menyebabkan kerusakan, nyeri lambung, dan gangguan pencernaan.

Bermanfaat melindungi mukosa lambung, buah mengkudu dapat membantu mencegah terjadinya tukak lambung.

3. Membantu Meredakan Nyeri pada Lambung

Buah mengkudu juga memiliki kandungan analgesik yang dapat membantu meredakan sakit dan rasa tidak nyaman akibat dari naiknya asam lambung atau asam lambung berlebihan pada sistem pencernaan.

4. Meningkatkan Jumlah Bakteri Baik di Pencernaan

Mengkudu dapat membantu meningkatkan bakteri baik di dalam pencernaan. Di dalam lambung, bakteri baik akan membantu mengurangi infeksi akibat bakteri jahat (H. Pylori) yang berkembang saat lambung mengalami luka.

5. Meningkatkan Fungsi Sfingter Esofagus

Saat otot sfingter esofagus tidak berfungsi secara optimal, dapat menyebabkan naiknya asam ke kerongkongan. Dengan konsumsi mengkudu, kerongkongan dapat mengantisipasi naiknya asam lambung karena otot sfingter esofagus dapat berfungsi secara optimal.

Itulah sejumlah manfaat buah mengkudu untuk asam lambung yang dapat kita rasakan apabila konsumsi buah mengkudu. Tapi karena beraroma dan berasa kurang enak, mengkudu jarang digemari untuk dikonsumsi, termasuk dikonsumsi sebagai obat herbal.

Baca juga:

Rekomendasi Jus Bagi Penderita Asam Lambung, Resep Praktis Optimal

Kesimpulan

Buah mengkudu memang memiliki aroma dan rasa agak menusuk (kurang enak). Maka dari itu, saat membuat jus mengkudu, sebaiknya gunakan campuran buah lain dan madu untuk meminimalisir rasa kurang enak tersebut.

Sebaiknya, jus mengkudu ini dibuat untuk sekali minum dan jangan disimpan di dalam lemari pendingin, ya!

Selain dijadikan jus, mengkudu juga dapat dikonsumsi dengan cara diminum air rebusannya bersama tambahan madu.

Meskipun mengkudu memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk asam lambung, bagi individu yang mengalami kondisi tertentu, sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum konsumsi mengkudu.

Selamat mencoba, semoga Anda menyukainya, ya!

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles