Vertigo, sebuah kondisi yang seringkali muncul secara tiba-tiba, termasuk dalam kategori penyakit yang dapat berdampak serius. Orang-orang di usia produktif berisiko terkena vertigo jika tidak mengadopsi gaya hidup sehat. Untuk meredakan gejala vertigo, ada beberapa pilihan makanan yang dapat dijelajahi oleh penderita.

Berikut beberapa opsi makanan yang dapat dicoba oleh penderita vertigo. Namun sebelum mengetahui makanan apa saja yang bisa dikonsumsi bagi penderita vertigo, alangkah lebih baik mengetahui apa sebenarnya vertigo itu?

Apa Itu Vertigo?

Vertigo adalah suatu kondisi yang membuat seseorang merasa pusing atau berputar, seolah-olah lingkungan sekitarnya atau dirinya sendiri sedang bergerak. Sensasi pusing ini sering disertai dengan rasa mual, muntah, dan ketidakseimbangan.

Meskipun sering dikaitkan dengan masalah pada telinga dalam, vertigo sebenarnya bukan penyakit, melainkan gejala dari beberapa kondisi atau gangguan kesehatan tertentu.

Beberapa penyebab umum dari vertigo melibatkan gangguan pada sistem vestibular, yang terletak di dalam telinga dalam dan bertanggung jawab atas keseimbangan tubuh.

Sistem ini berperan dalam mendeteksi perubahan posisi kepala dan memberi sinyal ke otak untuk menjaga keseimbangan. Beberapa penyebab vertigo meliputi:

·         Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV): Terjadi ketika partikel-partikel kalsium kecil mengendap dalam cairan telinga dalam, menyebabkan ketidakseimbangan dan sensasi berputar saat perubahan posisi kepala.

·         Labirinitis: Radang pada labirin, struktur telinga dalam yang berperan dalam keseimbangan dan pendengaran, dapat menyebabkan vertigo, sering kali disertai gangguan pendengaran.

·         Migren Vertigo: Beberapa orang dengan migren dapat mengalami vertigo sebagai bagian dari serangan migren mereka.

·         Meniere’s Disease: Kondisi yang melibatkan penumpukan cairan berlebih di dalam telinga dalam, menyebabkan tekanan yang berlebihan dan menyebabkan vertigo bersama dengan gangguan pendengaran dan tinitus (bunyi berdengung di telinga).

·         Vestibular Neuritis: Infeksi virus pada saraf vestibular, yang menghubungkan telinga dalam dengan otak, dapat menyebabkan peradangan dan vertigo.

·         Tumor Otak: Tumor yang menekan saraf vestibular atau bagian otak yang terkait dengan keseimbangan dapat menyebabkan vertigo.

Gejala vertigo dapat bervariasi, dan intensitasnya dapat berbeda-beda antar individu. Penderita vertigo mungkin mengalami pusing yang ringan hingga parah, disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, keringat dingin, dan ketidakseimbangan.

Pemeriksaan medis oleh profesional kesehatan, seperti dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) atau ahli saraf, sering diperlukan untuk menentukan penyebab dan pengelolaan yang tepat.

Baca juga:

Ciri-ciri Vertigo karena Asam Lambung? Mitos atau Fakta?
4 Tipe Makanan ini Bisa Memicu Vertigo

Makanan yang Bisa Dikonsumsi Penderita Vertigo

1. Alpukat

buah_alpukat_untuk_maag

Buah alpukat mengandung sejumlah besar vitamin B6, yang dapat memberikan kontribusi positif dalam mengatasi vertigo. Alpukat dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, seperti jus, dicampur dengan hidangan seperti salad atau mi, atau langsung dikonsumsi.

2. Bayam

Dalam kategori sayuran, bayam adalah pilihan makanan yang baik untuk penderita vertigo. Mengandung vitamin B6, bayam dapat membantu mengatasi gejala pusing yang sering terjadi pada kondisi vertigo.

3. Ikan Air Tawar

Ikan air tawar menjadi alternatif makanan untuk penderita vertigo, terutama bagi mereka yang perlu membatasi konsumsi daging. Ikan air tawar, rendah garam, dapat memberikan asupan protein yang diperlukan tanpa meningkatkan risiko gejala pusing yang sering terkait dengan vertigo.

4. Manggis

buah_manggis_

Buah manggis bukan hanya kaya akan vitamin A, B6, B12, dan C, tetapi juga mengandung zat xanthone dalam kulitnya. Zat ini berfungsi sebagai antioksidan dan analgesik, membantu mengatasi vertigo dengan efektif.

5. Pisang

Pisang diakui sebagai makanan yang bermanfaat bagi penderita vertigo karena kemampuannya untuk menambah energi dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

6. Selai Kacang

selai kacang

Kacang olahan, seperti selai kacang, merupakan sumber vitamin B6 yang dapat meningkatkan metabolisme, melawan radikal bebas, dan mengurangi gejala pusing yang dapat terjadi pada vertigo. Konsumsi selai kacang secara rutin, minimal satu sendok per hari, dapat memberikan manfaat positif.

Selain konsumsi makanan yang disebutkan di atas, penting juga bagi penderita vertigo untuk menjaga hidrasi tubuh dengan cukup minum air putih. Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan vertigo.

Meskipun, disarankan untuk tidak minum terlalu banyak air mineral dalam waktu singkat, karena hal ini dapat membebani perut dan memperparah rasa mual. Sebaiknya, waktu minum air putih dibagi menjadi beberapa sesi selama hari.

Penting juga untuk dihindari makanan yang dapat memperburuk vertigo, seperti makanan terlalu asin, terlalu manis, kacang-kacangan, biji-bijian, serta daging dan keju.

Dengan menggabungkan pilihan makanan tersebut dalam pola makan sehari-hari, penderita vertigo dapat mengelola gejalanya dengan lebih baik. Namun, sebelum mengubah pola makan atau memulai program diet khusus, konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk memastikan kesesuaian dengan kondisi individu.

About the Author

Rizkiawan Candra

Karena nikmat sehat itu sangat penting, maka saya akan berbagi tips kesehatan dengan mencurahkannya berupa tulisan artikel yang diharapkan menjadi manfaat untuk semua.

View All Articles