Dada bagian tengah atas perut Anda terasa sakit yang disertai dengan sensasi panas, mual, dan perut kembung di malam hari? Bisa jadi karena Anda mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti sindrom dispepsia, GERD, tukak lambung, hingga kanker lambung. Lalu, bagaimana cara mengatasi nyeri ulu hati pada malam hari?

Nyeri ulu hati pada malam hari akan membuat tidur Anda terganggu. Nyeri ulu hati pada malam hari biasanya terjadi karena beberapa aktivitas yang Anda lakukan sebelum tidur seperti makan terlalu banyak, langsung tidur setelah makan, atau karena terlalu banyak pikiran.

Tips Cara Mengatasi Nyeri Ulu Hati pada Malam Hari

  1. Posisikan Kepala Lebih Tinggi saat Berbaring

Hal paling utama yang harus dilakukan untuk meredakan nyeri ulu hati pada malam hari adalah meninggikan posisi kepala saat berbaring.

Caranya, tumpuk beberapa bantal hingga posisi kepala Anda bisa lebih tinggi sekitar 10-15 cm dari lambung. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi refluks asam lambung, yaitu di mana asam lambung kembali mengalir ke kerongkongan sehingga nyeri ulu hati juga bisa diredakan. Oleh karena itu, memposisikan kepala lebih tinggi saat berbaring merupakan salah satu cara mengatasi nyeri ulu hati pada malam hari.

  1.  Memijat Titik Hegu

Titik hegu adalah titik yang terletak pada punggung tangan, tepatnya di area cekungan antara ibu jari dan telunjuk. Memijat titik hegu bisa membantu mengobati gangguan pencernaan seperti nyeri pada ulu hati. Oleh karena itu, memijat titik hegu merupakan salah satu cara mengatasi nyeri ulu hati pada malam hari.

  1. Tidur Miring ke Arah Kiri 

Salah satu cara mengatasi nyeri ulu hati pada malam hari adalah dengan memposisikan tidur miring ke arah kiri. Posisi ini akan mengurangi rasa nyeri pada ulu hati karena posisi tubuh yang miring ke kiri bisa membantu mencegah isi lambung kembali naik ke kerongkongan. Oleh karena itu, tidur miring ke arah kiri merupakan salah satu cara mengatasi nyeri ulu hati pada malam hari.  Jika kamu lebih senang tidur miring ke kanan, sekarang coba tidur miring ke kiri, yuk!

  1. Mengunyah Permen Karet

Nyeri ulu hati pada malam hari bisa diatasi dengan cara mengunyah permen karet karena mengunyah permen karet bisa meningkatkan produksi air liur. Air liur memiliki peran dalam menenangkan kerongkongan dan meredakan naiknya asam lambung sehingga mengunyah permen karet juga bisa meredakan rasa nyeri pada ulu hati. Oleh karena itu, mengunyah permen karet merupakan salah satu cara mengatasi nyeri ulu hati pada malam hari. Jadi, coba sediakan permen karet di sekitar kamu saat tidur, yuk!

  1. Mengenakan Pakaian Longgar

Anda bisa mengenakan pakaian yang longgar saat tidur seperti piama atau daster. Jangan kenakan aksesoris yang berpotensi menekan area perut seperti korset dan ikat pinggang. Selain itu, pakaian ketat juga bisa menekan area perut sehingga memperburuk keluhan nyeri ulu hati. Oleh karena itu, mengenakan pakaian longgar merupakan salah satu cara mengatasi nyeri ulu hati pada malam hari. 

  1. Konsumsi Air Rebusan Jahe

Air rebusan jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya bisa membantu mengatasi nyeri ulu hati pada malam hari karena jahe bersifat antiradang. Jahe yang memiliki sifat antiradang ini bisa membantu mengurangi peradangan dan iritasi pada kerongkongan akibat naiknya asam lambung. Oleh karena itu, konsumsi air rebusan jahe merupakan salah satu cara mengatasi nyeri ulu hati pada malam hari.

Cara mengatasi nyeri ulu hati pada malam hari cukup mudah. Tapi selain dengan cara di atas, Anda juga harus melakukan pencegahan lain agar nyeri ulu hati tidak kambuh lagi seperti tidak langsung berbaring setelah makan, makan dengan porsi kecil, mengunyah dengan perlahan, dan menghindari berbagai macam makanan pedas serta berminyak.

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles