Benarkah ada sayur untuk mata minus?

Dewasa ini, screen time sudah menjadi makanan sehari-hari, baik dari kalangan anak-anak, hingga lansia. Tapi tahukah kamu bahwa kebiasaan screen time ini dapat menyebabkan mata minus?

Untuk membantu mengatasi mata minus, dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Termasuk konsumsi sayuran. Lantas, apa saja sayur untuk mata minus?

Sebelum membahas mengenai sayur apa saja yang baik untuk mata minus, mari kenali secara singkat apa itu mata minus!

Mata minus disebut juga sebagai miopi, yaitu kondisi di mana mata tidak mampu melihat objek  yang jauh. Akibatnya, objek tersebut tampak tidak jelas (kabur).

Masalah mata minus ini dapat disebabkan oleh faktor genetik, jarang melakukan aktivitas di luar ruangan, kebiasaan membaca, dan yang paling sering terjadi karena screen time terus menerus.

Ketika seseorang dinyatakan mengalami kondisi mata minus, dokter akan melakukan perencanaan dan menentukan perawatan yang tepat. Umumnya, pasien akan dianjurkan untuk menggunakan kacamata minus sesuai tingkat keparahan mata yang diderita.

Selain itu, perawatan mata minus juga dapat dilakukan melalui peningkatan fungsi mata dengan cara memberi nutrisi terbaik untuk mata dari makanan yang dikonsumsi, seperti sayur ataupun buah.

Maka dari itu, kali ini kami akan mengulas apa saja sayur untuk mata minus yang dapat membantu meningkatkan fungsi mata bagi penderita mata minus.

Sayur untuk Mata Minus

1. Wortel

wortel_mentah

Wortel memang sudah terkenal sejak lama sebagai sayuran yang sangat baik untuk mata, termasuk sayur untuk mata minus.

Manfaat ini berkat kandungan vitamin A dan beta-karoten pada wortel yang dapat membantu mencegah infeksi mata atau kondisi mata serius lainnya, seperti mata minus.

Kamu bisa konsumsi wortel secara langsung, dijadikan jus, atau diolah menjadi masakan.

2. Bunga Kol

Bunga kol juga termasuk ke dalam jenis sayuran untuk mata minus. Manfaat ini berkat kandungan vitamin C yang tinggi pada bunga kol, di mana dapat memenuhi 58 persen dari kebutuhan vitamin C harian tubuh.

Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat, sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas, penyebab gangguan pada mata, termasuk mata minus.

3. Brokoli

Brokoli merupakan sayur untuk mata minus berkat kandungan lutein atau zeaxanthin di dalamnya. Lutein sendiri merupakan salah satu nutrisi terbaik untuk membantu meningkatkan fungsi penglihatan.

Hebatnya lagi, lutein memiliki kemampuan untuk menyaring cahaya biru yang dipancarkan oleh perangkat digital serta menunda perkembangan katarak.

4. Bayam

bayam_sayur_penambah_darah

Selain mudah ditemukan di pasaran, bayam juga merupakan sayur untuk mata minus berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Konsumsi bayam dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Agar mendapatkan manfaat yang lebih optimal untuk mata, sebaiknya konsumsi bayam dalam keadaan mentah dengan cara dicampur ke dalam salad.

5. Asparagus

asparagus_kaya_zat_besi

Asparagus baik untuk kesehatan mata berkat kandungan vitamin A yang berfungsi menjaga kemampuan penglihatan. Kandungan antioksidan di dalam asparagus juga dapat membantu melindungi mata dari kerusakan, akibat dari paparan radikal bebas.

Itulah beberapa sayuran untuk mata minus yang dapat kamu olah menjadi berbagai macam masakan agar mendapatkan khasiat lebih optimal, terutama untuk peningkatan fungsi mata. Selain dengan konsumsi jenis sayuran tersebut, kamu juga dapat melakukan beberapa hal ini untuk menurunkan risiko dari mata minus:

  • Tidak membaca, menulis, dan melihat sesuatu dalam jarak pandang terlalu dekat.
  • Perbanyak aktivitas di luar ruangan.
  • Istirahatkan mata apabila mata lelah.
  • Hindari membaca dan menulis di tempat gelap atau kurang cahaya.

Kesimpulan

Dengan mengkombinasikan sayuran sehat yang bermanfaat untuk mata minus dalam kehidupan sehari-hari diharapkan mampu untuk menjaga mata agar tetap sehat.

Keadaan mata minus akan semakin parah bila kebiasaan buruk seperti seperti berlama lama main gadget saat malam hari.

Jangan pernah lupakan untuk istirahatkan mata dengan aktivitas yang meringankan kerja mata,

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles