Daun kelor telah sejak lama dikenal sebagai obat alami yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Karena khasiatnya ini, tanaman kelor juga sering disebut sebagai miracle tree.

Selain mengandung nutrisi berupa kalori, vitamin, protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, asam folat, dan kalium, daun kelor juga mengandung antioksidan yang tinggi. Berdasarkan kandungan nutrisi daun kelor tersebut, apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan secara keseluruhan?

Berikut kami rangkum dari berbagai sumber manfaat daun kelor seperti berikut ini.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan secara Utuh

1. Membantu Melancarkan Pencernaan

daun_kelor_melancarkan_pencernaan

Daun kelor mengandung serat, baik serat larut maupun serat tidak larut air. Serat larut air di dalam daun kelor akan membentuk gel apabila berinteraksi dengan air, sehingga dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Rasa kenyang yang lebih lama ini akan mengontrol agar tidak makan berlebihan.

Sementara itu, kandungan serat tidak larut air di dalam daun kelor ini bisa menambah volume feses, sehingga feses menjadi lebih mudah melewati saluran pencernaan. Hal ini bisa menghindari kita dari masalah sembelit atau konstipasi.

2. Membantu Melawan Radikal Bebas

Daun kelor mengandung antioksidan tinggi sehingga berperan penting dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan kanker, penyempitan pembuluh darah, ataupun penurunan fungsi ginjal. Selain itu, radikal bebas juga bisa menyebabkan kerusakan sel sehingga seseorang mengalami penuaan lebih cepat.

3. Mengurangi Peradangan di Dalam Tubuh

Peradangan adalah respons alami tubuh saat mengalami infeksi atau cedera. Tapi apabila peradangan terjadi dalam jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan penyakit kronis. Daun kelor mengandung isotiosianat yang merupakan senyawa anti peradangan sehingga dengan konsumsi daun kelor bisa mengurangi peradangan di dalam tubuh.

4. Sumber Vitamin C

daun_kelor_sumber_vitamin_c

Daun kelor tinggi akan kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C di dalam daun kelor ini biasa membantu mencegah terjadinya penyakit kronis, mencegah serangan jantung, hingga membantu penyembuhan luka lebih cepat. Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa seseorang yang memiliki kadar vitamin C tinggi di dalam darahnya memiliki risiko terkena penyakit stroke lebih rendah.

5. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Daun kelor juga mengandung mineral bernama kalium. Kalium di dalam daun kelor ini bisa membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, kalium juga dipercaya efektif dalam menjaga tekanan darah agar tetap stabil sehingga mencegah terjadinya risiko penyakit hipertensi.

Baca juga:

✔️ Cara Terbaik mengonsumsi Daun Kelor
✔️ Manfaat Daun Kelor dalam Al Quran, Baik Secara Spiritual dan Medis

6. Membantu Menghambat Perkembangan Sel Kanker

Daun kelor terkenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan di dalam daun kelor ini bisa membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

7. Meningkatkan Produksi ASI

Daun kelor sejak lama dikenal sebagai tanaman yang bisa melancarkan produksi ASI, sama seperti daun katuk. Hal ini karena daun kelor mengandung senyawa fitosterol yang bisa merangsang dan melancarkan produksi ASI.  Selain itu, daun kelor juga mengandung protein, zat besi, hingga vitamin C yang tentunya membuat produksi ASI pada ibu menyusui semakin meningkat.

8. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat daun kelor untuk kulit, yaitu karena kandungan antioksidan di dalamnya. Daun kelor mengandung antioksidan yang berasal dari flavonoid, polifenol, dan asam askorbat. Senyawa tersebut bekerja dengan cara mengurangi kerutan sehingga membuat kulit tampak lebih awet muda. Selain itu, senyawa ini juga bersifat sebagai anti-inflamasi yang bisa mencegah tanda-tanda terjadinya penuaan dini.

9. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Daun kelor tinggi mineral, baik yang berasal dari kalium, kalsium ataupun dari fosfor. Jenis mineral ini bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang dengan cara menghindari tulang dari masalah radang sendi dan mempercepat proses penyembuhan radang tersebut.

10. Meningkatkan Gairah Seksual

Gairah seksual bisa menurun karena adanya gangguan yang muncul akibat hormon stres (kortisol). Sementara itu, daun kelor bekerja sebagai afrodisiak yang artinya bisa meningkatkan suasana hati atau mood baik dan melancarkan aliran darah.

11. Meningkatkan Energi

Daun kelor yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan zat besi menjadikan daun kelor salah satu makanan penambah energi. Walaupun bisa membantu menambah energi, daun kelor termasuk rendah kalori.

12. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Daun kelor merupakan sumber vitamin dan mineral terbaik. Daun kelor mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin C, protein, zat besi, riboflavin, dan magnesium. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daun kelor ini sangat beragam sehingga daun kelor bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

13. Membantu Menghilangkan Flek di Wajah

daun_kelor_menghilangkan_flek_wajah

Daun kelor mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk wajah. Vitamin C pada daun kelor ini bisa membantu mencerahkan flek hitam di wajah, yaitu dengan cara menghambat kerja enzim penyebab perubahan warna kulit (enzim tirosinase).

14. Membantu Mengatasi Asam Lambung

Daun kelor sering kali digunakan sebagai obat alami untuk membantu mengatasi masalah pencernaan, termasuk asam lambung. Daun kelor mengandung antioksidan seperti polifenol, flavonoid, dan asam askorbat yang bisa membantu mengatasi masalah asam lambung. Antioksidan di dalam daun kelor juga bisa membantu mengatasi peradangan dan iritasi akibat dari asam lambung.

15. Obat Cacingan

Daun kelor bisa menjadi obat cacingan karena daun kelor memiliki kandungan berupa lektin. Selain itu, daun kelor juga bersifat sebagai anti-inflamasi dan antimikroba. Sifat daun kelor ini bisa membantu melawan parasit di dalam tubuh seperti cacing kremi dan cacing pita.

Sekian ulasan terkait manfaat daun kelor untuk kesehatan, gunakan dengan bijak bila perlu berkonsultasi dengan ahli kesehatan kepercayaan Anda sebelum memanfaatkan daun kelor.

referensi:
//www.halodoc.com/artikel/13-manfaat-daun-kelor-untuk-kesehatan
//WebMD. Health Benefits of Moringa.
//diskes.badungkab.go.id/artikel/47615-manfaat-daun-kelor-untuk-kesehatan


About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles