Bahaya Buah Durian — Siapa yang tidak kenal dengan buah berduri ini? Banyak yang suka, tapi banyak juga yang sangat anti dengan buah durian. Bahkan, sebelum mencoba rasanya, kebanyakan orang sudah sangat terganggu dengan aroma durian yang begitu menyengat dan membuat kepala pusing.

Selain aromanya yang menyengat, buah durian disinyalir bisa menimbulkan efek negatif tertentu, terutama saat dikonsumsi berlebihan. Bahaya buah durian, salah satunya bisa membuat tubuh panas sehingga sebaiknya durian dikonsumsi dengan porsi yang sesuai.

Bahaya buah durian sudah banyak diketahui oleh berbagai kalangan. Tapi jika dilihat dari kandungannya, ternyata durian juga mengandung nutrisi, lho!

Menurut verywell fit, satu cangkir durian segar atau durian beku yang setara dengan 243 gram, mengandung:

  • Kalori: 357 kkal
  • Lemak: 13 gram
  • Sodium: 4.9 miligram
  • Karbohidrat: 66 gram
  • Serat: 9.2 gram
  • Protein: 3.6 gram
  • Potasium: 1060 gram
  • Fosfor: 94.8 miligram
  • Magnesium: 72.9 miligram
  • Vitamin C: 47.9 miligram
  • Folat: 87.5 mikrogram

Durian juga disebut sebagai buah dengan kandungan potasium, fosfor, magnesium, vitamin C, dan folat yang baik.

Meskipun durian mengandung berbagai nutrisi, durian juga berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Bahaya Buah Durian Bila Dikonsumsi Berlebihan

1. Mabuk Durian

Mabuk durian yang dimaksud juga tidak seperti mabuk minuman keras, di mana menyebabkan lupa diri atau hilang kesadaran. Mabuk durian yang sebenarnya ditandai dengan perut kembung, perut begah, perut nyeri, hingga kram. Selain itu, mabuk durian juga bisa menyebabkan mual dan ingin muntah.

Hal ini terjadi karena makan durian terlalu banyak bisa membuat tubuh mendapatkan asupan gula (sukrosa dan fruktosa) yang berlebih. Gula ini tidak bisa dipecah oleh tubuh sehingga menumpuk di usus. Fermentasi di usus ini yang akan menghasilkan banyak gas, penyebab masalah pencernaan.

2. Membuat Tubuh Panas

Bahaya buah durian yang lain, yaitu bisa membuat tubuh panas seperti terbakar. Kondisi ini biasanya terjadi apabila durian dimakan terus menerus secara berlebihan karena durian juga mengandung sulfur.

Hasil uji laboratorium yang dilakukan oleh foodchemistry (2014), terdapat efek pemanasan tubuh dari makan durian, sama seperti makan rempah-rempah.

3. Meningkatkan Risiko Diabetes

Kandungan gula alami sederhana berupa sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang sangat cepat diserap oleh tubuh sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah (lonjakan gula darah). Kadar gula darah tinggi ini bisa berujung pada diabetes.

Oleh sebab itu, bagi penderita diabetes atau bagi seseorang yang berisiko tinggi diabetes sebaiknya lebih waspada dalam mengonsumsi durian.

4. Memicu Obesitas

Kandungan kalori yang tinggi pada durian dapat memicu obesitas. Satu kilogram buah durian mengandung sekitar 1.470 kalori. Dalam artian, satu durian utuh sudah mencukupi sekitar 58% kebutuhan kalori harian tubuh.

berat_badan_naik

Kalori memang baik untuk tubuh, salah satunya sebagai bahan bakar tubuh. Tapi asupan kalori yang berlebih apabila tidak diimbangi dengan pembakaran kalori, bisa meningkatkan risiko kegemukan atau obesitas. Apabila seseorang mengalami obesitas, akan cenderung mudah terkena berbagai macam penyakit lainnya seperti stroke hingga gagal jantung.

5. Gangguan Pencernaan

Bahaya buah durian apabila dikonsumsi secara berlebihan, yaitu bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan ini bisa terjadi karena buah durian juga mengandung serat tinggi. Meskipun serat baik untuk kesehatan pencernaan, di sisi lain konsumsi serat terlalu banyak justru akan menyebabkan masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan perut kembung.

6. Menyebabkan Mual

Bahaya buah durian yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah mual. Hal ini karena durian memiliki aroma khas menyengat yang sangat mengganggu. Aroma khas yang kuat dan mengganggu ini biasanya menyebabkan buah durian tidak disukai oleh banyak orang.

Durian memang memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Tapi konsumsi durian secara berlebihan juga bisa menimbulkan efek negatif bagi tubuh. Konsumsi buah durian diperbolehkan dengan memperhatikan porsinya, ya.

Mengonsumsi Durian dengan Bijak

Bagi pengidap penyakit tertentu seperti asam lambung misalnya, sebaiknya hindari konsumsi durian demi meminimalisir efek yang terjadi.

Konsumsi durian secukupnya: apabila sudah dirasa cukup segera berhenti dan minum air putih.

Tidak setiap hari: Tidak disarankan mengonsumsi durian setiap hari.

Setelah makan: Untuk mencari aman dari segala efek samping, sebaiknya isi perut dahulu dengan makanan pokok seperti nasi sebelum makan durian.

Meskipun termasuk dalam ketegori buah-buahan, durian tidak selalu baik bagi individu tertentu bila dikonsumsi. Selalu pantau respon tubuh Anda, segera konsultasi ke ahli kesehatan apabila terjadi kejanggalan.

Referensi:
//verywellfit.com
//hellosehat.com

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles