Olahraga biasa dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Selain dengan cara menjaga pola makan, olahraga juga mendukung penurunan berat badan karena olahraga bisa membakar kalori tubuh. Tapi apakah boleh setelah makan langsung olahraga?

Makan sebelum olahraga juga sering dilakukan agar tubuh menjadi lebih bertenaga. Tapi siapa sangka kalau setelah makan langsung olahraga justru bisa menimbulkan efek samping, terutama saat olahraga dilakukan secara asal-asalan.

Menurut Alodokter, berolahraga setelah makan boleh-boleh saja. Tapi beberapa hal juga perlu diperhatikan agar terhindar dari efek samping yang berkemungkinan besar akan muncul, seperti masalah pencernaan.

Efek Samping Setelah Makan Langsung Olahraga

makan setelah olahraga

Ada dua efek samping yang terjadi setelah makan langsung olahraga, yaitu gangguan pencernaan dan tubuh terasa lesu saat berolahraga.

Berikut penjelasan lebih rinci mengenai efek samping setelah makan langsung olahraga:

1. Mual dan Muntah

Saat olahraga, tubuh akan mengalami guncangan. Guncangan tersebut akan memengaruhi perut yang penuh karena sehabis makan, sehingga menimbulkan rasa mual hingga muntah.

2. Kram Perut

Dampak setelah makan langsung olahraga berikutnya adalah kram perut. Rasa kram pada perut ini bisa muncul karena perut yang penuh dengan makanan dipaksa untuk menarik ikatan sendi saat olahraga dilakukan.

3. Kenaikan Berat Badan

Setelah makan langsung olahraga diharapkan bisa membakar kalori, tapi alih-alih membakar kalori, setelah makan langsung olahraga justru bisa menaikkan berat badan. Hal ini terjadi karena seseorang yang telah melakukan olahraga akan cenderung makan lagi.

4. Usus Buntu

Dampak setelah makan langsung olahraga bagi pencernaan, yaitu usus buntu. Hal ini terjadi karena gerakan tubuh yang dilakukan setelah makan bisa membuat sistem pencernaan tidak menyerap nutrisi secara maksimal.

Itu beberapa efek samping setelah makan langsung olahraga yang harus dihindari untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.

Apakah boleh setelah makan langsung olahraga?

Sebaiknya, olahraga dilakukan sebelum makan. Tapi kondisi ini tergantung pada jenis olahraga yang dijalani. Saat akan melakukan olahraga berat, jika ingin makan terlebih dahulu, sebaiknya makan 1 hingga 2 jam sebelum olahraga. Jika tidak, sebaiknya hindari makan saat sebelum olahraga.

Agar kamu tidak mengalami berbagai efek samping di atas, kamu bisa menerapkan cara untuk mencegah efek samping setelah makan langsung olahraga.

Cara Mencegah Efek Samping Setelah Makan Langsung Olahraga

1. Mengatur Jam Makan

Cara mencegah efek samping setelah makan langsung olahraga, yaitu dengan mengatur jam makan. Sebaiknya, jeda antara waktu makan dengan waktu berolahraga minimal selama 1 jam. Apabila kamu konsumsi makanan berat, kamu bisa memperpanjang waktu jeda tersebut hingga 3-4 jam sebelum olahraga.

Baca:

Kenali Apa itu Pola Makan Sehat

2. Memperhatikan Porsi Makan

Sebaiknya, makan secukupnya sebelum berolahraga. Makan terlalu banyak justru bisa memperlambat proses pencernaan makanan, sehingga jeda waktu yang dibutuhkan antara makan dan olahraga juga semakin lama.

3. Memilih Asupan Makanan yang Akan Dikonsumsi

Sebelum berolahraga, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein. Sementara kamu bisa menghindari makanan tinggi serat dan makanan berlemak karena makanan jenis ini membutuhkan waktu agak lama untuk dicerna oleh tubuh.

Itu ulasan tentang apakah boleh setelah makan langsung olahraga. Setelah makan langsung olahraga sebaiknya dihindari agar tidak menimbulkan efek samping yang mengganggu kesehatan tubuh.

Efek samping setelah makan langsung olahraga bisa dicegah atau diminimalisir dengan cara mengatur jam makan, memperhatikan porsi makan, dan memilih asupan makanan. Apabila efek samping tetap terjadi setelah menerapkan cara tersebut, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

banner_pemesanan_nutriflakes

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles