Aerobik adalah jenis olahraga yang melibatkan latihan fisik, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pernapasan dan peredaran darah tubuh. Lantas, apakah aerobik bisa menurunkan berat badan?

Aerobik sering dikaitkan dengan penurunan berat badan karena bisa membantu membakar kalori tubuh agar tidak menumpuk sebagai lemak. Sebelum menjawab pertanyaan seputar apakah aerobik bisa menurunkan berat badan atau tidak, yuk kenali terlebih dahulu jenis olahraga aerobik!

Macam-macam Olahraga Aerobik

1. Jalan Kaki

Jalan kaki adalah olahraga aerobik yang mudah dilakukan karena tidak membutuhkan alat dan pakaian khusus saat melakukannya. Jalan kaki bisa dilakukan sembari berbelanja, berjalan ke kantor, naik tangga ataupun mengambil minum ke dapur.

Defisit kalori:

Jalan kaki selama 30 menit setiap hari, bisa membantu tubuh membakar kalori sebanyak 167 kalori. Untuk mendapatkan manfaat secara lebih optimal, kamu bisa meningkatkan durasi berjalan kaki.

2. Jogging

Hampir sama dengan jalan kaki, jogging juga tidak memerlukan alat khusus. Tapi agar jogging bisa dilakukan dengan nyaman, sebaiknya gunakan sepatu untuk jogging.

Defisit kalori:

Jogging selama 30 menit, bisa membantu kamu membakar kalori sebanyak 300 sampai 700 kalori.

3. Berenang

Berenang juga bisa membakar kalori tubuh walaupun terasa tidak membuat tubuh berkeringat karena dilakukan di dalam air.

Defisit kalori:

Berenang selama 30 menit, bisa membantu kamu membakar kalori sebanyak 250 hingga 400 kalori

4. Bersepeda

Bersepeda adalah jenis olahraga yang populer. Tidak harus dilakukan di luar ruangan, saat ini bersepeda bisa kamu lakukan di dalam ruangan menggunakan sepeda statis.

Defisit kalori:

Bersepeda sekitar 30 menit di luar ruangan, bisa membakar kalori sebesar 280 sampai 360. Sementara menggunakan sepeda statis dengan durasi yang sama, bisa membakar kalori sebanyak 250 sampai 280 kalori.

5. Senam

Senam adalah jenis olahraga aerobik yang bertempo lebih cepat dan bisa membantu menurunkan berat badan. Selain meningkatkan denyut jantung dan pernapasan, senam juga bisa membakar kalori.

Defisit kalori:

Selama 30 menit senam aerobik akan membuang sekitar 170 hingga 280 kalori.

6. Zumba

Zumba adalah jenis aerobik yang menyenangkan karena bisa diiringi dengan musik beat kesukaan. Saat melakukan zumba, kamu justru tidak merasa seperti sedang melakukan olahraga.

Defisit kalori:

Satu jam zumba bisa membantu kamu membakar 300 sampai 900 kalori.

7. Kickboxing

Olaharaga ini memerlukan teknik khusus dan juga power yang cukup besar sehingga mampu membakar banyak kalori.

Defisit kalori:

Latihan kickboxing selama 50 menit bisa membakar 430 hingga 600 kalori.

Artikel terkait:

Punya Masalah dengan Defisit Kalori? Simak Solusinya di Sini

Itu beberapa jenis olahraga aerobik yang bisa menurunkan berat badan karena berkontribusi dalam pembakaran kalori tubuh. Pembakaran kalori tubuh meminimalisir adanya penumpukan lemak pada tubuh, sehingga kenaikan berat badan tidak terjadi.

Apakah aerobik bisa menurunkan berat badan? Maka jawabannya adalah ya, aerobik bisa menurunkan berat badan karena membantu tubuh dalam proses pembakaran kalori.

Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, aerobik juga memiliki manfaat lainnya, seperti:

  • Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.
  • Meningkatkan kebugaran dan stamina.
  • Memperbaiki mood atau suasana hati.
  • Memperkuat tulang dan otot tubuh.
  • Meningkatkan kemampuan kognitif.
  • Menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

Itulah beberapa manfaat dari aerobik selain menurunkan berat badan. Walaupun olahraga aerobik aman dilakukan, bisa menurunkan berat badan, dan juga bisa meningkatkan kesehatan, aerobik juga perlu diimbangi dengan pola makan sehat agar tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi dan serat untuk menunjang kesehatan secara keseluruhan.

Selamat mencoba!

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles